Copied to clipboard!

Ilustrasi memberihkan body mobil. (shutterstock)



TIPS

7 Cara Merawat Body Mobil Saat Musim Hujan

Author : Herdi Muhardi

09 Oct 2020


Memasuki musim hujan, bagi para pemilik mobil menjadi momen untuk ekstra melakukan perawatan khususnya pada bagian eksterior. Pasalnya, eksterior menjadi lapisan pertama yang bersentuhan langsung dengan air.

Alhasil, saat hujan turun ditambah jalanan becek dan kotor maka body mobil akan mudah dekil. Jika tidak dibersihkan, mobil akan tidak sedap dipandang mata.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk merawat body mobil saat musim hujan, antara lain:

1. Jaga kebersihan

Untuk menjaga kebersihan, OLXer bisa mencucinya langsung dengan air bersih dan tak lupa memakai sabun khusus mobil. Pastikan kotoran yang menempel hilang.

2. Jangan membiasakan air hujan mengering

kaca jendela
Ilustrasi kondisi kaca mobil setelah hujan. (Shutterstock) 

Jika mengemudi saat hujan turun, maka sesampainya di rumah mobil jangan sengaja didiamkan bahkan mengering tanpa dibasuh. Minimal setelah kehujanan sebaiknya langsung di lap hingga kering.

Kenapa begitu? air hujan mengandung garam dan asam, jika tidak dilap bisa menjadi munculnya karat. Bahkan sebaiknya OLXer jangan hanya mengelap, tetapi mencucinya menggunakan sabun dan perlengkapan mencuci.

3. Jangan langsung gunakan penutup

Ketika mobil digunakan saat hujan, jangan sekali-sekali mobil langsung ditutup sarung mobil. Sebaiknya terlebih dahulu dibersihkan. Sebab jika mobil langsung ditutup cover mobil, maka ketika kondisi sudah kering ketika sarung mobil dibuka, lapisan pelindung mobil lebih cepat terkelupas dan body jadi lebih mudah rusak.

Adapun jika sudah dibersihkan OLXer harus tetap melap nya sampai kering. Nah, setelah itu boleh ditutup.

4. Cek kebersihan bagasi dan kap

Usai mengemudi saat hujan turun, sebaiknya lakukan pengecekan pada beberapa titik di bagian mobil seperti bagasi dan kap. Sebab dua tempat tersebut biasanya tertutup kotoran seperti daun dan ranting.

Jika kotoran mengumpul, maka akan menyumbat lubang drainase. Alhasil air dapat menumpuk dan akhirnya berkarat.

5. Bersihkan kolong mobil

Membersihkan kolong mobil
Ilustrasi membersihkan kolong mobil. (Shutterstock)

Bagian kolong mobil jangan sampai lupa dibersihkan. Sebab bawah bodi mobil yang terbuat dari logam, jika terkena air dan kotorannya bukan tak mungkin akan muncul karat.

6. Lakukan wax

Jika mobil sudah dibersihkan pasca terkena air hujan, maka setelah itu sebaiknya lakukan detailing waxing. Cara ini dilakukan agar mobil tetap terlihat kinclong.

7. Simpan mobil di tempat tertutup seperti garasi

Satu hal yang perlu dilakukan setelah mencuci mobil dan memberikan beragam cairan perawatan yaitu menyimpan mobil di tempat yang tertutup atau garasi. Jangan sampai

Hal ini tentu saja untuk menghindari mobil kembali terkena guyuran air hujan dan mencegah munculnya bercak atau jamur