Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaAlasan Honda Mundur dari Ajang Formula One, Ingin Fokus ke Mobil Ramah...

    Alasan Honda Mundur dari Ajang Formula One, Ingin Fokus ke Mobil Ramah Lingkungan

    Prinsipal mobil Honda membuat sebuah keputusan yang cukup mengejutkan publik dunia, khususnya pecinta balap jet darat, Formula One (F1). Honda Motor Co., Ltd tidak akan ambil bagian lagi dalam balapan untuk musim 2022 setelah memutuskan berhenti usai musim balap F1 tahun depan.

    Adapun alasannya karena pabrikan asal Jepang ini sedang fokus dalam pengembangan mesin ramah lingkungan untuk mengurangi polusi karbon. 

    Komitmen tersebut, menurut Honda bisa diwujudkan hanya dengan cara memfokuskan sumber daya perusahaan dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi untuk masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV), yang akan menjadi inti dari produk dengan teknologi bebas karbon. 

    Upaya “realisasi pengimbangan karbon pada tahun 2050” ini akan terus digenjot serta mempercepat inisiatif dengan target di tahun 2030 sebanyak dua per tiga seluruh penjualan unit mobil Honda secara global berasal dari mobil listrik.

    “Di ajang F1, Honda sudah sukses mencapai tujuan untuk meraih kemenangan. Dan sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon. Ini akan menjadi tantangan yang berat dan sulit seperti berkompetisi di F1, dan juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda bersama masyarakat,” komentar Takahiro Hachigo, Representative Director and CEO of Honda Motor Co., Ltd terkait keputusan Honda berhenti dari ajang F1, dalam sebuah siaran pers Honda global, Senin (5/10/2020). 

    Honda memulai sejarah Formula One tahun 1964 kemudian mundur di tahun 1968 menyusul kecelakaan fatal pembalap Honda Jo Schlesser. Honda kembali lagi ke F1 pada tahun 1983 sebagai pemasok mesin, dan memenangkan gelar konstruktor 1986 dan 1991 bersama Williams dan McLaren serta beberapa nama legenda pembalap F1 seperti Nelson Piquet, Ayrton Senna dan Alain Prost. 

    Tercatat Honda beberapa kali keluar masuk kompetisi, sampai terakhir di tahun 2015 Honda kembali berkompetisi di F1 sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim dan menunjukkan performa yang sangat kompetitif. Musim F1 2020 Honda memasok mesin untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih tiga kemenangan di musim lalu serta dua kemenangan sejauh ini di musim 2020.

    Tahun ini juga, tepatnya di bulan April 2020, Honda membuat penelitian baru yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy. Dimana Honda akan mengalokasikan manajemen energi dan teknologi bahan bakar serta pengetahuan yang terkumpul melalui aktivitas F1 untuk unit daya dan teknologi energi ini dan mengambil inisiatif sambil berfokus pada realisasi pengimbangan karbon di masa depan.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait