Copied to clipboard!
Detroit Auto Show 2020

Detroit Auto Show 2020 dibatalkan dan lokasinya menjadi rumah sakit penanganan COVID-19 (Foto: Google)



BERITA

Batal Berlangsung, Lokasi Pameran Detroit Auto Show 2020 Jadi Rumah Sakit Pasien Corona

Author : Zainal Abidin

30 Mar 2020


Lagi, pameran otomotif dengan skala besar dan punya nama cukup mentereng akhirnya dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Setelah Jenewa Motor Show dan New York Auto Show, sekarang giliran Detroit Auto Show 2020 atau North America International Auto Show (NAIAS) juga batal digelar.

Bahkan venue pameran, TFC Center dijadikan rumah sakit dadakan untuk menangani pasien Corona oleh Federal Emergency Management Administratio (FEMA) dengan kapasitas 900 tempat tidur untuk merawat pasien.

Tindakan serupa juga ditempuh oleh Gubernur New York Andrew Cuomo yang menjadikan Jacob K. Javits Center, tempat penyelenggaraan New York Auto Show sebagai rumah sakit sementara dan sudah siap dipakai berkat bantuan FEMA dan Garda Nasional.

“Meskipun kami kecewa, namun tidak ada yang lebih penting bagi kami selain kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan warga Detroit dan Michigan, dan kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk mendukung perjuangan komunitas kami menentang wabah virus Corona,” kata Rod Alberts, Executive Director NAIAS dalam keterangan tertulis yang dilansir dari CNBC, Minggu (28/3/2020).

Pameran ini sendiri rencananya akan berlangsung pada Juni 2020 mendatang. Namun dengan kondisi semakin meluasnya pandemi di wilayah Amerika, maka dengan terpaksa harus batal.

Michigan menjadi salah satu pusat utama di AS untuk kasus COVID-19. Dari laporan pemerintah setempat, dilaporkan ada 4.650 kasus terjangkit dengan angka kematian mencapai 111 kasus. 

Memang pembatalan ini disesali banyak pihak mengingat Detroit Auto Show merupakan tempat meluncurnya kendaraan-kendaraan terbaru sekaligus moment penting bagi pabrikan otomotif Detroit dalam menghadirkan model-model penting.

Pihak Ford Motor dalam sebuah pernyataannya mendukung sepenuhnya kebijakan ini. “Sepenuhnya kami mendukung mendukung pembatalan pameran ini. Kesehatan dan keselamatan warga dan mereka yang bekerja di seluruh industri adalah prioritas utama. Kami berharap pameran ini akan kembali pada tahun 2021."

Sementara seorang juru bicara Fiat Chrysler menyebut sangat memahami dan mendukung keputusan tersebut di tengah kondisi yang sangat sulit seperti sekarang. Namun pihak General Motors enggan memberikan komentar lebih. (Z)