OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  9 Cara Mudah Merawat Mobil Tua Saat di Rumah Aja



9 Cara Mudah Merawat Mobil Tua Saat di Rumah Aja

17 Apr 2020

Opel Kapitan P2.

Mobil tua yang tak lagi diproduksi ternyata masih banyak peminatnya. Mereka beralasan, ketika mobil tua harga beli tergolong lebih murah, dan tentunya pajak yang dikenakan juga sangat terjangkau.

Untuk soal servis dan sparepart pada dasarnya tidak berbeda jauh. Akan tetapi tak bisa dipungkiri, terkadang jika mencari spare part atau komponen mobil membutuhkan kesabaran lebih. Belum lagi harganya cukup gelap, alias tak bisa diprediksi.

Namun begitu, membeli mobil tua juga bisa jadi investasi apalagi memang kondisinya cukup langka dan tampilannya masih menggugah selera. Oleh karena itu, memiliki mobil tua diperlukan perawatan.

OLXer mau tau cara merawat mobil tua, berikut ulasannya:

1.  Ganti Oli

Sama seperti mobil baru, mobil tua juga harus lebih rajin mengganti. Kenapa begitu? Karena oli yang tepat akan mampu membuat kinerja mesin tetap optimal dan membuang partikel logam, dan kotoran yang dapat merusak mesin.

2. Ganti Timing Belt

Pada sebuah mobil ada namanya Timing belt atau timing chain. Komponen ini menghubungkan crankshaft dan camshaft agar katup-katup mesin bisa membuka dan menutup dengan waktu yang tepat.

Oia, timing belt juga bisa putus. Nah, jika putus, maka bisa berpengaruh pada klep atau katup jadi bengkok kemudian rusa. Jika hal ini terjadi, maka bukan tak mungkin mobil akan mengalami turun mesin.

Timing belt juga ada usia pakainya. Biasanya harus diganti 40.000-60.000 km. Jika timing belt rusak, biasanya akan mengeluarkan suara berisik.

3. Periksa Kondisi Rem

Rem juga harus diperiksa, terlebih pada bagian kampasnya. Jika sudah menipis perlu diganti. Selain itu, jika rem bermasalah biasanya karena kotor atau memang kampas sudah tipis.

4. Ganti Karet-karet

Pada sebuah mobil dipastikan memiliki banyak karet-karet seperti pada bagian  wiper, pintu, sunroof, dan masih banyak lainnya. Hal ini karena karet bisa mengalami getas atau retak.

Jika terjadi pada karet wiper seperti getas, maka akibatnya sapuan saat hujan akan tidak sempurna. Sedangkan jika terjadi getas pada bagian pintu, bukan tak mungkin terjadi kebocoran, seperti hawa panas dari luar atau munculnya air setelah hujan atau usai mobil dicuci.

5. Gunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Bahan bakar juga perlu diperhatikan ya OLXer. Ada baiknya gunakan bahan bakar minyak dengan oktan tinggi. Minimal setahun sekali. BBM dengan oktan tinggi dipercaya dapat membersihkan kotoran yang ada di dalam tangki.

6. Periksa Pendingin Mesin/ Radiator

Radiator juga harus dicek terutama volume cairan yang ada di dalamnya. Pasalnya fungsi utama dari radiator adalah menurunkan panas pada mesin. Sebaliknya, jika mesin panas dan tidak dilakukan pendinginan maka yang terjadi adalah overheat. Tentu saja, langkah ini memang sama seperti pada mobil baru.

7. Bersihkan Eksterior dan Interior

Sama seperti mobil baru, mobil tua juga perlu dilakukan perawatan pada bagian eksterior dan interior. Untuk eksterior, cara murahnya yaitu dicuci dengan cara yang baik dan benar menggunakan bahan yang direkomendasikan.

Namun untuk tampilan lebih sempurna, tidak ada salahnya bisa melakukan kompon dan juga wax pada body mobil sehingga jadi kinclong. Pastikan, mobil disimpan dan dijauhkan dari paparan cahaya matahari langsung.

8. Periksa Bagian Ban

Pada mobil tua tekanan ban harus diperiksa secara teratur dan ban yang aus harus diganti lebih cepat. Dengan bertambahnya usia ban, maka kinerja karet akan menurun, dan jika hal tersebut terjadi ban mudah pecah bahkan bisa menyebabkan terjadi kecelakaan.

Untuk pengisian tekanan ban harus sesuai rekomendasi seperti tertera di buku manual atau pintu depan.

9. Pastikan AC Masih Bekerja

Satu lagi yang perlu dicatat yaitu patikan AC dalam kondisi baik. Sebab, dengan adanya AC maka hal tersebut dapat memberikan rasa nyaman dan sejuk.

Namun perlu dicatat, fungsi AC mobil itu tidak hanya memberikan rasa sejuk ketika panas, tetapi saat hujan bisa menghilangkan embun yang menempel di kaca. Pasalnya, apabila embun menempel di kaca maka yang terjadi visibilitas terganggu.

Nah, itulah beberapa tips merawat mobil tua yang bisa diimplementasikan saat di rumah saja seperti saat ini. silahkan dicoba.

Yuk ikutan berkontribusi dalam menghalau coronavirus di Indonesia dengan cara klik disini

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga