Copied to clipboard!

Ilustrasi AC tidak dingin. (Istimewa)



TIPS

AC Hanya Keluar Angin? Berikut 4 Cara Agar Sejuk Kembali

Author : Herdi Muhardi

13 May 2020


Sama seperti komponen mobil lainnya, air conditioner (AC) atau penyejuk udara juga harus dilakukan servis secara berkala. Hal ini diperlukan agar kondisi AC tetap sejuk dan tidak hanya mengeluarkan angin saja.

Ya, AC mobil bisa saja hanya mengeluarkan angin. Hal ini dikarenakan ada suatu masalah, sehingga ketika AC dinyalakan hanya terasa angin yang berhembus dan lama kelamaan OLXer akan merasa kurang nyaman.

Agar AC tidak hanya keluar angin, bengkel spesialis Rotary Bintaro memberikan beberkan apa saja yang harus dilakukan untuk pemeliharaan AC mobil agar mengeluarkan hawa menyejukkan, berikut uraiannya:

Membersihkan Kondensor

Karena penyebab AC mobil hanya keluar angin bisa jadi karena kondensor yang kotor. Maka solusi yang tepat dan bisa dilakukan adalah membersihkan debu yang menumpuk.

Fungsi dari kondensor sendiri adalah untuk membuang panas yang telah dilepaskan oleh kompresor. Kondensor yang sudah lama tidak dibersihkan bisa menjadi penyebab utama dari kendala AC mobil. Proses pembuangan panas juga tidak bisa maksimal.

Jika memang tak bisa melakukan sendiri, sebaiknya untuk membersihkan bisa mengunjungi bengkel spesialis AC mobil.

Mengganti Motor pada Extra Fan

Motor pada extra fan yang tidak berfungsi merupakan alasan utama mengapa AC mobil ini hanya keluar angin. Jika tidak diperhatikan dengan baik tentu maka tidak bisa menemukan penyebab ini. Butuh perbaikan serta pengecekan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, bisa menggunakan jasa service AC mobil untuk memberi pelayanan maksimal dalam memperbaiki AC mobil Anda. Jika memang rusak butuh motor extra fan yang baru.

Mengganti Kompresor

Cara mengatasi jika AC mobil hanya keluar angin adalah dengan mengganti kompresor. Terutama jika kompresor bermasalah dan sudah terlalu lama digunakan.

Perawatan dan pengecekan perlu dilakukan secara berkala agar bisa menjadikan AC mobil ini berfungsi sempurna. Ganti kompresor jika diketahui sudah rusak. Menggantinya butuh tenaga handal yang ada di bengkel spesialis AC mobil.

Mengetahui Ukuran Freon yang Pas

Freon yang berlebihan atau kurang bisa menjadi penyebab dari AC mobil keluar cuma angin. Karena itu, pertama-tama mengecek ukuran freon di dalam AC mobil. Jika kehabisan freon biasanya disebabkan karena adanya kebocoran.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka sebaiknya servis dilakukan secara rutin, agar menghindarkan AC dari kerusakan lebih parah tetapi juga bisa membuat kinerja AC mobil menjadi maksimal.