BERITA

10 Fakta Menarik Mitsubishi Xpander

31 Oct 2019

Kehadiran Mitsubishi Xpander memang baru seumur jagung di kancah otomotif nasional bahkan dunia. Bagaimana tidak, mobil ini memang baru meluncur per Agustus 2017 dan per September 2019 penjualannya tembus lebih dari 135 ribu unit.

Meski demikian, kemunculan Mitsubishi Xpander tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini karena Mitsubishi Xpander sudah menjadi salah satu mobil favorit yang banyak di idam-idamkan keluarga di Tanah Air.

Pamor Mitsubishi Xpander juga ternyata cukup menggoyahkan keperkasaan mobil sejuta umat atau Toyota Avanza yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia. Bahkan dalam hal penjualan, Mitsubishi Xpander bisa disebut mobil terlaris yang setiap bulannya selalu membayangi kedigdayaan Toyota Avanza.

Kepopuleran Mitsubishi Xpander juga tak lepas dari fakta-fakta yang cukup menarik dan perlu diketahui. Lantas apa saja fakta-fakta menarik soal Mitsubishi Xpander, berikut ulasannya:

1. MPV Rasa SUV

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander pada dasarnya merupakan mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle. Namun begitu, mobil ini memiliki bentuk desain yang mirip sebuah Sport Utility Vehicle (SUV).

Hal ini juga terlihat dari desain Mitsubishi Xpander yang terlihat lebih sporty, serta dimensinya lebih gambot dibandingkan dengan para rivalnya, mulai dari Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, hingga Honda Mobilio.

Seperti diketahui dimensi Mitsubishi Xpander memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm.

2. Reinkarnasi dari XM Concept

Sebelum muncul nama Xpander, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air sempat menghadirkan sosok XM Concept.

Ya, Mitsubishi Xpander reinkarnasi dari XM Concept yang sempat dibalut warna hijau kekuning-kuningan. Kala itu, XM Concept hadir di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dan para pengunjung yang datang terpukau akan desain mobil tersebut.

3. Cuma Ada Satu Pilihan Mesin 1.5 liter

OLXer yang ingin mesin Mitsubishi Xpander 1.8 liter maka harus gigit jari. Pasalnya, perusahaan dengan logo tiga berlian ini tak memiliki pilihan mesin lain. Mereka hanya menawarkan mesin 1.5 liter.

Kendati begitu, mesin 1.5 liter ini didukung dengan mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC dengan 16 katup yang dapat memuntahkan daya hingga 103 Tk @6000 rpm dan torsi 145 Nm @4000 rpm.

4. Dibuat Pertama di Indonesia

Sejak pertama kali hadir lahir, Mitsubishi Xpander diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang Pusat.

Maklum, Mitsubishi Xpander memang sengaja dibuat dan terinspirasi dari kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Mitsubishi Xpander sendiri dibuat di atas lahan seluas 30 hektar, pabrik yang nilai investasi pembangunan mencapai US$ 600 juta  disebut mampu memproduksi 160 ribu unit per tahun, dan bisa dikembangkan hingga 240 ribu unit per tahun.

Namun begitu, kabar terbaru adalah Mitsubishi akan membuat pabrik baru untuk produksi Xpander yaitu di Vietnam. Hingga saat ini masih persiapan. 

5. Laku di Luar Negeri

Mitsubishi Xpander memang dibuat dan awalnya cuma pasarkan untuk dalam negeri. Bahkan untuk inden mobil konsumen harus rela menunggu lebih dari tiga minggu lamanya.

Namun tak berapa lama, Mitsubishi Indonesia juga menawarkan mobil tersebut untuk pasar ekspor.

Hasilnya cukup menarik, hingga saat ini sudah ada 13 negara yang menjadi pasar Mitsubishi Xpander, mulai dari Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Mauritius, Bangladesh, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Bahkan di Vietnam, Mitsubishi berencana mendirikan pabrik hanya untuk membuat Xpander. Pasalnya di Vietnam peminat Xpander tergolong membludak, bahkan indennya kini sudah mencapai dua bulan lamanya.

6. Kembaran Nissan Livina

Mitsubishi Xpander memang menjadi idola karena desainnya yang lebih segar dibandingkan MPV lainnya. Namun begitu, Xpander juga punya kembaran yaitu Nissan Livina.

Ya, generasi Nissan Livina yang dilahirkan pada Februari 2019 memang menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Hanya saja ada beberapa ubahan mulai dari eksterior, interior sampai fiturnya. 

Kehadiran Nissan Livina dengan bodi Mitsubishi Xpander ini buah hasil aliansi antara Mitsubishi dan Nissan.

7. Wajah Mirip Mobil Mitsubishi Lainnya

Tampilan wajah Xpander dianggap cukup sangar namun tetapi menarik. Namun begitu, desain depan Xpander nyatanya merupakan desain khas konsep Dynamic Shield, yang juga diterapkan Mitsubishi pada Pajero Sport dan Eclipse Cross, hingga Outlander PHEV.

Tampilan mirip ini juga terlihat dari desain gril, bumper hingga lampu LED yang dibuat lancip sejajar dengan kap mesin

8. Fitur Melimpah

Mitsubishi Xpander

Sebagai pendatang baru, ada baiknya memang menghadirkan beragam perbedaan, namun harus lebih maksimal. Setidaknya hal ini bisa diterapkan pada fitur-fitur yang dibenamkan harus tampil ciamik dan menarik.

Adapun beberapa fitur melimpah yang dibenamkan pada Mitsubishi Xpander yaitu, AC Double blower (Kecuali varian GLX), HU Double din CD atau MP3 dengan port USB dan 4 speaker ( GLS, Exceed dan Sport), HU Touchscreen 2DIN DVD player dengan port USB dan 6 speaker (hanya di varian Ultimate), Audio Steering switch ( Exceed, Sport dan Ultimate), soket listrik 12 volt (3 soket pengisian daya listrik hanya ada di varian Exceed, sport dan Ultimate), Power window, hingga kunci central.

Selain itu fitur lainnya pada Mitsubishi Xpander untuk keamanan dan keselamatan yaitu keberadaan Multi information Display, Spion lipat elektrik (Hanya ada di Exceed, Sport dan Ultimate), Brake Assist (BA), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, ISOFIX, dan Immobilizer.

Eits, tunggu dulu belum selesai lh fitur-fitur pada mobil ini, sebab ada juga Pedestrian Protection, Vehicle Stability Control (VSC)( varian Sport dan Ultimate), Hill Start Assist (HSA) (Varian Sport dan Ultimate), Emergency Stop Signal (ESS), Welcome light (kecuali GLX), Coming home light (kecuali GLX), Remote entry system with Alarm (Kecuali GLX), Kamera hadap belakang (hanya ada di varian Ultimate), pegangan pintu berlapis chrome (hanya ada di varian Ultimate).

Bahkan dengan fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang melimpah, Mitsubishi Xpander sudah meraih bintang 4 uji tabrak ASEAN NCAP.

9. Daftar Harga

Harga Mitsubishi Xpander memang sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. nah, untuk up date terbaru harga Mitsubishi Xpander bisa dilihat di situs resmi Mitsubishi. Adapun untuk harga per Oktober 2019 dengan status on the road Jakarta, antara lain:

- GLX M/T Rp 210,3 juta

- GLS M/T Rp 226,8 juta

- GLS A/T Rp 237,8 juta

- Exceed M/T Rp 233,8 juta

- Exceed A/T Rp 244,2 juta

- Sport M/T Rp 246,4 juta

- Sport A/T Rp 256,4 juta

- Ultimate A/T Rp 265,1 juta.

10. Servis Gratis

Mitsubishi Xpander

Konsumen yang membeli Mitsubishi Xpander rupanya tidak akan dibuat ribet. Pasalnya, ada paket khusus setiap pembelian mobil tersebut yaitu berupa paket layanan purna jual "SMART". 

Khusus Paket SMART bagi Xpander tersedia dalam dua pilihan, yaitu Gold dan Diamond. Semua paket SMART, baik untuk Xpander berlaku selama 3 Tahun/50.000 KM (mana yang tercapai lebih dulu).

Dengan paket ini, pemilik Xpander tidak hanya mendapatkan sekadar gratis jasa dan part yang diganti pada servis berkala biasa, melainkan memperoleh tambahan berupa chemical yaitu Brake Fluid (Service Berkala 24 Bulan/40.000 KM), Long Life Radiator Coolant (Service Berkala 24 Bulan/40.000 KM), Engine Flush (Setiap Service Berkala kelipatan 6 Bulan/10.000 KM), dan Brake Cleaner (Setiap Service Berkala kelipatan 12 Bulan/20.000 KM). 

Pemilik Xpander juga mendapatkan gratis Mitsubishi Motors Genuine Oil (MMGO) selama tiga tahun atau sampai dengan 50 ribu kilometer.

Tidak hanya biaya jasa servis, untuk penggantian spare part juga sudah termasuk dalam paket SMART sesuai dengan Service Booklet, misalnya di Servis Berkala 24 Bulan/20 ribu KM konsumen berhak mendapat penggantian spare part seperti Oli Mesin, Filter Oli, Gasket untuk Penutup Oli, Air Filter dan Air Cleaner. (Her)