OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  7 Hal Perlu Diketahui Jika Ingin Ikut Trabas Pakai Motor Trail



7 Hal Perlu Diketahui Jika Ingin Ikut Trabas Pakai Motor Trail

25 May 2021

Ilustrasi siluet seorang pengendara motor trail berdiri saat melewati jalanan. (Shutterstock)

Sepeda motor trail dikenal mampu dipacu di jalanan tanah bebatuan hingga terdapat kubangan lumpur. Tentu saja, jika OLXer memiliki nyali, mengendarai motor trail dan berpetualangan akan sangat menyenangkan.

Ya, mengendarai motor trail saat melakukan aktivitas offroad memiliki tantangan sendiri. Bahkan seperti dilansir Wahana Honda, adrenalin terpacu karena akan menghadapi medan yang berat, terjal, dan tak jarang curam.

Kendati demikian, OLXer tak bisa modal nyali saja saat melakukan trabas dengan motor trail. Sebaliknya, diperlukan teknik khusus agar  mampu keluar dari arena tersebut dengan lancar, dan pastinya aman sampai di tujuan.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu OLXer ketahui jika ingin trabas pakai motor trail, yaitu:

1. Sesuaikan tuas kopling

OLXer harus mampu mengontrol gas dan melakukan transmisi tuas kopling dengan posisi berdiri dengan hanya menggunakan jari tengah dan jari telunjuk. Hal ini akan membuat respon jadi lebih cepat dan lancar.

Hal ini sangat berguna saat sedang berada di kecepatan rendah dengan rintangan yang cukup menantang.

2. Atur posisi badan

Penting untuk membawa beban badan ke belakang saat untuk menambah kekuatan pada roda belakang, dan membawa beban badan ke depan saat mulai menghadapi banyak rintangan dengan rute berkelok.

3. Dorong motor trail

Untuk urusan off-road, posisi menyandar adalah posisi yang paling aman dan sering digunakan. Dengan melakukan gerakan mendorong motor ke bawah dengan mempertahankan posisi tubuh yang tegak, OLXer mampu untuk mengendalikan medan dengan lebih baik.

4. Hindari penggunaan rem depan

Menggunakan rem depan pada motor trail hanya akan mempersulit untuk bergerak selanjutnya. Cukup gunakan rem depan di arena yang lurus, berjalan pelan sebelum belokan tajam.

5. Berdiri

Dengan berdiri, pusat gravitasi akan bersumbu pada pijakan. OLXer juga jadi lebih leluasa melihat medan yang siap diterima di depan. Pastikan posisi kaki setengah menekuk jika ingin menggunakan posisi ini saat off-road.

6. Duduk menjauhi kursi

Untuk situasi tikungan, duduklah mundur menjauhi stang, atau sejauh mungkin dari posisi duduk normal. Memindahkan berat tubuh Anda dari belakang juga memudahkan kesiapan saat menghadapi kelokan berikutnya.

7. Bawa barang yang diperlukan

Medan terjal yang akan temui berisiko merusak motor trail yang ditemui. Bawa peralatan yang setidaknya mampu untuk membetulkan kerusakan yang bisa temui saat off-road. Pengetahuan dasar seperti memperbaiki ban yang bocor misalnya, harus dikuasai.

Kuasai dulu langkah-langkah off-road dan medan yang akan ditempuh, dan persiapkan baik fisik atau peralatan yang memadai sebelum memulainya. 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga