TIPS PROPERTI

Perhatikan 7 Hal Saat Berencana Beli Rumah Pertama Kali

27 Jun 2019

Jakarta - Memiliki rumah sendiri menjadi impian bagi semua orang, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga. Rumah adalah tempat melepas penat sekaligus berbagi cerita antara suami, istri dan anak-anak. 

Tidak semua orang punya kesempatan mewujudkan impian tersebut, apalagi harga tanah dan properti dari tahun ke tahun terus naik. 

Nah, kalau OLXer ternyata sudah berkemampuan atau sudah punya dana untuk beli rumah, maka sebaiknya jangan ditunda-tunda lagi. 

Berikut tips membeli rumah atau properti bagi pemula:

1. Harga Rumah/Tanah Terus Naik, Jangan Menunggu

Kebanyakan orang punya mimpi bisa membeli rumah mewah dengan harga lumayan mahal. Untuk mengarah kesana banyak pasangan yang berusaha untuk terus menabung biar nantinya bisa membeli rumah yang mahal. 

Hal yang tidak disadari adalah bahwa harga dari rumah maupun tanah tiap tahun bahkan tiap bulan terus naik.

Jangan tunda rencana OLXer. Disaat tabungan yang terkumpul sudah cukup untuk menjadi DP (uang muka) beli rumah, maka segera saja wujudkan. Meskipun DP tersebut hanya cukup untuk membeli rumah tipe sederhana, bukan yang mewah sesuai impian OLXer. 

Toh juga saat rumah sudah lunas dan ada kelebihan tanah, OLXer bisa meneruskan impian untuk membangun rumah mewah. Asal ada kelebihan space/tanah. Kalau memang tidak ada, OLXer bisa saja merencanakan untuk menjualnya lalu hasilnya ditambahkan dengan tabungan yang ada untuk membeli yang lebih besar.

2. Pertimbangkan Lokasi, Fasilitas, serta Track Record Pengembang

Bagi kalian yang baru pertama kali berencana membeli rumah, ingat satu hal! Jangan pernah tergiur dengan harga murah serta bonus selangit yang ditawarkan oleh pengembang sebuah perumahan. 

Saat ini banyak sekali orang yang latah membuat perusahaan developer karena untung yang menggiurkan dari bisnis perumahan.

Membeli unit rumah dari pengembang ternama dan besar tidak ada ruginya, karena memang semuanya akan dijamin kemudahan serta urusan dokumennya. 

Yang pasti kualitas bangunan rumah yang OLXer beli bakal sesuai dengan spesifikasi awal. Sehingga bisa menjadi tempat berkumpul dengan keluarga dalam jangka waktu lama tanpa ada masalah apa-apa.

Selain itu harap diperhatikan juga soal lokasi serta fasilitas yang akan dibangun oleh pengembang untuk menunjang kebutuhan hidup OLXer saat tinggal di daerah tersebut nantinya.

3. Harga Perumahan di Pinggir Kota Lebih Ekonomis

Pertimbangan lain bagi calon pembeli rumah pemula adalah lokasi. Biasanya perumahan yang dibangun di pinggiran kota besar punya harga yang masih terjangkau. 

Daripada harus memaksakan beli rumah di tengah kota yang harganya udah selangit, atau memaksakan beli apartemen, mending ambil yang di pinggir kota. Asal akses menuju kota lancar.

Yang penting punya rumah dulu. Masalah nanti mau pindah ke tengah kota atau upgrade ke rumah yang lebih besar bisa dipertimbangkan jika kemampuan keuangan sudah mendukung.

Membeli rumah saat launching pertama juga lebih menguntungkan karena biasanya harga lebih miring. Jangan sungkan-sungkan mengunjungi pameran properti, atau mencari informasi lewat OLX.co.id 

4. Pilihlah KPR yang Sesuai 

Banyak penawaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), OLXer harus jeli memilih KPR yang sesuai dengan kemampuan. Jangan pernah tergiur dengan DP murah dan bunga rendah, bahkan sampai dibawah 10% tiap tahunnya. 

Tidak ada bank yang mau rugi dengan memberi pinjaman yang tingkat suku bunganya turun per tahun. Bank juga pastinya mau cari keuntungan tinggi. Biasanya antara pihak bank dan pengembang sudah lebih dulu sepakat untuk menaikkan harga jual rumah. 

Jenis KPR sendiri sekarang macam-macam, ada yang konvensional, KPR Syariah dan KPR Sejahtera. Sistem kerjanya sebenarnya hampir sama, jadi pilih KPR yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Beli Rumah Cara Tunai Lebih Untung

Kalau seandainya uang tabungan OLXer sudah cukup untuk beli rumah dengan cara cash atau tunai, mendingan langsung saja lakukan pembelian. Daripada harus berurusan dengan pihak bank dalam mengajukan KPR. 

Beli rumah secara tunai punya banyak keuntungan. Selain dapat potongan harga yang lumayan, juga terhindar dari bunga bank yang kalau dihitung-hitung jumlahnya pasti sangat besar. 

6. Tanah Kavling Pilihan Investasi

Bila OLXer belum berencana untuk menghuni rumah baru, ada baiknya untuk mempertimbangkan membeli tanah kavling di suatu kawasan pemukiman maupun perumahan. 

Ini merupakan investasi bagus dan menguntungkan. Selain bisa dibangun kapan saja, harga tanah juga selalu naik setiap tahunnya. 

Yang OLXer harus perhatikan saat membeli tanah kavling adalah melakukan pengecekan legalitas tanah, kesesuaian luas tanah dengan sertifikat, kondisi lingkungan di sekitar kavling, serta asal-usul dari tanah tersebut. 

7. Libatkan Notaris untuk Menjamin Legalitas Tanah

Sebelum memutuskan untuk membeli tanah kavling, usahakan untuk mengecek semua surat-surat tanah tersebut ke BPN. Pastikan OLXer punya notaris andal yang bisa melakukan semua pengecekan surat-surat tanah. 

Nah, demikianlah tips sederhana bagi calon konsumen pembeli rumah untuk pertama kalinya. Semoga OLXer bisa mendapatkan rumah impiannya yaaaa (Z)