TIPS

7 Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

07 Nov 2019

Hujan deras yang mengguyur kerap kali mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan karena banjir, hal tersebut juga merendam sejumlah kendaraan baik mobil atau sepeda motor.

Nah, pasca banjir melanda, tak sedikit pemilik kendaraan khususnya mobil menjual tunggannya.

Perlu diketahui nih OLXer, jika membeli mobil bekas banjir biasanya harganya akan murah. Namun jangan tergiur soal harga miring. Sebab, dibalik itu mobil akan mengalami banyak masalah baik dari eksterior, interior dan juga mesin.

Oleh karena itu, jika tak ingin mendapatkan mobil bekas banjir ada baiknya luangkan sedikit waktu dengan melakukan pengecekan secara detail di sejumlah bagian mobil.

Adapun OLXer yang sedang mencari mobil bekas dan takut jadi korban mendapatkan mobil bekas banjir, ada baiknya simak hal yang perlu diketahui yaitu:

1. Kabin Bau Tidak Sedap Interior

Mobil yang sudah terendam banjir biasanya akan mengeluarkan bau apek. Walaupun sudah dibersihkan biasanya aroma tak sedap tetap muncul, termasuk munculnya bau dari pewangi yang berlebihan lantaran ingin menghilangkan bau apek.

Biasanya, bau yang tak hilang dikarenakan masih ada kotoran yang tak kasat mata dan sulit dijangkau untuk dibersihkan.

2. Masih ada Kotoran dan Lumpur

Sebelum sang pemilik menjual mobil bekas banjir, hal yang sering dilakukan adalah membersihkannya. Namun begitu, biasanya tidak 100 persen kotoran akan hilang. Sebaliknya, beberapa bagian akan tetap muncul kotoran yang terdapat di sela-sela atau sudut compartment mobil, seperti bawah jok, pintu, antara baut dan mur dan lain-lainnya.

3. Banyak Muncul Bercak dan Karat

Selain kotoran lumpur, bercak atau kerak juga biasa muncul jika mobil terendam banjir. Bercak ini juga muncul di beberapa tempat yang sulit dijangkau, termasuk karet pintu dan lainnya.

Selain itu karat juga bisa muncul jika mobil sudah terendam banjir, bahkan posisinya tak hanya di luar mobil (kolong), tetapi juga jeroan atau kabin mobil seperti pada jok, pedal dan juga sela-sela antara mur dan baut.

4. Cek Perangkat yang Menggunakan Elektronik

Hal penting dalam membeli mobil bekas adalah mengecek semua alat atau fitur yang menggunakan elektronik. Pasalnya, fitur yang sudah menggunakan perangkat elektronik rentan mengalami masalah bila terkena air.

Oleh karena itu cek beberapa bagian lampu, audio, AC, fitur di pintu, lingkar kemudi, lampu indikator EPS (Electric Power Steering) pada dashboard dan perangkat elektronik lainnya.

5. Cek Lampu Utama

Mobil yang telah terendam banjir juga bisa saja terlihat pada bagian lampu depan dan belakang, di mana rumah lampu jadi sering berembun.

6. Perhatikan Mesin

Mobil yang sudah terendam banjir, maka yang perlu dilakukan pengecekan yaitu pada bagian mesin. Jika mobil menyala, biasanya suara mesin terasa kasar.

Selain itu, oli mesin berwarna coklat keputihan atau seperti susu lantaran kemasukan air. Tapi dua indikasi ini bisa terjadi, jika mobil memang belum diperbaiki ke bengkel. Jika sudah ke bengkel maka tidak akan seperti itu.

7. Lakukan Test Drive

Jika masih ragu mobil yang OLXer pilih bebas banjir atau tidak, maka ada baiknya lakukan test drive dan dampingi dengan seseorang yang sudah kenal dengan seluk beluk mobil. (Her)