Copied to clipboard!
Asuransi Astra saat PSBB

Layanan ERA dari Asuransi Astra (Foto: Asuransi Astra)



BERITA

Proses Klaim Asuransi Astra Bisa Kapan Saja, Perbaikannya Tunggu PSBB Berakhir

Author : Zainal Abidin

27 Apr 2020


Asuransi menjadi salah satu industri yang dikecualikan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Artinya aktivitas layanan di bidang asuransi masih bisa bergerak tanpa harus takut terkena sanksi aturan PSBB.

Asuransi Astra yang merupakan salah satu pemain besar dalam industri ini mengaku masih memberikan layanan kepada para pemegang polis Asuransi Astra, termasuk Garda Oto untuk asuransi kendaraan.

“Kami full masih buka, kantor cabang masih tetap buka dan tetap melayani proses pelaporan klaim. Bahkan Garda Center yang ada di mall juga masih beroperasi selama mall-nya masih buka. Artinya kita tetap ready walaupun tim Asuransi Astra sudah WFH. Layanan kita masih 24 jam, mau telepon kapan pun masih kita terima,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication Event & Service Management Asuransi Astra saat ngobrol santai lewat jalur Zoom beberapa waktu lalu bersama OLX

Hanya saja menurutnya, layanan klaim hanya sebatas laporan dulu. Untuk proses perbaikannya harus nunggu sampai masa PSBB berakhir.

“Sekarang untuk laporan saja. Karena problemnya bengkel-bengkel rekanan kita juga kan kena PSBB. Jadi kami mohon maaf karena harus menunggu dulu untuk proses perbaikan,” lanjutnya.

Intinya saat ini, klaim tetap bisa dilakukan kapan pun, cuma  untuk proses survei tim Asuransi Astra harus mendatangi lokasi, dan ini bukan persoalan yang mudah di tengah aturan pembatasan.

“Makanya kalau mau klaim tahan dulu, kita benerin setelah virus Corona atau pandemi berlalu. Apalagi sekarang juga masih banyak antrian mobil di bengkel rekanan menunggu waktu untuk proses perbaikan akibat bencana banjir awal tahun ini.”

Iwan pun sekaligus menghimbau kepada para pemilik kendaraan atau pemegang polis agar lebih bijaksana. Tidak perlu kemana-mana bila tidak ada sebuah kepentingan yang sifatnya sangat darurat.

“Kalau ada kepentingan coba ditahan dulu. Soalnya pemerintah sendiri juga menganjurkan tidak boleh kemana-mana dengan aturan PSBB. Kalau tidak  perlu banget ya tidak usah keluar,” pungkasnya.

Diakui bahwa sampai pada minggu kedua April kemarin masih banyak orang yang datang ke kantor cabang layanan Asuransi Astra guna melakukan klaim. Namun pihak Asuransi Astra tetap melakukan standar operasional pencegahan COVID-19 seperti mencuci tangan, petugas harus menggunakan masker dan di dalam ruangan tidak boleh banyak orang. (Z)