OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Review /  Begini Rasanya Mengemudi Toyota Raize, Mobil Rp 200 Jutaan Fitur Rp 500 Jutaan



Begini Rasanya Mengemudi Toyota Raize, Mobil Rp 200 Jutaan Fitur Rp 500 Jutaan

11 May 2021

Ilustrasi tiga mobil Toyota Raize dilakukan pengujian keliling Jakarta. (Toyota)

Toyota Raize, mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) namun bentuknya lebih mungil ini menjadi produk terbaru yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor di Indonesia.

Sejatinya mobil ini sudah terlebih dahulu meluncur di Jepang, tepatnya di ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Nah, di Indonesia sendiri Toyota Raize meluncur pada 30 April 2021 bersamaan dengan kembarannya Daihatsu Rocky.

Hanya untuk artikel kali ini, kita tidak hanya membahas Daihatsu Rocky, melainkan Toyota Raize saja. Sebab, Raize sendiri baru saja dilakukan pengetesan di seputar jalanan Jakarta hingga Alam Sutera, Tangerang. Untuk detail perbedaan masing-masing tipe Toyota Raize, spesifikasi, performa, fitur hingga harga, berikut ulasannya. 

Perbedaan Tipe Toyota Raize

Toyota Raize
Toyota Raize. (Toyota)

Sebelum mengetahui bagaimana rasa menjadi penumpang maupun pengemudi di balik lingkar kemudi Toyota Raize, setidaknya OLXer perlu juga tahu lebih detail sosok mobil yang satu ini. Termasuk perbedaan masing-masing dari tipe Toyota Raize.

Ya, saat peluncuran, Toyota mengumumkan bahwa Toyota Raize untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua jenis tipe G dan GR Sport namun secara total ada empat pilihan varian, yaitu 1.0 Turbo G MT, kemudian 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

Lantas apa yang membedakan keempat varian tersebut?

Jika dilihat secara detail, untuk bagian eksterior memang sangat mirip, bahkan dimensinya saja masih sama, yaitu mengusung Panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, dan ground clearance 200 mm.

Akan tetapi, pada bagian luar ini yang membedakan tipe G tidak dilengkapi Daytime Running Light (DRL) dan lampu sein LED seperti pada tipe GR Sport. Selain itu, bagian velg  berukuran 17 inci dibalut ban 205/60 pada tipe GR Sport, bagian velgnya dilebur dengan warna hitam, sedangkan tipe G berwarna silver.

Masuk ke dalam interior, perbedaan Toyota Raize tipe G dan tipe GR Sport sangat terasa, dimana untuk jok tipe G dibalut

justru terlihat sangat signifikan di ruang kabin. Sebab untuk tipe GR Sport, joknya sudah dibalut  material kombinasi fabric dan kulit dengan warna gelap, termasuk lingkar kemudi sehingga terkesan mewah dan sporty.

Sesuai dengan nama GR atau divisi Gazoo Racing, tipe ini memiliki sejumlah kelengkapan dari tipe G, seperti halnya Auto AC, Auto Headlamp, serta kesan sporty bisa terlihat dari keberadaaan paddle shift sehingga memberikan sensasi agresif, serta memiliki Power Mode Switch dan juga GR Sport Emblem.

Perbedaan lain antara Raize tipe G dan GR Sport, yaitu untuk tipe GR Sport paling tinggi dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS), dengan adanya bagian ini, maka fitur keselamatan GR Sporty lebih lengkap karena sudah dijejali enam titik kantong udara, Pre-collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist with Steering Assist. Lanjut Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert, juga Blind Spot Monitoring

Sebagai tambahan ada juga tambahan fitur Auto Adaptive Headlight, yang membuat sorotan lampu utama menyesuaikan tingkat pancaran cahayanya sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Sementara Raize tipe G sendiri hanya dilengkapi dua airbags yang ada pada pengemudi dan penumpang depan. Serta fitur-fitur standarnya berupa Anti Lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm and Immobilizer, Rear Parking Sensor, dan Rear Camera.

