Copied to clipboard!
Ganti Ban Mobil

Pemilik mobil harus bisa ganti ban mobil sendiri (Foto: Google)



TIPS

7 Cara Mengganti Ban Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Author : Zainal Abidin

11 Mar 2020


Tak hanya bisa menyetir, orang pun nampaknya wajib tahu cara mengganti ban mobil. Bila sudah tahu praktiknya, berkendara ke mana saja dijamin jadi lebih tenang, deh!

Cukup beralasan, pasalnya bisa saja kejadian ban kempes atau rusak terjadi sewaktu-waktu. Jika harus menunggu montir, tentu memakan waktu lama. Derek mobil, kantong jadi terkuras. Bila bisa sendiri, mengapa tidak?

Maka itu, yuk, pelajari pentingnya mengetahui cara mengganti ban mobil serta step by step-nya di bawah ini.

Jangan Tunda-Tunda Ganti Ban Mobil!

Ban merupakan salah satu komponen yang mendukung stabilitas mobil saat berjalan. Bila kempes, aus, bocor, dan rusak, anomali pun akan muncul.

Beberapa tanda ban yang harus segera diganti dapat terasa langsung oleh pengemudi. Dua di antaranya ialah setir yang berat saat diputar hingga konsumsi BBM yang mendadak boros.

Bila ban mobil tak segera diganti dengan yang baru, risiko terburuknya adalah mobil oleng dan tabrakan. Tentu kamu tak menginginkan hal ini terjadi, bukan?

Segeralah ganti ban jika sudah merasakan tanda-tanda tak nyaman saat berkendara. Tentunya cek dulu kondisinya, apakah harus kamu ganti sendiri atau ke tukang ban.

Apabila ban bocor atau aus, kamu bisa kok menggantinya sendiri di rumah. Manfaatkan saja ban serep, kunci, dan dongkrak yang sudah tersedia di dalam mobilmu.

Di sisi lain, bila ban tersebut bengkok atau mengalami rusak parah, akan lebih baik jika kamu membawanya ke servis ban ahli. Jangan pilih yang murah dan abal-abal, ya!

Peralatan untuk Mengganti Ban Mobil

Sebelum mempelajari cara mengganti ban mobil, ketahui dulu peralatan yang akan kamu gunakan nanti. Ada tiga peralatan esensial yang perlu kamu persiapkan untuk mengganti ban mobil, yaitu:

1. Dongkrak

Pertama, kamu perlu menyiapkan dongkrak. Dongkrak berfungsi untuk memudahkan dalam penggantian ban mobil.

Fungsinya ialah untuk mengungkit bodi mobil agar ban ikut terangkat. Diperlukan pengetahuan untuk menempatkan dongkrak di titik yang tepat agar mobil tidak mengalami kerusakan.

2. Kunci roda

Selanjutnya, kamu juga perlu menyiapkan kunci roda. Fungsi dari alat ini ialah untuk melepaskan baut-baut pada roda mobil.

3. Ban serep

Benda ketiga yang diperlukan untuk mengganti ban mobil ialah ban serep. Letak ban pengganti ini biasanya terdapat di bagasi atau kabin bagian belakang.

Tahapan dan Cara Mengganti Ban Mobil

Pemilik kendaraan wajib tahu cara mengganti ban mobil. Berikut tips dan langkah mengganti ban mobil yang sesuai, tepat, dan tentunya mudah dipraktikkan.

1. Persiapkan mobil

Katakanlah kamu akan mengganti ban mobil di rumah. Maka itu, pindahkanlah mobil ke tempat yang memudahkan akses. Pastikan bahwa mobil berada di tempat yang datar dan tak licin.

Selanjutnya, pastikan bahwa gigi mobil telah berada di posisi yang tepat. Pindahkan tuas transmisi ke gigi mundur untuk mobil manual dan P untuk mobil otomatis.

Apabila kamu harus mengganti mobil di jalan raya, pastikan beri petunjuk bahwa mobil kamu tak bisa bergerak. Bila tak ada sign triangle di mobil, gunakanlah batu atau ranting dan tempatkan tak jauh dari belakang mobil.

2. Persiapkan seluruh peralatan mengganti ban

Keluarkanlah peralatan mengganti ban yang ada di bagasi mobilmu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peralatan ini mencakup dongkrak, kunci roda, dan ban serep.

3. Mengendurkan baut mobil

Setelah semua peralatan siap, ambil kunci roda lalu pasangkan pada baut mobil. Putar baut dengan arah berlawanan jarum jam hingga kendur. Lakukan hingga seluruh baut pada ban tersebut kendur. Pastikan baut tetap berada di tempatnya dan jangan sampai terlepas.

4. Menempatkan dongkrak dengan posisi benar

Selanjutnya, posisikan kepala dongkrak pada titik yang benar. Carilah bagian yang ditandai dengan cekungan pada bagian bodi mobil di sekitar roda.

Pastikan juga bahwa dongkrak berdiri tegak lurus dan tidak miring. Bila miring, dikhawatirkan dongkrak tak akan mengangkat beban mobil dengan maksimal dan malah merusak.

Jika semuanya sudah pada posisi benar, lanjutkan dengan menjungkit dongkrak hingga bodi dan ban terangkat. Jungkit dengan perlahan hingga pada ketinggian yang kamu rasa nyaman.

5. Membuka baut dan ban

Setelah bodi dan ban terangkat dongkrak, lepaskan baut satu per satu. Lanjutkan dengan mengangkat dan melepas ban yang akan diganti.

Letakkan ban pada permukaan datar dan pastikan bagian pelek menghadap ke atas. Ini dilakukan agar pelek ban tidak rusak dan tergores permukaan kasar.

6. Memasang ban serep

Ambil ban serep yang sudah disiapkan, angkat lalu letakkan pada penampang roda mobil. Setelah itu, ambil baut dan masukkan ke dalam lubang ban. Kencangkan baut dengan gigi satu persatu hingga terasa mantap.

Saat memasukkan ban, lakukan dengan sedikit menggoyang-goyangkannya. Hal ini dilakukan agar ban bisa menemukan posisi paling tepat. Pastikan bahwa ban sudah terpasang lurus sebelum menuntaskan proses pemasangan.

7. Turunkan mobil ke posisi semula

Sudah selesai semuanya? Saatnya untuk memposisikan mobil pada kondisi semula. Turunkan penjungkit dongkrak secara perlahan hingga mobil berangsur turun. Mobil pun siap untuk digunakan kembali.

Tak begitu sulit bukan cara memasang ban mobil? Semoga penjelasan dari OLX di atas dapat bermanfaat untukmu. (OLX)