Copied to clipboard!
Launching The All New Audi A6

The All New Audi A6 (Foto : Shutterstock)



MOBIL BARU

Audi A6 Generasi Kedelapan Masuk Indonesia, Para 'Sultan' Bisa Tebus Seharga Rp 1,9 M

Author : Zainal Abidin

22 Sep 2020


Audi baru saja memperkenalkan generasi kedelapan Audi A6 di Indonesia. Model sedan full-size lansiran Jerman tampil makin elegan dengan mengusung berbagai inovasi baru di dalamnya.

“The All-New Audi A6 menyuguhkan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan oleh rival di kelasnya. Keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya, desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini seakan menawarkan kemewahan kelas bisnis di atas empat roda,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia. 

Hadir dengan kenyamanan layaknya kabin pesawat kelas bisnis, The All-New Audi A6 hadir dalam dua varian, 2.0 TFSI dan 3.0 TFSI quattro. 

Seperti disinggung Andrew Nasuri, Audi A6 terbaru menghadirkan Multi Media Interface (MMI) digital dengan sistem touch response yang sangat intuitif di Audi A6 generasi terbaru. 

Cukup dengan cara drag-and-drop seperti halnya biasa dilakukan di ponsel pintar, proses personalisasi yang lebih luas dan pintar semakin mudah dilakukan. 

Sistem MMI ini bisa diakses lewat dua layar tampilan multifungsi, bagian atas berukuran 10,1 inci untuk akses entertainment dan navigasi, sementara di bagian bawah ada layar berukuran 8,6 inci. 

Fungsi MMI All-New Audi A6 juga termasuk layar Audi virtual cockpit berukuran 12,3 inci sebagai panel instrumen ada di balik lingkar kemudinya.

Dua pilihan mesin yang ditawarkan juga semuanya menggunakan sistem mild hybrid sebagai opsi standar untuk menyuguhkan kenyamanan serta efisiensi berkendara.

Teknologi mesin tersebut mengandalkan Belt Alternator Starter (BAS) yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion berkapasitas 10 Ah. Memungkinkan kemampuan jelajah Audi A6 tanpa mesin di kecepatan antara 55 hingga 160 km/jam. 

Mild hybrid ini diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 liter per 100 km.

Mesin V6 3.0 liter TFSI berbahan bakar bensin pada varian Audi A6 3.0 TFSI quattro menyuguhkan tenaga puncak hingga 340 HP dan torsi maksimal 500 Nm. 

Tenaga ini kemudian disalurkan ke sistem penggerak empat roda quattro khas Audi melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.

Akselerasi dari diam ke kecepatan 100 km/jam bisa diraih hanya dalam 5,1 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 km/jam. 

Sementara untuk Audi A6 2.0 TFSI, mesin yang digunakan adalah mesin 4-silinder segaris 2,0 liter berbahan bakar bensin dengan tenaga puncak mencapai 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm. 

Sama dengan varian mesin V6 3.0 liter, tenaganya akan disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic dengan akselerasi 0 – 100 km/jam dicapai dalam 7,9 detik.

Ruang kabin menyuguhkan atmosfer yang menenangkan dan juga sungguh nyaman, apalagi jika diajak berjalan jauh. Dimensi lapang serta dukungan fitur yang menunjang kenyamanan serta tingkat kebisingan yang minimal, mobil ini cukup layak dimiliki oleh para 'sultan' yang terbiasa bepergian dengan pesawat kelas bisnis.

Dimensi yang lebih panjang dibanding generasi sebelumnya semakin ditegaskan melalui kapasitas bagasi dengan total 530 liter, mengakomodasi kebutuhan para bos-bos dalam melanggengkan hobi mahal bermain golf untuk mengangkut dua tas golf berukuran besar secara horizontal.

Satu lagi yang benar-benar menjadi keunggulan tak terbantahkan dari Audi A6 generasi kedelapan ini adalah kemampuan suspensi mendukung manuver di jalan. 

Menggunakan suspensi five-link di depan dan di belakang yang berbahan aluminium, menjadikan kedua subframe ini lebih rigid di bagian depan, dan di bagian belakang tetap terasa empuk berkat dudukan hidrolik yang menghubungkan roda dengan bodi. 

Melaju di tengah kota atau jalur luar kota, kenyamanannya tetap terjaga. Bahkan peningkatan sudut kemudi serta peredam baru memberikan feedback lebih baik bagi siapa pun yang berada di balik kemudinya.

PT GMM memasarkan The All-New Audi A6 dengan enam pilihan warna eksterior yang dapat dipilih oleh konsumen, yaitu Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue.

Harganya dipatok di nominal Rp 1,950 miliar (on the road Jakarta) untuk model Audi A6 3.0 TFSI quattro dan Rp 1,490 miliar untuk Audi A6 2.0 TFSI. Harga yang cukup wah namun setara dengan kenyamanan yang ditawarkannya.

Apalagi dalam pelayanannya, PT GMM sudah membekali setiap unit Audi A6 baru yang terjual dengan garansi pabrik selama 3 tahun atau 90.000 km serta bebas dari biaya perawatan selama 3 tahun atau 100.000 km, dengan syarat dan ketentuan  berlaku. Termasuk gratis suku cadang yang rusak dan biaya perbaikannya.

Kalau seperti ini, 'sultan' mana yang tidak akan kepincut untuk membawanya ke dalam garasi istananya?