OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Banyak Dapat PPnBM, Ribuan Mobil Toyota Laris Diborong di IIMS Hybrid 2021



Banyak Dapat PPnBM, Ribuan Mobil Toyota Laris Diborong di IIMS Hybrid 2021

27 Apr 2021

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 telah berakhir. Meski masih pandemic dan sempat diragukan banyak orang, namun pameran otomotif yang berlangsung selama 11 hari atau 15-25 April 2021 nyatanya tetap mampu menarik sejumlah konsumen.

Hal ini juga dirasakan merek mobil Toyota, yang ternyata mampu membukukan total surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.012 unit,  dimana pemesanan secara offline mencapai 58 persen dan sisanya secara online 42 persen.

Menurut President Director PT Toyota Astra Motor Susumu Matsuda dengan digelarnya IIMS Hybrid yang menggabungkan konsep offline dan online, diharapkan tidak hanya melayani kebutuhan mobilitas masyarakat, namun juga ikut membantu roda perekonomian Indonesia dari sisi industri otomotif dan value chain.

“Kami bersyukur di tengah kondisi yang challenging seperti saat ini, partisipasi Toyota di IIMS 2021 dapat berjalan dengan baik. Partisipasi di IIMS kali ini dilakukan dengan pendekatan secara hybrid,” ungkap Matsuda dalam keterangan resmi.

Toyota di IIMS Hybrid 2021
Booth Toyota di IIMS Hybrid 2021

Gelaran IIMS Hybrid 2021 ini juga memang sangat bertepatan dengan adanya kebijakan pemerintah yang membebaskan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil selama tiga bulan, yakni pada Maret hingga Mei 2021.

Adapun mobil yang mendapat pembebasan pajak ini salah satu syaratnya adalah jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri paling sedikit 70 persen, baik untuk mobil bermesin 1.5 liter dan 2.5 liter.

Nah, kebetulan Toyota jadi merek mobil yang banyak memenuhi syarat tersebut. Alhasil, sejumlah mobil Toyota menjadi rebutan dan banyak dipesan konsumen.

Beberapa mobil Toyota yang menjadi banyak di pesan selama 15-25 April 2021 lalu diantaranya Kijang Innova berhasil menjadi kontributor utama dengan catatan SPK sebesar 25,4 persen, kemudian Avanza mencapai 22,6 persen, Rush sebesar 14,7 persen, dan Fortuner sebesar 13 persen.

Serta sisanya berasal dari berbagai model dari semua segmen baik sedan, hatchback, MPV, SUV, maupun commercial vehicle.

Oia, dalam ajang IIMS Hybrid 2021, Toyota  menyiapkan tiga line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+Pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV seperti C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV, serta Toyota Prius.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga