Copied to clipboard!
Mobil Listrik Toyota

Rangkaian kendaraan BEV Toyota (Foto : Toyota Astra)



BERITA

Begini Strategi Toyota Untuk Semakin Mempopulerkan Mobil Listrik di Indonesia

Author : Zainal Abidin

18 Nov 2020


Sukses membangun pasar kendaraan elektrifikasi dengan meniagakan Toyota Prius berteknologi hybrid di 2009, kemudian kini menawarkan 8 model kendaraan elektrifikasi mulai dari jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) maupun Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) kepada konsumen di Indonesia, Toyota sekarang sudah siap memperluas pasar mobil elektrifikasi dengan model Battery Electric Vehicle (BEV).

Cukup lama memang penantian masyarakat akan hadirnya model elektrifikasi paling canggih ini. Toyota butuh waktu untuk melakukan study dalam menentukan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat dan tren yang berkembang. 

Dengan dorongan dari pemerintah saat ini untuk percepatan teknologi mobil listrik, sekarang menjadi waktu yang tepat bagi Toyota Indonesia untuk menghadirkan kendaraan elektrifikasi jenis BEV.

“Sejalan dengan keinginan positif pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi kendaraan elektrifikasi dan juga infrastruktur yang mulai di bangun, Toyota juga melangkah lebih maju lagi dimana kami akan menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap. Setelah sebelumnya kami menghadirkan HEV dan PHEV, selanjutnya adalah melengkapinya dengan teknologi BEV,”  kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, Rabu (18/11/2020).

Masyarakat nantinya punya lebih banyak dalam pilihan kendaraan elektrifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas masing-masing.  

Strategi selanjutnya yang akan dilakukan oleh Toyota Indonesia adalah terus mempopulerkan model BEV di Indonesia agar bisa menciptakan demand

Berbagai langkah ditempuh, salah satunya dengan memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat agar semakin terbiasa dan kenal dengan teknologi ini.

Saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah menjalin kerjasama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali.

Melalui kerjasama ini, Toyota menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis yang ingin mencoba menggunakan kendaraan BEV di Bali. Ini sekaligus mendukung bergairahnya kembali pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan yang saat ini tengah lesu akibat pandemi COVID-19. 

Strategi berbeda diterapkan Toyota untuk mempopulerkan kendaraan teknologi PHEV. Di bulan Maret 2020 lalu, Toyota menggandeng perusahaan taksi untuk penyediaan armada taksi jenis PHEV dalam jumlah banyak sehingga semakin banyak lagi orang yang dapat merasakan pengalaman dengan kendaraan elektrifikasi.

“Dengan berbagai pendekatan yang berbeda dan dengan tujuan untuk makin melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi, kami percaya setiap lapisan masyarakat punya kesempatan merasakan langsung dan menggunakan kendaraan elektrifikasi secara optimal, baik dengan cara memiliki, pengalaman dengan kendaraan umum, maupun mencobanya di Ecotourism yang saat ini sedang kami siapkan di Bali,” pungkas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.