Copied to clipboard!



BERITA

Alasan Warna Hitam dan Putih Jadi Pilihan yang Tepat Saat Beli Mobil

Author : Herdi Muhardi

06 May 2020


Tak hanya fitur, teknologi, berbagai suguhan warna diberikan pabrikan otomotif untuk menarik hati konsumen. Namun tentu saja setiap konsumen memiliki warna favorit yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana jika membeli mobil, apakah harus tetap sesuai dengan selera? Tentu saja pilihan ada di pribadi masing-masing.

Namun menurut President Director Mobil88, Halomoan Fischer menyarankan untuk sebuah mobil sebaiknya memilih warna hitam dan putih.

Ehm kenapa ya?

“Kebanyakan mobil warna hitam dan putih paling tinggi (harga jual kembali),” ungkap Fischer saat video conference beberapa waktu lalu.

Fischer sendiri menjabarkan, pada dasarnya terdapat tiga tingkatan warna di dunia otomotif, yaitu warna favorit, warna biasa saja, dan warna yang tidak disukai.

Tingkatan warna tersebut, kata Fischer, dapat menentukan pada harga jual kembali. Seperti halnya warna hitam dan putih, merupakan warna favorit. Karena itu harga jualnya lebih tinggi.

Lain halnya dengan warna biasa saja, seperti silver atau warna umum yang jarang dimiliki, biasanya depresiasi harga bisa mencapai tiga persen.

Sedangkan warna yang tidak disukai banyak orang, Fischer menyatakan, penurunan harganya bisa mencapai 10 persen. “Warna yang orang nggak suka biasanya warna-warna nyeleneh,”  tuturnya.

Arti Warna Mobil

Memang jika membahas soal selera tidak bisa menentukan mana yang benar dan salah termasuk pilihan warna untuk mobil.

Hanya saja, pabrikan otomotif biasanya mengeluarkan pilihan warna karena berdasarkan masukan  dari pengguna, dan para pemasok, serta mengacu kepada tren warna-warna terkini di industri otomotif.

Berdasarkan kan keterangan tertulis dari Chevrolet, sebagian besar konsumen Asia menyukai warna putih, hitam, silver, dan abu-abu karena warna-warna netral ini sangat populer dan mungkin dapat mempertahankan harga tetap tinggi ketika mereka ingin menjualnya kembali.

Sementara itu, sebagian konsumen lain menginginkan warna-warna yang lebih cerah untuk mengekspresikan kepribadian mereka.

Adapun, pemilihan warna sendiri setidaknya bisa sesuai dengan karakter individu masing-masing. Seperti halnya warna merah melambangkan kebahagiaan dan nilai-nilai positif, sementara warna putih mencerminkan suatu babak baru dan teknologi pintar, sedangkan warna hitam menunjukkan kekuatan serta kemewahan.

Namun di Indonesia, ada juga yang menyebutkan, warna merah dan putih melambangkan keberanian dan kesucian seperti yang ditampilkan pada bendera nasional.

Tak sampai disitu, ada yang yang menyatakan, jenis-jenis warna yang menyala seperti merah, orange, pink serta varian metalik seperti putih dan emas diyakini dapat memberikan keberuntungan dan memiliki pengaruh besar.