Copied to clipboard!

Ilustrasi penyerahan kunci saat membeli mobil. (Shutterstock)



TIPS

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Pertama Kali Membeli Mobil

Author : Herdi Muhardi

16 Jun 2020


Membeli mobil di masa pandemi ini memang sangat  dilema. Bagaimana tidak, dengan menggunakan pribadi, setidaknya hal tersebut dianggap salah satu cara melakukan physical distancing saat menuju tempat tujuan.

Sedangkan di satu sisi, kondisi ekonomi ketika masa pandemi covid-19 cukup mengkhawatirkan. Bahkan tak sedikit orang saat ini menyimpan uang tabungannya untuk hal-hal yang dianggap penting khususnya masalah kesehatan dibandingkan membeli sebuah kendaraan.

Tapi, hal tersebut memang balik lagi ke pribadi masing-masing. Pasalnya, masih banyak orang yang memang benar-benar membutuhkan sebuah kendaraan seperti mobil. Apalagi, mereka yang menginginkan mobil merupakan pengalaman pertama kalinya.

Tentu saja, pertama kali membeli mobil bisa saja menjadi mimpi sejak lama, dan untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan yang tak sedikit.

Hanya saja, ketika OLXer membeli sebuah mobil untuk pertama kalinya maka yang paling penting dilakukan adalah harus tetap berhati-hati. Sebab, tak sedikit dari calon konsumen mobil baru merasa khawatir karena takut salah memilih dan harganya juga terlalu mahal.

Oleh karena itu, seperti dilansir bengkel Rotary Bintaro, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika membeli sebuah mobil baru untuk pertama kalinya, antara lain:

1. Ketahui pengeluaran secara realistis

Ya, hal yang harus diperhatikan ketika membeli mobil pertama kali yaitu memikirkan berapa yang harus kita keluarkan ini umumnya didasarkan pada berapa pengeluaran kita dalam sebulan.

Idealnya, membeli mobil pertama bisa dilakukan secara tunai, tapi tentu saja pada praktiknya sewaktu memutuskan untuk membeli mobil baru, harga transaksi untuk pembelian secara kredit kelihatan lebih menarik.

Akan tetapi, ada yang harus diperhatikan pula, yaitu memperhatikan biaya hidup, mulai dari tempat tinggal, uang makan, asuransi kesehatan, dan hiburan.

Nah, jika sudah dikalkulasi dengan baik, kita dapat mengetahui seberapa dalam harus merogoh kocek setiap bulan, serta mengalokasikan sisa pendapatan untuk pembayaran cicilan mobil, bahan bakar, asuransi mobil, dan perawatan mesin.

2. Tentukan Kebutuhan

Sudah bukan rahasia lagi, sejumlah mobil yang saat ini beredar memiliki jenis dan model yang sangat variatif, mulai dari SUV, MPV, City Car, Sedan dan lainnya.

Contoh, mobil jenis SUV atau MPV bisa digunakan untuk menampung beberapa anggota keluarga. Sementara untuk City Car bisa digunakan untuk harian di perkotaan dan lebih hemat bahan bakar.

Nah, sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli yang tidak cocok dengan aktivitas sehari-hari. Jika memang butuh jenis kendaraan tertentu, lebih baik pertimbangkan untuk menyewa ketika dibutuhkan.

3. Pertimbangkan Keinginan

Perlu diketahui, membeli mobil pertama kali bukanlah satu-satunya kesempatan kita beli mobil. Mengingat pasti orang yang membeli mobil pertama, pernah mengindamkan atau memiliki mobil impian.

Kita perlu juga mempertimbangkan daftar mobil idaman. Karena bagaimanapun juga selain untuk kebutuhan, membeli mobil pertama kali harus jadi kenangan yang bagus juga? Jangan sampai mobil pertama malah buntung.

4. Lakukan Riset

Pertama kali beli mobil juga memerlukan informasi sebanyak-banyaknya. Kumpulkan informasi dan perspektif baik online maupun langsung pada yang sudah berpengalaman.

Selain berita dan informasi melalui online sebaiknya cari yang offline juga. Tanyakan teman dan keluarga yang sudah punya mobil. Mereka pasti melewati masa-masa seperti yang kita alami sekarang. Pasti ada berita dan informasi dari mereka yang bisa kita perbandingkan dengan yang kita dapatkan di dunia maya.

Setelah itu tentukan, lebih percaya sama yang mana. Jangan kemakan sama barang bagus dan harga mahal. Kalau bisa dapat murah tetapi bagus kan tidak jadi masalah.

5. Lakukan Test Drive

Ketika membeli mobil baru atau bekas, lakukan test drive. Jadikan pengalaman langsung di balik setir sebagai salah satu pertimbangan di samping informasi dan perspektif yang sudah dikumpulkan.

Test drive perlu dilakukan. Sebab, bisa saja mobil di luar boleh baru tetapi di dalamnya sudah tua. Sebab saat ini mobil tua memang bisa didandani seperti baru.

6. Tentukan Harga Beli yang Pantas

Setelah memutuskan apa yang dimau dan dibutuhkan, tentu saja waktunya mengkalkulasi pengeluaran wajib dan memutuskan harga beli.

Tidak perlu buru-buru, putuskanlah apa angka yang harus dikeluarkan akan sepadan dengan apa yang didapat dan apakah harga itu adalah harga terbaik di pasar.

7. Nikmati prosesnya

Membeli mobil pertama kali memang bisa jadi persoalan serius dan fatal. Sebab jika salah langkah sedikit, mobil pertama akan jadi barang yang sangat berharga dan akan selalu diingat, tidak cuma saat memakainya tapi juga mulai dari saat menabung, mencari info, dan proses membelinya.

Apalagi dengan banyaknya pilihan mobil murah, kredit yang bersaing dan bermacam mobil bekas yang murah dan berkualitas, rasanya ingin cepat-cepat pilih.

Karena itu, nikmati proses pemilihan dan pembeliannya. Jangan sampai menyesal di akhir karena buru-buru mengambil keputusan.