MOBIL BEKAS

Ada Mitsubishi Galant VR-4 Dijual di OLX, Harga Mendekati Rp300 Juta

05 Oct 2019

Mobil yang dijual di OLX ini adalah versi tertinggi dari Mitsubishi Galant generasi keenam dan populasinya di Indonesia terbilang cukup langka. Banderolnya pun sangat tinggi di listing iklannya untuk sedan lansiran tahun '90-an di angka Rp 275 juta. 

Di Indonesia, versi standar-nya lebih dikenal dengan nama Mitsubishi Eterna dengan banderol bisa 10 kali lipat lebih murah dari versi VR-4. Nama Mitsubishi Galant justru lebih dikenal di Tanah Air pada generasi lama dan barunya, bukan generasi keenam.

Galant VR-4 adalah mobil yang memiliki sejarah panjang, menjadi pionir hingga Mitsubishi merajai reli WRC dengan Lancer Evolution. Regulasi Group A WRC saat itu membutuhkan pabrikan setidaknya untuk memproduksi massal minimal 5.000 unit, dengan batasan mesin 2.000cc  turbo dan transmisi 4WD.

Regulasi ini disambut baik Mitsubishi karena mereka sudah siap dengan mesin yang sesuai regulasi dan deretan teknologi canggih untuk mobilnya.

Generasi pertama Mitsubishi Galant VR-4 (E39A) dijejali mesin 4G63T, mesin yang kemudian menjadi legendaris ketika Mitsubishi menjejali Lancer Evolution dengan mesin yang sama selama 13 tahun. Di Galant VR-4, mesin ini memuntahkan sekitar 237 HP. Ada juga versi 195 HP untuk sejumlah pasar.

Galant VR-4 memiliki kecepatan tertinggi hingga 210 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam sekitar 7 detik. Terbilang kencang di zamannya meski akselerasinya bisa dibilang kurang. Ini karena bobot mobil yang lumayan berat dengan deretan teknologi canggih Mitsubishi di zaman itu.

galant vr-4
Tampak depan Galant VR-4, kinyis-kinyis kondisinya. Foto: Istimewa

Mitsubishi Galant VR-4 Sangat Canggih di Zamannya

Galant VR-4 banjir teknologi canggih. Paling gres saat itu adalah teknologi yang disebut 'Dynamic Four', berupa sistem full-time AWD, 4WS (4-Wheel Steering), suspensi independen di keempat roda dan four-wheel ABS.

Selain itu mobil juga mendapat teknologi 'Dynamic ECS'. Ini adalah sistem suspensi udara semi aktif yang dikontrol secara elektronik dan dapat mengontrol cengkeraman ban pada aspal dengan mengatur suspensi mobil, namun tetap menjaga kenyamanan pengemudian mobil.

Berkat deretan teknologi ini, Galant sempat mendapat penghargaan 'Japan Car of The Year 1987-1988'. Sisanya adalah sejarah. Galant VR-4 memang tidak dapat menorehkan tinta emas di ajang reli WRC dengan hanya memenangkan 3 seri selama 3 tahun partisipasinya.

Tapi karena kegagalan Galant VR-4 ini juga akhirnya Mitsubishi berpaling ke Lancer Evo yang kemudian menjadi salah satu legenda WRC.

Dijual di OLX dengan banderol Rp275 juta dan masih nego, kilometer mobil pun terbilang rendah di angka 60 ribuan. Kemudian penjualnya juga menawarkan fleksibilitas seperti tukar tambah dengan mobil lama hingga layanan towing sampai ke tempat tujuan.

Galant VR-4 yang dijual ini bertransmisi otomatis dan kondisinya masih sangat orisinal. Dokumennya pun juga diklaim komplit termasuk buku manual mobil. 

Jika OLXer tertarik langsung saja kunjungi iklannya di sini. Mobil ini bisa jadi investasi oke dengan harga yang bisa terus naik di kemudian hari. (dhan/Her)

galant vr-4
Emblem VR-4 di Buritan Mobil Membedakan Mana Galant Ratusan Juta dan Eterna Murah. Foto: Istimewa