OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Akan Ada Sabuk Pengaman Untuk Sepeda Motor, Seberapa Canggih?



Akan Ada Sabuk Pengaman Untuk Sepeda Motor, Seberapa Canggih?

21 May 2021

Ilustrasi sabuk pengaman sepeda motor. (Ride Apart)

Sabuk pengaman atau seat belt merupakan fitur keselamatan yang wajib dimiliki pada sebuah mobil. Dengan adanya seat belt, maka hal ini mengurangi potensi pengemudi dan penumpang mengalami cedera fatal ketika terjadi kecelakaan.

Namun OLXer perlu tahu, di masa depan tak hanya mobil saja yang ada seat belt nya, tapi sepeda motor juga akan ada. Setidaknya sabuk pengaman untuk motor ini ini tengah dipersiapkan perusahaan Italdesign Giugiaro S.p.A.

Ya, sang designer Italdesign Giugiaro S.p.A, Giorgetto Giugiaro ingin melakukan terobosan agar lebih fokus pada keselamatan pengendara sepeda motor. Hal inilah membuat perusahaan tersebut mengajukan paten teknologi Smart Seatbelt Technology.

Sabuk pengaman sepeda motor
Sabuk pengaman sepeda motor dipersiapkan perusahaan Italdesign Giugiaro S.p.A.

Dilansir Rider Apart, Jumat (21/5/2021), paten seatbelt sepeda motor yang dikembangkan terdiri dari sandaran punggung yang tegak, ditambah beberapa tali penahan yang mengekang pengendara dari bahu hingga paha.

Ya, ini memang terlihat sabuk pengaman pada sebuah mobil. Akan tetapi, sabuk pengaman dan perangkatnya ini dibuat fleksibel sehingga diubah posisinya oleh si pengendara saat duduk di jok.

Lantas bagaimana cara kerjanya?

Disebutkan, jika terjadi kecelakaan, biasanya pengendara sering diinformasikan melepas sepeda motornya agar tidak terbawa atau mengurangi cedera parah karena bobot motor yang berat.

sabuk pengaman sepeda motor
Sabuk pengaman sepeda motor dipersiapkan perusahaan Italdesign Giugiaro S.p.A.

Nah, agar sesuai dengan prinsip di atas, teknisi Italdesign akan melengkapi sebuah software atau perangkat lunak yang dapat mendeteksi waktu terbaik untuk melepaskan seperangkat peralatan sabuk pengaman dari sepeda motor.

Contoh lainnya, apabila pengendara menabrak kendaraan lain, maka komputer onboard dapat menentukan kapan yang terbaik mengunci pengendara di tempatnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tabrakan tambahan dengan kendaraan itu sendiri.

Sebaliknya apabila terjadi kecelakaan karena kecepatan tinggi, maka sistem mampu mengeluarkan pengendara untuk mengurangi kemungkinan cedera parah.

Memang kedengarannya perangkat ini seperti di film action, tetapi ide gila ini bisa jadi berhasil. Selain itu, perangkat ini akan dibantu dengan aplikasi teknologi dan ergonomis yang dapat lebih melayani sektor skuter dan komuter.

Perlu diketahui juga, sistem keselamatan pada sepeda motor ini memang membatasi akomodasi untuk penumpang, tapi jika fungsinya sangat berguna, tentu saja ini bukan jadi masalah.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga