Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori7 Cara Tepat Mengemudi Dikala New Normal

    7 Cara Tepat Mengemudi Dikala New Normal

    Karena pandemi Covid-19, segala aktivitas akhirnya dilakukan di rumah karena harus mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar. Termasuk kebijakan perkantoran yang memberikan kesempatan pegawainya untuk melakukan work from home atau bekerja dari di rumah. 

    Tentu saja, dengan melakukan berbagai kegiatan di rumah, tak sedikit yang merasak saat ini, di masa New Normal banyak yang harus dilakukan termasuk mengemudi ke berbagai tempat. 

    Akan tetapi pasti OLXer merasakan sedikit stress di jalan saat mengemjudi mobil. Karena saat New Normal kondisi jalanan kembali macet. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips yang diberikan Auto2000 agar dapat mengelola emosi saat berkendara di era New Normal supaya terhindar dari masalah.

    Nah, berikut ulasannya:

    1. Patuhi Protokol Kesehatan

    Menggunakan masker, rajin cuci tangan ataupun menyemprotkan hand sanitizer terkesan merepotkan. Tapi kebiasaan untuk patuh menjalankan protokol kesehatan dapat membuat diri merasa tenang dan terlindungi sehingga tidak mudah terpancing emosi. 

    Hindari copot pasang masker saat mengemudi karena berbahaya, menjadikan fokus terbelah dan tangan yang sibuk dapat membuat  lepas kendali akan kemudi atau stir.

    2. Fokus Pada Mengemudi

    Driving is a full time job, oleh sebab itu jangan mengalihkan perhatian ke hal lain seperti bermain ponsel. Apalagi jika justru membaca berita mengenai Covid-19 yang bisa meningkatkan rasa cemas. 

    Boleh saja mencari informasi mengenai wabah ini, namun kerjakan di waktu luang sehingga tidak mengganggu aktivitas mengemudi.

    3. Manjakan Diri di Dalam Mobil

    Ubahlah kabin mobil menjadi sebuah ruang keluarga yang menyenangkan. Jaga kebersihan mobil dan pastikan AC dingin. 

    Tambahkan pengharum kabin mobil agar suasana terasa lebih rileks ketika mengemudi. Bawa makanan dan minuman ringan supaya merasa seperti di rumah sendiri. Tentu dengan tetap menjaga kewaspadaan ketika berkendara.

    4. Siapkan Playlist Lagu Favorit

    Musik bisa menyebarkan aura rileks saat mengemudi sehingga tidak mudah terpancing emosi. Siapkan playlist lagu kegemaran dan simpan dalam format mp3 di flashdisk. 

    Atau bisa memanfaatkan aplikasi pemutar lagu di ponsel dan menghubungkan dengan fasilitas Bluetooth di sistem audio mobil.

    5. Patuhi Aturan Lalu-lintas

    Dengan mematuhi aturan lalu lintas, tidak ada rasa bersalah yang mengendap di hati sehingga merasa lebih tenang ketika mengemudi mobil. 

    Tidak perlu ikut-ikutan melanggar aturan lalu lintas yang membuat suasana kian kacau dan emosi tidak stabil sehingga rawan menyebabkan kecelakaan.

    6. Jangan Terpancing Emosi

    Kalau ada pengemudi lain yang memancing amarah, coba tarik nafas dalam-dalam dan buang lewat mulut secara perlahan. Lakukan sebanyak tiga kali sampai merasa tenang dan sanggup menahan diri untuk tidak melakukan tindakan berbahaya. 

    Orang yang emosinya sedang tinggi malah cenderung melakukan kesalahan kecil tapi fatal seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat masalah.

    7. Jaga Kondisi Kendaraan

    Mobil yang tidak dalam kondisi optimal seperti AC mati atau laju mobil tersendat-sendat juga bisa memancing emosi di jalan. Periksa atau cek bagian mobil ke bengkel resmi yang terpercaya.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait