OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Alasan Mobil LCGC Harus Pakai Oli Khusus



Alasan Mobil LCGC Harus Pakai Oli Khusus

08 Aug 2019

Tak dapat dipungkiri segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) dalam beberapa tahun terakhir terus menjamur. Harga yang terbilang lebih terjangkau ditambah ringannya uang muka dan cicilan perbulan jadi alasan mengapa segmen LCGC kian mudah dibeli masyarakat di Indonesia.

Hanya saja, semua mobil memiliki plus dan minus. Jika harga murah menjadi daya tarik  LCGC, namun mobil jenis ini disebutkan bisa juga mengalami masalah seperti penurunan performa mesin, entah itu karena suhu mesin panas atau bahan bakar. 

Karena itu, yang perlu OLXer tau jika memiliki mobil yang masuk golongan LCGC adalah rajin melakukan perawatan. Termasuk lebih peduli untuk memilih spesifikasi pelumas atau oli mobil yang tepat.

Hal inilah yang membuat perusahaan pelumas asal Inggris, Castrol, meracik oli khusus untuk LCGC dengan meluncurkan Castrol GTX Ultraclean. 

Menurut Country Marketing Manager PT Castrol Indonesia, Deananda Sudijono, mobil sekelas LCGC ada baiknya menggunakan pelumas dengan viskositas atau kekentalan rendah, sehingga sangat cocok memakai spesifikasi 5W-30.

Artinya, berdasarkan aturan Society of Automotive Engineers (SAE), Castrol GTC Ultraclean dengan spesifikasi 5W-30 memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin di musim dingin (Winter), dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat celcius.

Castrol Luncurkan Pelumas GTX Ultraclean. (Herdi Muhardi)

Selain itu, alasan mengapa mobil LCGC harus pakai oli khusus, ternyata formula yang digunakan pada Castrol GTX Ultraclean dapat membersihkan lumpur dalam mesin yang dapat menghalangi saluran mesin oli, sehingga membantu mencegah pembentukan endapan baru berkat teknologi sintetisnya.

Tak hanya itu, karena formula yang ada pada oli terbaru Castrol ini juga dipercaya membantu dalam memperpanjang umur mesin kendaraan.

"Formula tersebut sudah terbukti memiliki kemampuan membersihkan 50 persen lebih baik dari standar industri dalam pengujian independen," ujar Dea saat ditemui di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Rabu (7/8/2019).

Dengan formula ini pula, lanjut Dea, dengan kualitas oli mesin yang tepat maka akan memenuhi kebutuhan performa dan kenyamanan mobil LCGC.

“GTX Ultraclean didesain untuk mengatasi masalah-masalah yang kerap dialami oleh para pengemudi dengan mesin generasi baru LCGC di Indonesia seperti suhu yang panas, kualitas bahan bakar, serta kemacetan - berbagai hal seperti ini dapat menurunkan performa mesin,” ujarnya. 

Castrol GTX Ultraclean tersedia dalam ukuran yang tepat buat mesin LCGC yaitu kemasan 3.5 liter sehingga cukup pas. Adapun mobil LCGC yang ada di Indonesia, antara lain Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, serta Datsun Go dan Go Hatchback. (Her)

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga