Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaKeren, APAR di Mobil Suzuki Bisa Atasi 3 Jenis Kebakaran Ini

    Keren, APAR di Mobil Suzuki Bisa Atasi 3 Jenis Kebakaran Ini

    News.OLX.co.id – Ada yang baru dari semua mobil Suzuki yang diproduksi di tahun ini. Mulai Januari 2021 semua model mobil Suzuki, jenis mobil penumpang maupun niaga ringan sudah dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

    “Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” terang Head of 4W Product Development PT SIS, Yulius Purwanto dalam siaran pers, Senin (25/1/2021). 

    Inisiasi ini sebagai langkah dan upaya dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam mengurangi risiko kerugian lebih besar jika terjadi kebakaran di dalam mobil, sekaligus sebagai upaya perusahaan mendukung pemerintah, dalam hal ini Dirjen Perhubungan Darat, untuk memastikan faktor keamanan di dalam kendaraan.

    Disampaikan oleh Suzuki Indonesia, bahwa perangkat APAR yang mereka selipkan ke dalam produksi terbaru sudah mengantongi sertifikat SNI.

    Berbahan dry chemical powder, material APAR berfungsi menutup permukaan kebakaran atau api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa padam lebih cepat. 

    Keunggulan dari material APAR tersebut selain memadamkan api lebih cepat, juga tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan pada mobil yang terbakar. 

    Suzuki kemudian menyebut bahwa model APAR yang ada di seluruh mobil Suzuki produksi 2021 bisa mengatasi tiga tipe kebakaran : 

    • Kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu
    • Kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amoniak, dan solar
    • Kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil. 

    Alat pemadam api ini juga punya masa berlaku atau expired hingga 8 tahun jika tidak pernah dibuka atau digunakan. 

    “Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Suzuki. Kami harap dengan memfasilitasi APAR pada setiap unit mobil Suzuki, dapat menambah rasa aman dan nyaman ketika konsumen berkendara. Dengan adanya tambahan fitur keamanan ini konsumen sudah tidak perlu lagi membayar biaya APAR karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan,” tutup Yulius.

    Sementara bagi pemilik mobil Suzuki tahun pembuatan 2020 kebawah, APAR ini juga bisa dibeli secara terpisah di seluruh dealer resmi Suzuki di Indonesia. 

    Yang pasti, APAR ini memiliki letak yang berbeda-beda untuk setiap model, namun tidak akan mengganggu kenyamanan penumpang.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait