Copied to clipboard!

Toyota Yaris terbaru hadir dengan pilihan tujuh airbag dan tiga airbag.



BERITA

Alasan Toyota Tawarkan Varian New Yaris Cuma Pasang 3 Airbag

Author : Herdi Muhardi

09 Sep 2020


PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan New Toyota Yaris di Indonesia. Hadir dengan wajah baru, Toyota mengklaim, Yaris paling anyar jadi lebih stylish dan youthful.

Namun begitu, ada yang berbeda dengan Yaris sebelumnya, dimana Toyota menghilangkan varian E, yang awalnya jadi pilihan termurah. Sebaliknya, tipe G dan TRD Sportivo tetap dipertahankan.

Oia, baik tipe G dan TRD Sportivo kini tidak hanya tersedia fitur keselamatan berupa tujuh airbag, melainkan terdapat pilihan tiga airbag. 

Lantas mengapa Toyota merubah strategi ini dengan menawarkan pilihan tiga airbag?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi ikut angkat bicara. Kata dia, untuk masalah airbag bukan hanya masalah grading, tapi lebih memberikan opsi atau pilihan yang lebih beragam kepada konsumen.

“Kita lihat memang tipe yang paling bawah tidak terlalu banyak dipilih konsumen. Jadi persentasenya relatif kecil. Jadi kita perkuat yang generasi atas,” ucap Anton usai peluncuran New Toyota Yaris melalui video conference, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut Anton mengungkapkan, sebelum Toyota mengeluarkan minor change Yaris TRD, jumlah persentase penjualan tipe tersebut sangat besar mencapai 70-80 persen.

“Mangkanya kita buat strateginya berbeda mulai dari tipe G mungkin porsinya sekitar 20 persen dan sisanya TRD kita bagi dua yang full speknya dengan 7 airbag dan 3 airbag,” jelas Anton.

Oleh karena itu, dengan adanya varian tiga dan tujuh airbag, maka hal tersebut mampu memberikan konsumen pilihan lebih banyak.

Seperti diketahui, untuk tujuh airbag yang diterapkan pada Toyota Yaris disematkan di kursi pengendara maupun penumpang, yang letaknya di depan, belakang, samping kursi, serta lutut pengemudi. Sedangkan untuk tiga airbag hanya terdapat pada bagian depan saja. 

Faktor Keselamatan Wajib Ada

Contoh tujuha airbag pada Toyota Yaris. (Toyota) 

Meski hanya tiga airbag, Anton membantah jika Toyota mengorbankan keselamatan pemilik Yaris. Menurut dia, faktor keselamatan tetap menjadi bagian yang difokuskan pada setiap produk Toyota

"Dengan 3 airbag, itu kami bukannya mengkompromikan keselamatan. Apalagi airbag sebenarnya fitur keselamatan tambahan. Kunci utama sebenarnya adalah bagaimana kita menggunakan seat belt," ucap Anton.

Kata Anton, seperti yang sudah-sudah, dalam uji tabrak Toyota selalu mendapatkan rating memuaskan yaitu lima bintang dan paling rendah empat bintang. 

Nah, OLXer mau tahu harga New Toyota Yaris tiga airbag dan tujuh airbag, berikut daftarnya :

  • G M/T 3 AB – Rp 263.400.000
  • G M/T 7 AB – Rp 268.400.000
  • G CVT 3 AB – Rp 274.200.000
  • G CVT 7 AB – Rp 279.200.000
  • TRD M/T 3 AB – Rp 284.800.000
  • TRD M/T 7 AB – Rp 289.800.000
  • TRD CVT 3 AB – Rp 296.400.000
  • TRD CVT 7 AB – Rp 301.400.000