TIPS PROPERTI

Alasan Hunian Dekat LRT dan MRT Lebih Menguntungkan

20 Sep 2019

Beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya kini sedang direpotkan dengan berbagai pembangunan. Salah satunya proyek pembangunan public transportation atau transportasi umum.

Ya, proyek transportasi umum yang dimaksud adalah adalah Lintas Rel Terpadu Jakarta atau Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT), kedua transportasi ini sama-sama dipercaya dapat memindahkan banyak orang dengan ruang jangkau dalam kota atau lintas kota yang berdekatan. Hal ini memang mirip dengan KRL Commuter Line yang sudah lama beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Nah, ternyata keberadaan MRT dan LRT ini menjadi faktor yang harus dipertimbangkan ketika mencari hunian, baik dengan bentuk rumah atau apartemen. Hal ini pun disarankan Director ERA Indonesia (Agen Properti), Aan Andriani.

Dekatnya hunian dengan transportasi umum, maka memudahkan masyarakat untuk melakukan aktivitas  sehari-hari, termasuk pergi ke tempat bekerja di pusat kota.

“Kalau yang sekarang lagi ngetren MRT (sudah beroperasi). Karena MRT sudah terprediksi waktunya. Saya nyoba MRT dari Lebak Bulus ke kantor di Sudirman Cepat banget nyampenya, bersih dan nyaman. Harganya menurut saya oke,” ungkap Aan menceritakan pengalamannya tersebut.

Kata Aan, masyarakat yang memiliki hunian dekat dengan transportasi umum seperti MRT dan LRT maka tak perlu repot untuk kembali mengemudi. Apalagi jika pemilik mobil, di mana di wilayah Jakarta kini sudah diberlakukannya perluasan sistem ganjil genap.

Lebih lanjut dia menyatakan, meski wilayah hunian sedikit jauh dari pusat kota, namun dengan MRT dan LRT akan terbantu. Pasalnya harus diakui, jika hunian di tengah kota, maka masalah yang terjadi adalah soal harga yang tergolong mahal.

Aan juga memprediksi, suatu saat nanti MRT dan LRT akan booming, sehingga berimbas pada tingginya pencarian hunian yang berdekatan transportasi umum. Maka dari itu, hunian yang berdekatan MRT dan LRT diperkirakan bakal menjadi tempat investasi menjanjikan karena harganya akan terus melonjak naik.

“Makanya yang dekat-dekat MRT dan LRT Anda ambil (beli), kalau udah jadi, harganya pasti naik lagi,” tutupnya. (Her)