Harga Toyota Raize

Menjadi sebuah keberuntungan bagi konsumen di Tanah Air karena compact SUV baru dengan fitur segudang dari Toyota ini meski baru diluncurkan, tapi sudah bisa mendapatkan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang sudah berjalan sejak awal Maret lalu.

Dengan demikian harga jual Toyota Raize mendapat potongan sehingga harga jualnya saat ini menjadi lebih murah jika dibandingkan harga normalnya.

Berikut adalah banderol Toyota Raize yang dibagi dua kategori, harga normal dan harga setelah mendapat insentif PPnBM:

Tipe Toyota Raize

Harga Normal

Harga Insentif PPnBM

1.0 Turbo G

Rp 236,8 Juta

Rp 219,9 Juta

1.0 Turbo G CVT

Rp 251,1 Juta

Rp 233,1 Juta

1.0 Turbo GR Sport CVT

Rp 263,2 Juta

Rp 244,7 Juta

1.0 Turbo GR Sport TSS CVT

Rp 283,8 Juta

Rp 263,7 Juta

Perlu dicatata, harga untuk potongan PPnBM sebesar 100 persen ini berlaku hingga Mei 2021, sebab untuk Juni-Agustus insentif PPnBM menjadi 50 persen, kemudian September-Desember berubah lagi PPnBM menjadi 25 persen. 

Review Eksterior dan Interior Toyota Raize 

Toyota Raize
Tampilan Toyota Raize. (Toyota)

Keberadaan Toyota Raize ini bisa menjadi angin segar bagi konsumen, khususnya mereka yang sudah bosan dengan model mobil begitu-begitu saja, sehingga terasa monoton.

Nah, keberadaan Toyota Raize ini cukup berbeda. Meski SUV, namun untuk mobil yang satu ini lebih mungil. Lihat saja secara dimensi panjangnya hanya 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, jarak pijak depan 1.475 mm, jarak pijak belakang 1.470 mm, dan jarak terendah 200 mm.

Oia, dimensi Toyota Raize untuk Indonesia ini sudah disesuaikan jika dibandingkan di Jepang. Seperti bagian body depan dan belakang lebih Panjang jika dibandingkan versi Jepang atau Malaysia.

Eksterior

Namun begitu, dari sisi eksterior cukup menawan dan terkesan mewah. Semua lampu sudah menggunakan teknologi LED bahkan varian GR Sport sudah dipasang DRL. Alhasil, sistem penerangan akan sangat membantu ketika mengemudi di malam hari.

Ketika lampu sein depan menyala, mengadopsi model sequential sehingga terasa lebih modern.

Tidak hanya itu, desain velg berukuran 17 inch dengan palang seperti kipas berkelir hitam dibalut dengan ban berukuran 205/60 juga cukup terlihat sporty dan keren. Belum lagi, Toyota menghadirkan velg dan ban cadangan dengan ukuran sama.

Interior

Toyota Raize kabin
Tampilan kabin Toyota Raize. (Toyota)

Masuk ke dalam kabin, mobil yang dikembangkan dengan menggunakan platform Toyota New Global Architecture ini dibalut dengan warna hitam. Sedangkan tipe yang paling tinggi sudah dikombinasikan paduan silver sehingga itu menjadi pembedanya.

Bagian jok baris depan sudah mengusung model semi bucket, sehingga terasa dipeluk dan terkesan sporty. Hal ini dipercaya dapat mempertahankan posisi badan saat bermanuver.

Secara keseluruhan duduk di kursi Raize ini cukup empuk. Namun begitu, keempukan ini tidak diterapkan pada dashboard. Namun begitu, hal ini tidak mengurangi kesan keren dari mobil tersebut.

Bagian tengah dashboard Toyota Raize sudah dilengkapi layar sentuh berukuran 9 inci dengan model floating, yang dilengkapi fitur Radio, USB, Bluetooth, konektivitas smartphone, termasuk adanya fitur M-Toyota.

Desain AC yang berbentuk trapesium juga sudah diatur dengan model digital, kemudian pengaturan suhu kabin. Untuk menyalakan mobil ini cukup menekan tombol start-stop engine. Ya, mobil ini sudah dilengkapi teknologi smart entry.

Dibalik lingkar kemudi Raize ini cukup ramai, karena stir dilengkapi dengan kontrol audio, perintah suara, pengoperasian multi information display TFT di panel instrumen berlayar 7 inci. Termasuk keberadaan tombol untuk cruise control dan track radio untuk memutar lagu termasuk volume.

Untuk tipe Raize GR Sport sudah dijejali paddle shift untuk mengoperasikan perpindahan transmisi CVT 5 percepatan hanya dengan sentuhan tangan. 

Keunggulan Toyota Raize

Salah satu yang membuat Toyota Raize ini bisa menjadi pertimbangan OLXer untuk memilikinya di garasi, tak lain karena fiturnya cukup lengkap untuk sebuah mobil seharga Rp 200 jutaan.

Seperti disebutkan di atas, Toyota Raize tipe paling tinggi dari GRS Sport sudah dilengkapi teknologi TSS, yang fokus pada fitur keselamatan berupa enam airbag, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.

Nah, berikut ini beberapa penjelasan soal fitur keselamatan di atas.

Airbag, sejatinya Raize tipe RS Sport memiliki enam airbag atau kantung udara. Namun untuk tipe G hanya ada dua saja. Jelas, keberadaan airbag ini akan sangat berguna mengurangi terjadinya benturan pada pengemudi atau penumpang apabila terjadi kecelakaan.

Lane Departure Assist, fitur mengandalkan sensor kamera, dimana sistemnya membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Selanjutnya memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Pedal Misoperation Control, fitur ini akan mencegah tabrakan depan ketika pengemudi tidak sengaja atau mendadak menginjak pedal gas. Fitur ini akan memberikan peringatan suara, mengontrol rem secara otomatis, dan mereduksi keluaran tenaga mesin.

Pre-collision System, fitur ini bekerja dibantu sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil di depan. Nah, apabila sistem melihat kemungkinan terjadi tabrakan, maka fitur ini akan memperingatkan pengemudi sehingga memiliki kesempatan untuk menghindar, serta melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Front Departure Alert, fitur ini sangat berguna saat mobil berhenti di lampu lalu lintas atau di tengah kemacetan. Ya, fungsi fitur ini akan sangat berguna jika pengemudi tidak menyadari apabila mobil di depan sudah melaju, alhasil system akan memberikan peringatan.

Rear Cross Traffic Alert, fitur ini mampu membantu pengemudi mengenai informasi tentang kondisi sekitar mobil khususnya pada bagian belakang.

Blind Spot Monitoring, berfungsi membantu penglihatan pengemudi untuk melihat sisi mobil yang tidak mampu dijangkau mata. Dengan adanya fitur ini maka pada kaca spion akan muncul icon berwarna kuning sebagai tanda ada objek lain baik sepeda motor maupun mobil.

Adaptive Cruise Control, membantu pengemudi tanpa harus menginjak pedal gas. Selain itu, sistem ini dapat mendeteksi jarak aman dengan mobil di depan, sehingga mencegah terjadi tabrakan.

Perlu dicatat, pengemudi juga tetap harus memegang kendali penuh atas mobil, selalu memegang setir, dan memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Selain itu, mobil ini juga sudah dijejali Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution(EBD), Vehicle Stability Control (VSC), serta Hill Start Assist (HSA).

Performa

Toyota Raize
Jeroan mesin Toyota Raize 

Saat berada di balik kemudi, kesan pertama pada Toyota Raize ini memang cukup membuat penasaran. Maklum, mobil ini hanya mengusung mesin 1.0 liter, tapi sudah dibenamkan turbo.

Lantas bagaimana performa Toyota Raize ketika diajak?

Saat mobil dipacu di jalanan padat kota Jakarta, mobil ini memang terasa lincah. Karena radius putar mencapai 5 meter, mobil ini jadi terasa mudah untuk melakukan manuver. Termasuk handling terasa ringan saat lingkar kemudi mencoba diputar.

Oia, karena teknologi TSS disematkan pada mobil ini, maka kita jadi lebih waspada. Sebut saja Lane Departure Assist memberikan peringatan ketika mobil keluar jalur. Demikian juga dengan Blind Spot Monitoring langsung aktif jika ada mobil atau sepeda motor yang hendak akan menyalip.

Tidak hanya itu, fitur Pre-collision System juga sempat beroperasi lantaran ada sepeda motor yang tiba-tiba menyalip saat kondisi jalanan padat. Ya, mobil seketika melakukan pengereman mendadak.

Di luar kelebihan teknologi TSS, performa mobil ini sangat mumpuni. Apalagi Ketika mobil sempat melewati jalur parkiran mall di Kawasan Kuningan yang disebut ‘Tanjakan 13’.

 Ya, lokasi ini memang kerap digunakan para pesepeda yang ingin mengetahui seberapa kuat menggenjot di jalur tanjakan yang jika ditarik lurus panjangnya mencapai satu kilometer.

Nah, di Tanjakan 13 ini kami sempat melakukan pengujian seberapa penting fitur Vehicle Stability Control (VSC). Ternyata , fitur ini memang sangat berguna untuk mencegah over steering atau under steering dan Hill Start Assist yang mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.

Setelah menguji di jalur tanjakan, kali ini pengujian Toyota Raize dilakukan melalui jalan tol. Sejatinya, ketika pedal gas diinjak, memang mobil ini cukup responsif dan akselerasinya cukup mumpuni.

Usut punya usut, performa mesin Raize ini tak lepas dari kombinasi mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.0 liter ditambah turbo mampu menghasilkan 96,6 tenaga kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Hanya saja, ada beberapa hal yang masih terasa kurang dari mobil ini yaitu suara dari luar kabin masih terasa mengganggu.

Untuk lebih detail apa saja fiturnya lihat tabel di bawah ini:

 

Dimensi 

Panjang / Overall Length

4.030 mm

Lebar / Overall Width 

1.710 mm

Tinggi / Overall Height

1.635 mm

Jarak Sumbu / Wheelbase

2.525 mm

Jarak Pijak Depan / Front Wheel Tread

1.475 mm

Jarak Pijak Belakang / Rear Wheel Tread 

1.470 mm

Jarak Terendah / High Ground Clearance (mm)

200 mm

Mesin

Tipe Mesin / Engine Type

1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

Diameter x Langkah / Bore x Stroke

71.0 x 83.9

Isi Silinder / Displacement

998

Compression Ratio

9,5 : 1

Daya Maks. / Max. Power (ps/rpm)

98 / 6000

Torsi Maks. / Max. Torque (kgm/rpm)

14.3 / 2400 - 4000

Kapasitas Tangki / Fuel Tank Capacity

36

Jenis Bahan Bakar / Fuel Type

Gasoline

Sistem Bahan Bakar / Fuel System

Sistem Injeksi Elektronik / Electronic Fuel Injection (EFI)

Tipe Mesin / Engine Type

1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i

Diameter x Langkah / Bore x Stroke

71.0 x 83.10

Isi Silinder / Displacement

999

Compression Ratio

9,5 : 2

Daya Maks. / Max. Power (ps/rpm)

99 / 6000

Chassis

Transmisi / Transmission

CVT

Suspensi Depan / Front Suspension

MacPherson Strut

Suspensi Belakang / Rear Suspension

Torsion - Beam

Sistem Rem Depan / Front Brake System

15' Ventilated Disc Brake

Sistem Rem Belakang / Rear Brake System

Leading - Trailing Drum Brake

Steering Gear

Rack & Pinion, Electric Power Steering

Ukuran Ban / Tire Size

205/60R17 (Black)

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Anti-lock Braking System

With

Vehicle Stability Control

WIth

Hill Start Assist

With

Seatbelt Warning

D + P + RR3

Alarm + Immobilizer

With

Rear Parking Sensor

With (2 Points)

Rear Parking Camera

With

Airbag

D + P + S + C

Pre Collision System

With

Adaptive Cruise Control

With

Front Departure Alert

With

Lane Departure Assist

With

Peda Missoperation Control

With

Rear Crossing Traffic Alert

With

Blind Sport Monitoring

With

*Spesifikasi di atas adalah untuk Toyota Raize varian tertinggi, 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga