TIPS

Alasan Kenapa Tangki Bahan Bakar Perlu Dikuras

11 Oct 2019

OLXer harus tau kalau istilah menguras tidak hanya dipakai ketika membersihkan bak mandi atau kolam ikan. Sebab, dalam dunia otomotif juga ada, yaitu menguras tangki bahan bakar minyak (BBM).

Ya, menguras tangki BBM nyatanya memang perlu dilakukan pemilik kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Lantas mengapa kudu dikuras, berikut penjelasannya:

Tangki BBM harus dikuras dengan tujuan untuk menghilangkan sedimen atau endapan kotoran atau bisa juga partikel-partikel kecil yang masuk di dalam tangki.

Jika tangki BBM banyak endapan kotoran, bukan tak mungkin akan terjadi penyumbatan pada saluran aliran BBM atau pompa bahan bakar (fuel pump).

Apabila pompa bahan bakar tersumbat, hal yang akan terjadi selanjutnya yaitu, tak ada minyak atau BBM yang masuk ke ruang pembakaran sehingga tidak terjadi proses pembakaran sempurna yang bisa membuat mesin kendaraan hidup atau menyala.

Tak hanya itu, jika masih ada cairan bahan bakar yang lolos ke ruang pembakaran, maka yang ada adalah terjadi pembakaran tidak sempurna. Alhasil, tarikan mobil seakan tersendat atau loyo.

Adapun jika endapan muncul dalam waktu lama, bukan tak mungkin tangki bahan bakar bisa bocor. Jika diperbaiki atau diganti, tentu harganya akan lebih mahal

Perlu diketahui, tidak semua tangki bahan bakar bisa dikuras secara langsung. Pasalnya, setiap brand atau model mobil memiliki cara berbeda untuk menguras tangki BBM mobil.

Jika OLXer bisa menemukan tangki ketika berada di bawah mobil dan dapat melepas sambungan atau sumbat penguras kecil secara langsung, menguras tangki BBM mobil bisa dilakukan dengan mudah. Menguras tangki BBM mobil juga bisa dilakukan dengan menyedot bensin menggunakan alat penyedot bahan bakar, selang, atau pompa.

Cara menguras tangki BBM mobil menggunakan alat penyedot bahan bakar merupakan cara manual, di mana saat melakukannya, OLXer harus menyiapkan sebuah wadah untuk menampung bensin. 

Sementara bila menggunakan selang memang cenderung agak sulit, karena mobil yang lebih baru pada umumnya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangki bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Tapi, OLXer tetap bisa menguras tangki BBM mobil dengan mengarahkan selang tersebut pada lubang tangki bahan bakar tersebut.

Bila dengan menggunakan alat penyedot bahan bakar pompa untuk menguras tangki BBM mobil sebenarnya lebih dimudahkan. (Her)