BERITA

Beda Perawatan Mobil Hybrid dan Mobil Konvensional

09 Oct 2019

Pertanyaan paling sering terlontar saat membahas mobil elektrik adalah soal perawatannya. Banyak yang berasumsi perlakuan terhadap mobil elektrik ataupun hybrid sangat ribet.

Namun hal tersebut dibantah langsung  Deputy Division Head PT Toyota Astra Motor Andri Widianto. Kata dia, perawatan mobil hybrid maupun plug in hybrid tidak jauh beda dengan yang konvensional. 

“Jadi nggak perlu takut ataupun khawatir," jelas Andri saat ditemui di acara Electrified Vehicle Journalist Test Drive yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bengkel Auto2000 Banyuwangi Fauzan. Bahkan untuk s servis berkala juga tergolong sama saja antara mobil hybrid dan mobil konvensional.

“Baik dari urusan lama waktu sampai biayanya," ucap Fauzan.

Kata Fauzan, kendaraan hybrid juga sama-sama dilakukan pengecekan pada sektor mesin, sasis dan sistem kelistrikan. Namun yang membedakan hanya pengecekan pada bagian saringan udara dengan  sistem pendinginan baterai.

Untuk komponen di atas, penggantian dilakukan ketika jarak tempuh mencapai 40.000 km dan wajib diperiksa dan dibersihkan setiap enam bulan sekali.

 "Kalau harus ganti, harganya juga cukup murah, hanya Rp 60 ribu," pungkas Fauzan.

Layanan Servis Hybrid

Seorang mekanik melakukan pengecekan pada mobil Toyota C-HR Hybrid. (Z)

Anggapan pelayanan mobil hybrid hanya ada di Jakarta atau kota besar ternyata ditepis Auto2000.  Sejak hadir 2015 lalu, authorized dealer Toyota juga menawarkan produk-produk hybrid, termasuk model Toyota C-HR Hybrid.

"Makanya di tempat kami juga tersedia layanan servis berkala untuk mobil hybrid," jelas Bayu Dwi Nugroho, Kepala Cabang Auto2000 Banyuwangi.

Bayu berharap, dengan semakin lengkap line up hybrid Toyota, maka hal itu sejalan dengan semakin lengkap pula layanan perawatan berkala, khusus mobil hybrid di Auto2000 Banyuwangi.

“Masyarakat Banyuwangi sudah tidak perlu ragu dan khawatir lagi untuk memiliki mobil dengan teknologi yang ramah lingkungan,” tutupnya. (Z)