OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  8 Hal yang Harus Diketahui Setelah Membeli Mobil



8 Hal yang Harus Diketahui Setelah Membeli Mobil

20 Oct 2020

Ilustrasi pengecekan mobil. (Shutterstock)

Kebanyakan pemilik mobil tidak mengetahui banyak soal apa yang ada di dalam kap bahkan cara kerja mesin mobil dan sebagainya. Singkat kata, mereka merasa tak perlu memahami, karena cukup membawanya ke bengkel dan bertanya kepada mekanik.

Kendati demikian, OLXer tak perlu menjadi ahli seperti mekanik, apalagi bagi mereka yang baru memiliki mobil. Namun begitu, setidaknya Anda perlu mengetahui beberapa hal untuk mengidentifikasi kapan waktunya mobil dilakukan pengecekan hingga service.

Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan, OLXer yang memang baru memiliki mobil, bisa mempelajari sedikit ilmu dari cara-cara berikut:

1. Membaca buku manual

Buku manual biasanya diberikan perusahaan otomotif kepada konsumen yang baru membeli mobil. Bahkan, di buku manual tidak hanya penjelasan soal komponen saja, tetapi ada juga beberapa tips dasar dan panduan.

Membaca buku manual memang sangat penting, sebab pabrikan juga memberikan pengetahuan cara perawatan mobil yang paling efektif dan terbaik.

2. Mengetahui lampu-lampu

Setiap mobil pasti memiliki lampu-lampu. Perlu dicatat, lampu-lampu yang menyala tidak hanya lampu utama, lampu sein, lampu kabut atau lampu belakang. Sebaliknya, ada beberapa lampu indikator pada panel instrumen yang mampu memberikan peringatan dini jika mobil mengalami masalah. Untuk mengetahui fungsi lampu tersebut lihat di buku manual.

3. Rajin cek cairan mobil

Cairan yang ada di dalam mobil tidak hanya bahan bakar minyak saja yah, tetapi ada juga beberapa cairan lainnya seperti oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, air radiator, air wiper, hingga air aki.

Semua cairan ini wajib dilakukan pengecekan secara rutin, karena semuanya bisa habis bahkan memiliki potensi adanya kebocoran.

Oia, kebocoran pada cairan ini jangan dianggap sepele, sebab bisa saja menjadi pemicu kerusakan hingga kecelakaan. Untuk melihat bocor atau tidak, OLXer bisa melihatnya ke kolong mobil, apakah terdapat tetesan atau genangan pada lantai.

4. Perhatikan tekanan ban

Tekanan ban juga tak kalah sangat penting untuk diperhatikan. Sebab tekanan angin yang pas dapat menunjang performa kendaraan dengan baik.

Sebaliknya, jika ban kempes, maka kemungkinan akan terjadi beberapa masalah seperti merusak pelek roda atau lingkar kemudi jadi sulit digerakan, tarikan berat, ban tidak rata, muncul benjolan, mudah meletus, boros bahan bakar, cepat haus, hingga mengurangi performa pengereman.

Jika tekanan angin ban berkurang, maka isi kembali sesuai dengan buku petunjuk manual.

5. Periksa body mobil

OLXer juga harus peka dengan kondisi mobil. Seperti, jika setelah digunakan maka periksa keseluruhan body, apakan setelah dipakai terdapat benjolan, noda, atau goresan. Demikian juga dengan kaca jendela.

6. Pastikan body mobil terawat

Merawat body mobil memang sangat diperlukan. Namun tak selalu harus ke salon mobil. Sebaliknya, OLXer bisa lakukan di rumah dengan rajin membersihkan dan mencuci mobil.

Ketika membersihkan mobil pastikan juga mencuci bagian pelek dan ban, serta daun yang bisa menyebabkan penyumbatan pada ventilasi dan pastikan tidak ada lapisan lumpur yang menutupi bagian bawah mobil.

7. Pahami suara mesin

Sudah sewajarnya jika pemilik mobil baru tidak akan tahu bagaimana membedakan antara suara mesin yang sehat dengan suara mesin rusak. Namun pada waktunya, setelah  terbiasa dengan suara mobil yang dikemudikan, lama kelamaan akan OLXer akan belajar mengidentifikasi ada suara yang berbeda dari biasanya.

Nah, jika memang sudah merasa berbeda disusul dengan ada hal yang kurang enak pada mobil, barulah OLXer bisa membawanya ke bengkel.

8.  Pastikan service mekanik terpercaya

Ketika waktunya untuk service, sebaiknya jaga menjaga hubungan yang baik dengan mekanik agar OLXer juga bisa mempelajari masalah-masalah pada mobil. Hanya saja, pastikan mekanik tersebut memang sangat nyaman ketika diajak berbincang dan terpercaya. 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga