Copied to clipboard!
Aplikasi Y-Connect

Pemilik Yamaha All New Nmax 155 mengaktifkan aplikasi Y-Connect (Foto : Yamaha)



MOTOR

Begini Cara Mudah Aktifkan Aplikasi Y-Connect Yamaha Nmax Baru

Author : Zainal Abidin

21 Jul 2020


Motor yang satu ini memang boleh dibilang fenomenal, sejak kehadiran generasi pertamanya, sampai di generasi terbaru yang meluncur akhir 2019 lalu, Yamaha Nmax terus menarik minat konsumen untuk memilikinya.

Populasinya pun semakin banyak dan mudah ditemui di jalan-jalan. Ini merupakan parameter jelas bagaimana lakunya Yamaha Nmax.

Apalagi skuter premium ini sekarang dibekali Y-Connect, aplikasi yang memungkinkan smartphone pemilik motor terhubung langsung dengan unit Yamaha All New Nmax 155 Connected varian ABS melalui Communication Control Unit (CCU). 

Ini merupakan teknologi pertama di motor buatan Indonesia yang bisa membantu pemilik motor dalam mendapatkan informasi seputar kondisi sepeda motor dan data berkendara.

Beragam layanan fitur pada aplikasi Y-Connect juga memberikan pengalaman yang mendukung kehidupan sehari-hari para pemiliknya. 

Buat pemilik Yamaha All New Nmax 155 Connected varian ABS yang masih bingung bagaimana cara mengkoneksikan smartphone dan motor kesayangannya, berikut cara mudah untuk melakukannya : 

Download dan login aplikasi Y-Connect di platform Android maupun iOS melalui Play Store dan App Store. 

  • Scan QR Code pada Quick Start Y-Connect dan download aplikasi Y-Connect.
  • Install aplikasi Y-Connect di smartphone.
  • Buka aplikasi Y-Connect dan login dengan menggunakan alamat email. 

Mengkoneksikan smartphone dengan perangkat CCU di unit motor dengan koneksi bluetooth. Terdapat tiga cara yang bisa dipilih yaitu :

  • Scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor yang berada dekat dengan aki dan lakukan koneksinya
  • Scan barcode nomor rangka unit motor (pada motor baru biasanya barcode menempel pada plastik jok) dan lakukan koneksinya
  • Masukan nomor rangka unit motor secara manual dan lakukan koneksinya

Hidupkan unit motor dengan memutar main switch (knob) ke posisi “ON”, lalu perangkat CCU akan mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID anda.

Setelah itu, Smartphone-ID akan terkoneksi di perangkat CCU dan keduanya akan saling terhubung. Ditandai dengan munculnya indikator Y-Connect App dan baterai smartphone pada tampilan layar Multifunction-Meter di unit motor.

Untuk informasi lebih lanjut terkait aplikasi tersebut silahkan kunjungi website resmi Yamaha Indonesia di https://www.yamaha-motor.co.id/yamahamobileapps/

Pengalaman Mengesankan Memanfaatkan Fitur Y-Connect

Hadirnya teknologi Y-Connect di motor Yamaha All New Nmax 155 Connected varian ABS memberikan nilai lebih untuk pengalaman berkendara bagi setiap pemiliknya.

Keunggulan motor yang berhasil meraih gelar Bike of The Year 2020 ini sudah dirasakan langsung oleh salah satu pemiliknya, Agung Nugroho yang sekaligus anggota komunitas Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI). 

“Waktu itu tanpa sadar saya sempat terpisah dari rombongan touring. Nah, untungnya handphone sudah terkoneksi dengan Y-Connect jadi tahu pas ada notif telepon masuk di dashboard speedometer. Saya langsung minggir berhenti untuk angkat telpon, dan ternyata itu teman saya. Dia minta saya untuk pelan menunggu rombongan yang dibelakang,” jelas pria yang berprofesi sebagai pegawai swasta tersebut.

Agung juga mengatakan dengan aplikasi Y-Connect dirinya bisa memantau konsumsi bahan bakar selama perjalanan touring.

“Satu fitur lain yang menurut saya oke itu adalah fuel consumption. Jadi, pas touring bisa dipantau terus tuh konsumsi bahan bakarnya seperti apa. Kalo mau main irit pun kita punya patokan (ukuran) dengan melihat di aplikasi, jadi tinggal menyesuaikan gaya ridingnya (cara berkendara) aja,” pungkasnya.

Beberapa fitur lain yang juga berguna pada All New Yamaha Nmax 155 Connected adalah fitur fungsional lainnya seperti informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi baterai dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna.