Copied to clipboard!
Recall Honda Odyssey

241 ribu model Honda Odyssey di Amerika Serikat kena recall



BERITA

Amerika Recall 241 Ribu Unit Honda Odyssey Karena Masalah Kelistrikan

Author : Zainal Abidin

14 Feb 2020


Jakarta - Honda kembali mengumumkan kampanye recall. Kali ini giliran Honda Amerika Serikat yang harus menarik kembali Odyssey lansiran 2018 hingga 2020.

Disinyalir ada masalah kelistrikan di 241.000 unit model high MPV Honda ini yang berpotensi menyebabkan kebakaran, sehingga perusahaan harus melakukan kampanye recall

“Varian Odyssey yang terkena recall ini meliputi EX-L, Touring dan Elite produksi 2018 hingga 2020,” dikutip dari usatoday.com, Rabu (12/2/2020).

Setidaknya sudah ada tiga laporan unit Odyssey yang terdampak kasus tersebut meskipun seluruhnya tidak menimbulkan korban jiwa. 

Dijelaskan oleh perusahaan bahwa ada kemungkinan kabel pada bagian tertentu terjepit, sehingga punya potensi menimbulkan korsleting yang berujung pada kebakaran karena bahan penutup panelnya terbuat dari plastik. 

Seluruh pemilik kendaraan tersebut diminta mendatangi diler Honda untuk mendapatkan penanganan berupa pembuatan jalur kelistrikan yang baru serta penggantian kabel jika rusak secara gratis.

Honda Odyssey Cuma Laku 5 Unit di Indonesia Januari 2020

Sementara dari dalam negeri, belum ada konfirmasi dari pihak PT Honda Prospect Motor apakah isu recall Odyssey juga terjadi di Indonesia.

Dari laporan penjualan Januari 2020, HPM hanya menjual 5 unit Honda Odyssey. Angka yang tidak terlalu signifikan untuk sebuah model high MPV. 

Sementara model premium Honda lainnya seperti Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 55 unit, Honda City terjual 34 unit, Honda Accord 15 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 1 unit.

Namun Honda Indonesia secara keseluruhan berhasil meraih catatan penjualan positif di Januari 2020 ini. 

Bulan pertama di tahun 2020 HPM sukses menjual 12.603 unit mobil Honda di Indonesia. Angka ini naik 3 persen dibandingkan penjualan bulan Januari tahun 2019 kemarin yang mencapai angka 12.190 unit.

“Penjualan di bulan Januari sempat dipengaruhi beberapa faktor, seperti banjir yang mengganggu proses bisnis di sebagian diler kami. Tapi kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini. Dengan penyegaran produk seperti Honda Civic Hatchback RS yang baru kami luncurkan pada awal Februari ini dan program penjualan yang memberikan keringanan biaya kepada konsumen, kami berharap dapat mempertahankan tren positif ini,” terang Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2/2020). 

Diantara model Honda yang berjaya pada Januari 2020 ini, Honda Brio Satya memberikan kontribusi terbesar dengan penjualan 4.348 unit, disusul Honda Brio RS yang meraih penjualan sebesar 1.297 unit.

Kemudian Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 2.329 unit dan Honda Mobilio terjual sebanyak 1.735 unit. Sedangkan Honda Jazz masih tinggi peminatnya dengan angka penjualan Januari 2020 sebanyak 1.158 unit, kemudian Honda CR-V sebanyak 990 unit, Honda BR-V sebanyak 400, Honda HR-V 1.8L sebanyak 168 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 68 unit. (Z)

Honda Brio Satya menjadi model terlaris sekaligus penyumbang penjualan tertiggi Honda di Indonesia (Foto: HPM)