Copied to clipboard!

Ilustrasi Yamaha OX2020



BERITA

Begini Jadinya Kalau Yamaha Punya Supercar

Author : Herdi Muhardi

30 Jun 2020


Yamaha, memang dikenal sebagai perusahaan otomotif khususnya roda dua. Selain itu, Yamaha juga punya brand khusus untuk alat musik, seperti piano hingga gitar.

Namun OLXer harus tau, kalau perusahaan dengan logo garputala itu pernah tercetus ide untuk membuat sebuah mobil sport untuk masal yang disebut OX99-11 V12.

Ya, hal ini bukan karena ide Yamaha membuat mobil super muncul bukan datang secara tiba-tiba, tetapi di era 90-an, Yamaha memang menjadi salah satu pemasok mesin untuk mobil di ajang balap Formula 1. Saat itu Yamaha menjadi pemasok mesin untuk tim Zakspeed

Modal sebagai pembuat mesin mobil balap inilah menjadikan Yamaha percaya diri dan ingin menggarap mobil super yang akhirnya muncul sebuah prototipe bernama OX99-11.

Saat itu, mobil berteknologi mesin Formula 1 dengan OX99-11 dibenamkan mesin V12, berkapasitas 3,5 liter yang menghasilkan power 400 hp pada 10.000 rpm dan dikawinkan dengan gearbox manual 6-percepatan.

Mobil ini juga disebut sudah dibuat dengan tata letak kemudi ganda. Namun sayang, Yamaha yang bekerja sama dengan konsultan teknik bahasa Inggris IAD, hingga detik ini mobil tersebut tak pernah masuk tahap produksi.

Akan tetapi kini, seperti dilansir Carscoops, Selasa (30/6/2020), Yamaha dikabarkan akan kembali merancang mobil impiannya bersama sang desainernya dulu Gaspare Conticell untuk membuat OX-2020.

Sama seperti OX99-11 yang terdahulu, OX-2020 desainnya akan dibuat mirip, dimana bumper depan berfungsi sebagai sayap di ujung depan, dan menghasilkan downforce yang ban depan ke permukaan jalan.

Bagian kokpit juga cukup ramping, dimana mobil ini memiliki dua tempat sama seperti OX99-11 V12. Sementara bagian belakang dengan ventilasi pendingin yang tipis pada penutup mesin dan barisan lampu belakang

Tidak disebutkan kapan mobil ini benar-benar hadir. Kendati demikian, mobil yang saat ini sudah beredar teasernya diharapkan bisa segera mengaspal.