LAINNYA

7 Waste-Hierarchy Kurangi Sampah ala Atiit

08 Oct 2019

Tau gak OLXer? Tidak ada sampah plastik yang benar-benar hilang kalau OLXer membuangnya. Sampah plastik akan berakhir di suatu tempat, bisa di lautan maupun tempat pembuangan sampah. 

Sampah tersebut akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan hidup kita. 

So, mulailah bertanggung jawab dengan sampah plastik. Tidak cuma dengan membuangnya di tempat yang seharusnya, tapi bisa dimulai dengan mengurangi sampah tersebut dari sebelum kita akan membeli suatu barang.

Berikut 7 waste-hierarchy mengolah sampah yang dimiliki Astri Puji Lestari atau yang dikenal dengan ‘Atiit’, seorang arsitek sekaligus salah satu influencer yang hidup minim sampah, untuk OLXer terapkan di keseharian.

1. Re-Think

Persiapkan apa saja list barang yang mau OLXer beli sebelum belanja. Sehingga pada saat belanja nanti, OLXer hanya akan beli yang perlu dan penting saja. Otomatis tidak butuh banyak kantong plastik juga kan?

2. Refuse

Kita bisa menolak diawal segala sesuatu yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Contohnya, saat makan di sebuah restoran kita bisa tolak pada saat diberikan sedotan plastik. Lainnya, misalkan kita order makanan melalui online, kita bisa minta tidak menggunakan sendok ataupun garpu plastiknya.

3. Reduce

Kita mengurangi daya konsumsi sampah kita. Contoh, misalkan OLXer suka sekali dengn cokelat, yang tadinya konsumsi sebulan mungkin bisa 10 kali, bisa kurangi menjadi 7 kali saja. Tidak perlu ekstrim, sedikit demi sedikit saja.

4. Re-Use

Menggunakan ulang barang yang tidak bisa kamu kurangi konsumsinya. Contohnya, seperti botol susu almond. Lepas saja labelnya dan dipergunakan sebagai botol kemasan lain.

5. Recycle

Banyak orang yang berpikir bahwa dengan sesering mungkin kita melakukan recycle, itu artinya kita sudah melakukan hal yang baik untuk lingkungan. Padahal sebaiknya kita bisa refuse diawal dan recycle ini adalah pendukungnya saja. 

6. Re-Plant/Re-Root

Sebanyak 60 persen sampah yang kita hasilkan berasal dari sampah organik. Sebetulnya, kita bisa melakukan hal yang lain dari sampah organik ini, seperti yang biasa Atiit lakukan di rumah adalah ‘re-root’, dimana sampah organik ini bisa menjadi bahan untuk pembuatan kompos.

7. Residu

Residu ini merupakan material yang belum bisa di recycle. Untuk Atiit pribadi, biasanya material tersebut dikumpulkan lalu didonasikan ke tempat yang bisa mengkreasikan material tersebut menjadi sebuah barang, contohnya seperti pouch plastik.

Dengan diterapkannya 7 waste-hierarchy ini, kita dapat meminimalisir sampah dalam kehidupan sehari-hari kita. (Z)