Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    LainnyaAnak Usia 10 Tahun Asal Surabaya Ini Sukses Mencetak Prestasi Dunia

    Anak Usia 10 Tahun Asal Surabaya Ini Sukses Mencetak Prestasi Dunia

    Jakarta – Seorang anak berusia 10 tahun asal Surabaya membawa harum nama bangsa Indonesia di ajang lomba gambar internasional yang digelar di Jepang.

    Damion Deven berhasil membawa pulang medali emas di ajang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2019 dengan karyanya yang diberi judul “Dare Duck Car”. Damion menang di kategori usia 8-11 tahun pada ajang lomba gambar yang digelar oleh Toyota Motor Corporation Japan, 29 Agustus 2019 lalu.

    “Kami ucapkan selamat kepada Damion atas prestasi luar biasanya di Jepang. Penghargaan ini semakin terasa spesial karena Damion berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam suasana perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Semoga prestasi Damion dapat mendorong anak-anak Indonesia lainnya untuk terus mengembangkan bakat seninya,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam sebuah siaran pers, Jumat (30/8/2019).

    Chie Morimoto (Art Director Goen Inc – salah satu perwakilan dewan juri) berfoto bersama Damion Deven (Sumber: Toyota)

    Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kondisi alamnya yang beragam menjadi ide awal karya dari Damion Deven.

    “Saya punya banyak teman yang tinggal di daerah pedesaan dan mereka harus berjalan cukup jauh untuk sampai ke sekolah, bahkan beberapa di antaranya harus menyeberangi sungai. Dari sini ide saya lahir untuk menggambar mobil impian yang dapat membantu mereka,” ungkap Damion.

    Digambarkan olehnya, mobil bernama “Dare Duck Car” tersebut sangat kuat dan tahan terhadap perubahan iklim dan mampu melewati berbagai medan yang sulit, baik di darat, air, dan udara.

    Sebelum lolos ke Jepang, Damion melalui dua tahapan seleksi, di Indonesia dan juga di Jepang. Karyanya ini berhasil menyingkirkan 950.000 gambar dari 86 negara dunia yang menjadi peserta TDCAC 2019.

    TDCAC sendiri merupakan bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. Dalam kegiatan ini, Toyota mengajak anak-anak di seluruh dunia untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

    Tahun lalu, Xylone Margareth Andariska, anak umur 7 tahun dari Surabaya, berhasil memperoleh prestasi tertinggi kategori usia di bawah 8 tahun, di mana karya gambarnya menjadi bagian dari miniatur diorama oleh tim engineer dari Toyota Japan.

    Wah, selamat kepada Damion. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait