Copied to clipboard!

Ilustrasi mengecek mobil. (Standret-shutterstock)



MOBIL BEKAS

7 Cara Merawat Mobil Untuk Pemula

Author : Herdi Muhardi

18 Mar 2020


Tak mudah memang menerapkan tips perawatan mobil sehari-hari. Hal ini ditambah jika OLXer adalah seorang pemula yang baru memiliki kendaraan roda empat tersebut. Otomatis, opsi paling tepat adalah belajar dari awal, atau menyerahkannya ke bengkel.

Kendati begitu, mobil adalah aset penting yang butuh penanganan ekstra. Terlepas dari jenis apapun, tips perawatan mobil mampu diterapkan pada seluruh tipe dan model, baik itu sedan, SUV, minibus dan lain-lain, merawat mobil penting hukumnya!

Buat OLXer yang masih pemula, jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara sederhana perawatan mobil untuk pemula yang bisa dilakukan sendiri, antara lain:

1. Rajin membersihkan mobil

Membersihkan mobil adalah bagian dari perawatan mobil. Jangan tunggu sampai kotor, minimal lakukan hal ini seminggu sekali.

Bagian kaca depan misalnya, perlu rutin dibersihkan karena rentan kotor. Semakin menumpuk, semakin berpengaruh pula pada keamanan karena dapat mengaburkan pandanganmu di jalan.

Basuh kaca depan menggunakan lap dan cairan pembersih, lalu tarik dari tengah kaca depan ke samping. Hilangkan sejumlah goresan yang tersisa dengan menariknya dari atas ke bawah. Ini sangat penting setelah perjalanan panjang di jalan raya.

2. Rutin periksa tekanan angin ban

Rutin memeriksa tekanan angin ban juga sangat diperlukan. Jaga tekanan agar tetap bertahan pada kadar yang pas, agar tetap aman dan bahkan menghemat bensin.

Ban dengan tekanan angin berlebih atau kurang, memiliki risiko tersendiri. Jika berlebihan maka bakal meningkatkan risiko meledak, sedangkan kalau kurang angin tentu akan membuat kinerja mobil berat. Ingat, jaga agar tetap berada di batas yang tepat, ya!

Oia, ban dengan tekanan yang tepat memiliki umur lebih lama serta mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil kesayanganmu. Hal-hal sederhana seperti ini penting untuk diperhatikan agar membuat OLXer tetap aman dan nyaman di jalan.

3. Cek level oli mesin

Periksa level oli dan tutupi sesuai kebutuhan. Elemen yang satu ini sangat penting untuk kinerja mobil, yakni bertugas melumasi semua bagian yang bergerak di mesin agar tidak menggiling dan merusak diri sendiri.

Tak hanya itu, oli mobil juga memindahkan panas dari siklus pembakaran dan perangkap serta menahan semua produk sampingan pembakaran yang buruk. Jika mesin tidak memiliki cukup oli, maka mobil kamu berisiko kaput dan itu sangat berbahaya!

Tunggu sekitar lima menit setelah mematikan mesin agar oli mengalir kembali ke panci, lalu lihai kadar tingkatnya menggunakan dipstick. Jika kadar oli berada pada batas yang tepat, maka ia tetap aman. Namun bila kurang, segera kunjungi bengkel terdekat untuk ganti oli mobil.

Selain oli mesin cek juga oli lainnya, seperti oli rem, oli gardan, oli transmisi serta oli power steering.

4. Ikuti manual atau petunjuk mobil

Memang, seluruh mesin mobil memiliki garis besar cara perawatan yang sama. Kendati begitu, OLXer tetap harus melihat manual guna menemukan perbedaan spesifik. Memeriksa manual secara berkala, dapat memberikan dirimu pengetahuan lebih pada mobil sendiri.

Ada berbagai macam fitur pada kendaraan kita sehingga tidak ada yang bisa mengingat semua itu. Hal-hal seperti fungsi kantung udara, kelistrikan mobil dan sebagainya, perlu dipahami sejak awal supaya nggak panik pada waktu-waktu tertentu.

Tak sedikit orang yang cuma tahu bahwa mobilnya mahal, sementara dia sendiri mengabaikan berbagai macam fungsi tersembunyi. Memahami petunjuk mobil atau manual yang sudah terdapat sejak awal pembelian, adalah kunci penting!

5. Dengar dan rasakan mobil sendiri

Dengar dan rasakan sendiri? Memang seperti apa, tuh? Jadi begini, buat OLXer yang masih pemula, mendengarkan suara serta merasakan mobil saat tengah dikemudikan adalah hal penting.

Sederhana saja, jika mesin terdengar kasar dan tak enak dikemudikan, maka ia harus segera dibawa ke bengkel. Mesin mobil yang normal bakal mengeluarkan suara lebih mulus. Jika ada suara tak enak, seperti pergesekan keras, itu bisa jadi tanda berbagai macam kondisi buruk!

Kemudian saat sedang asyik berkemudi OLXer merasakan hal-hal seperti getaran, sentakan dan pergantian gigi yang terasa berat, bisa jadi waktunya servis sudah tiba. Konsultasikan pada orang yang paham, seperti teknisi dari bengkel resmi.

6. Pastikan lampu-lampu aman

Periksa pencahayaan eksterior dan interior sebulan sekali. Lihat juga manual mobil untuk pemahaman yang benar terkait seluruh sistem pencahayaan dalam mobil. Ini mungkin tampak sederhana, namun fungsi cahaya buat kendaraan nggak kalah pentingnya.

Masalah terkait pencahayaan lampu mobil bisa beragam. Ada yang memang berasal dari bola lampu, gangguan pada kabel, hingga aki mobil mulai habis. Pastikan ini dengan memeriksa langsung—jika berpengalaman di dunia kelistrikan—atau bawa langsung ke bengkel.

7. Cari teknisi mobil terpercaya

Ini dia tips perawatan mobil terakhir yang krusial. Sebagai pemula, mungkin memiliki keterbatasan wawasan dalam menjaga performa kendaraan roda empat pribadi. Mengapa tak mencari teknisi mobil terpercaya saja?

Faktanya, bekerja dengan teknisi yang sama sepanjang hidup bakal memudahkan dia untuk mengenal kondisi mobil, riwayat lengkap, dan keunikan dibanding kendaraan lain. Bakal lebih baik kalau teknisi tersebut berasal dari bengkel resmi.

Perawatan mobil adalah misteri bagi banyak pemilik kendaraan, sehingga penting untuk memahaminya sejak awal. Yuk, beri perhatian lebih!