Copied to clipboard!
Aksesoris Nmax

Aksesoris lampu belakang All New Yamaha Nmax dari GMA Product Series (Foto : Istimewa)



MOTOR

Apa Saja Jenis Aksesoris Paling Dicari Pemilik  All New Yamaha Nmax?

Author : Zainal Abidin

24 Aug 2020


Kalau ada yang bertanya siapa yang paling diuntungkan saat Yamaha merilis Nmax pertama kalinya di Februari 2015 lalu? Jawabannya tentu bukan hanya produsen Yamaha atau konsumen pecinta motor matik ‘gambot’ ini saja, tapi juga merek-merek aksesoris yang memproduksi dan menjual segala macam pernak-pernik yang bisa disematkan ke Nmax.

Ini diakui betul oleh Giman, Owner PT Maju Gemilang Persada - GMA Product Series yang selama ini sudah merasakan manisnya ‘madu’ dari hasil memasarkan aksesoris khusus  untuk Yamaha Nmax.

“Jadi dulu (sebelum ada Nmax) kami buat aksesoris juga untuk Yamaha V-ixion, lengkap dari atas sampai bawah. Ini lumayan laku sebelum Yamaha Indonesia luncurkan V-ixion tipe R dengan full spec additional aksesoris bawaan, akhirnya kita putusin nggak produksi lagi aksesoris model itu. Sampai akhirnya muncul Nmax yang benar-benar merubah selera pasar konsumen roda dua di Indonesia beralih untuk menggunakan motor matik berbodi 'bongsor'. Waktu di 2015 dan 2016 aksesoris V-ixion benar-benar mendominasi, tapi untuk saat ini bisa dibilang paling banyak yang dimodifikasi itu motor Yamaha Nmax,” ujar Giman saat beramah tamah di acara Touring Merdeka ke-2 Journalist Max Community (JMC) yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/8/2020). 

Akhir tahun 2019 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan generasi kedua Nmax dengan tampilan semakin stylish dilengkapi berbagai fitur baru yang menunjang gaya berkendara pemiliknya sehari-hari.

Dari segi tongkrongan, desain Nmax baru boleh dibilang sangat menarik, lebih fresh dari model generasi pertamanya. Tak perlu di modifikasi atau pasang aksesoris pun, motor matik ini akan menarik perhatian orang.

Tapi menurut Giman tidak demikian. Kehadiran generasi terbaru Nmax justru semakin menambah minat pemilik motor untuk menambahkan aksesoris. Bahkan dari pengakuannya, sudah banyak orang yang menanyakan soal aksesoris untuk Yamaha Nmax baru ini.    

“Jenis aksesoris Nmax baru yang banyak ditanyakan konsumen itu adalah windshield, kalau ini (windshield) itu sudah pasti ya. Aksesoris lampunya juga sudah lumayan banyak, mulai dari lampu belakang sampai lampu sein banyak yang sudah tanya-tanya kapan keluar. Kemarin kita juga sudah perlihatkan sedikit bentuk desainnya seperti apa,” sebutnya.

Penjualan aksesoris untuk Nmax selama tiga tahun ini memang paling banyak disumbangkan oleh dua jenis aksesoris tersebut, lampu dan windshield

Belakangan GMA Product Series memang lebih banyak menghadirkan produk aksesoris khusus untuk Nmax mulai dari merek JPA untuk aksesoris lampu hingga Nemo untuk bagian body plastik.

“Kalau develop lampu kami terus terang adalah desain dari orang Indonesia. Malahan sekarang saya sudah ada partner yang membantu untuk urusan ini (desain produk). Tapi untuk produksinya masih di China, meskipun ada juga beberapa produk seperti windshield itu sudah buatan Indonesia. Di sini kita puya base produksi, bahkan aksesoris karbon juga sudah ada beberapa yang kita bikin di sini.”

Pemilik Motor Nmax Cenderung Suka Modifikasi dan Pasang Aksesoris

Disinggung soal mengapa GMA lebih banyak menjual aksesoris untuk merek motor Yamaha dibandingkan dengan merek motor lainnya, Giman punya alasan tersendiri. 

“Kalau ditanya alasan kenapa jenis aksesoris yang saya jual paling banyak untuk Yamaha, karena memang dari peminatnya sendiri paling banyak juga Yamaha. Kita pernah coba buat beberapa aksesoris untuk Honda seperti ADV150 dan PCX, tapi itu kita jualannya susah sekali, beda dengan Nmax. Bahkan untuk model Honda PCX kita sudah bikin banyak, tapi ujung-ujungnya kita rugi karena di pasar sepi peminat,” kenang Giman.

Dari situ ia berkesimpulan bahwa karakter pemilik motor Yamaha, khususnya Nmax, cenderung lebih terbuka dalam mengeksplorasi motor kesayangannya dibandingkan dengan pemilik motor merek lainnya.

"Rata-rata pemilik Nmax ingin lebih personal dan tampil beda dibandingkan motor Nmax lainnya. Ini alasannya mengapa banyak para pemilik motor Yamaha yang suka memodifikasi motornya,” pungkas Giman.