OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  9 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil di Pameran IIMS Hybrid 2021



9 Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil di Pameran IIMS Hybrid 2021

16 Apr 2021

Ilustrasi booth Toyota di pameran IIMS Hybrid 2021 Kemayoran, Jakarta.

OLXer yang berniat ingin membeli mobil baru dalam waktu dekat, tidak ada salahnya menghadiri pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, mulai 15-25 April 2021.

Ya, dengan menghadiri pameran otomotif, setidaknya sebelum membeli OLXer bisa terlebih dahulu melihat, dan mencari informasi lebih banyak soal kelebihan serta kekurangan sebuah mobil satu dengan yang lainnya hanya dalam satu tempat.

Meski begitu, karena banyaknya mobil yang menjadi pilihan, sudah sebaiknya OLXer tetap berhati-hati dan jangan gegabah. Sebab, Ketika membeli mobil memang ada beragam faktor yang harus dipertimbangkan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Nah, pertimbangan apa saja yang harus OLXer ketahui saat membeli mobil baru di pameran, berikut ulasannya:

1. Cari Informasi

Sebelum mendatangi pameran, sebaiknya OLXer cari informasi mengenai mobil-mobil apa saja yang setidaknya ada di pameran. Mulai dari jenis, mesin, fitur yang ada hingga harganya. Untuk mencari informasi sebuah mobil OLXer bisa melihat di internet agar lebih praktis.

2. Tentukan jenis mobil yang diinginkan

Ketika hendak mencari sebuah mobil baru, pastikan mobil yang akan dibeli sesuai dengan selera dan kebutuhan yah. Namun perlu dicatat, jangan sampai OLXer memiliki selera mobil jenis sedan tapi anggota keluarga jumlahnya ada tujuh orang, tentu saja ketika bepergian tidak bisa terangkut semua.

3. Santai dan tak perlu buru-buru

Ketika mencari mobil di lokasi pameran, OLXer bersikaplah santai dan tak buru-buru mengambil keputusan. Sebab, di lokasi pameran sudah pasti aka nada sales yang manis dalam berucap, dan promo yang ditawarkan, sehingga OLXer bisa mudah tergiur. Padahal, OLXer belum melihat secara menyeluruh mobil-mobil lainnya.

Agar lebih santai, OLXer bisa mengajak teman, keluarga orang terdekat untuk mendapatkan pertimbangan atau saran sebelum memutuskan membeli.

4. Manfaatkan momentum

Salah satu hal yang ada di pameran otomotif biasanya promo-promo menggiurkan mulai dari potongan harga hingga banjir hadiah. Bahkan perusahaan pembiayaan juga kerap hadir dengan menawarkan promo menarik dalam urusan pembayaran.

Jika memang promo yang ditawarkan masih kurang maksimal, OLXer juga bisa bernegosiasi untuk mendapatkan mobil dengan harga pas.

5. Tentukan cara pembayarannya

Pembelian tunai atau kredit bisa OLXer pilih, asalkan sesuai dengan kondisi keuangan. Membeli mobil dengan cara cash memang ketika di kemudian hari kita merasa tak punya beban atau hutang. Namun itu tak bisa dipaksakan.

Sebaliknya, bila ingin membeli mobil dengan cara kredit pastikan memiliki pengetahuan segala aturan dan ketentuan yang ditetapkan, serta pastikan leasing yang akan dipakai memiliki kredibilitas baik, termasuk layanan maksimal dalam pembelian mobil.

6. Sesuaikan budget

Seperti dijelaskan sebelumnya, mencari informasi memang penting. Tapi yang tak kalah penting ketika hendak membeli mobil pastikan budget atau biaya yang hendak dikeluarkan sesuai dengan isi kantong.

Jangan sampai OLXer memaksakan diri membeli mobil yang Anda membeli namun harganya di luar kemampuan yang harus dibayar. Atau, jangan sampai budget yang dipakai membeli mobil diambil dari biaya lainnya, seperti cicilan rumah, tabungan sekolah anak atau asuransi.

7.  Pilih produk unggul

Memang hadir ke sebuah pameran otomotif akan memberikan referensi yang banyak dengan promo menggiurkan. Namun yang perlu diketahui, pastikan mobil yang dibeli merupakan produk unggul.

Adapun memilih produk unggul yang dimaksud ini adalah selain bentuk mobilnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja, tapi pastikan mobil yang dibeli dilengkapi dengan layanan purna jual seperti service kemudahan suku cadang, irit bahan bakar, biaya servis, bengkel resmi, jaringan luas, dan lain-lain.

Selain itu, pastikan pula mobil yang OLXer beli biasanya harga jual Kembali ketika berstatus bekas masih cukup tinggi.

8. Lakukan test drive

Di lokasi pameran, tidak hanya sekadar mobil yang dipajang. Tapi OLXer juga bisa melakukan test drive terlebih dahulu ketika hendak membeli mobil. Karena itu, ini menjadi kesempatan untuk OLXer agar mengetahui bagaimana performa dan akselerasi ketika dikendarai di beberapa putaran.

9. Pastikan disertai asuransi

Hal penting yang tidak kalah penting ketika membeli sebuah mobil yaitu, pastikan mobil yang akan dibeli sudah disertai. Tentu saja ini akan sangat membantu, apalagi jika mobil baru yang dibeli yang resiko lecet atau rusak bisa saja terjadi.

Oleh karena itu pastikan asuransi yang terbaik dan memiliki kredibilitas.

Nah, itulah 9 hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah mobil selama pameran IIMS Hybrid 2021.

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga