Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaBegini Wujud Ban Untuk Menjelajah ke Bulan

    Begini Wujud Ban Untuk Menjelajah ke Bulan

    Sebuah ban tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang Bridgestone Tyres. Hanya saja, ban ini bukan berbahan karet seperti yang digunakan mobil, sepeda motor, bus atau truk.

    Lantas ban seperti yang dibuat Bridgestone?

    Ya, ban yang dibuat Bridgestone sangat khusus karena dibuat dari baja yang dikepang secara bersamaan mirip kaki hewan unta. Tentu saja ban ini bukan untuk di jalan raya, tetapi untuk misi ke bulan.

    “Ini biomimikri. Pola ini membantu ban mengangkut beban tanpa menembus pasir terlalu dalam,” ungkap Bridgestone America’s chief technology officer, Nizar Trigui. Demikan dilansir Popular Mechanics.

    Karena itu, Bridgestone tidak sendiri mengembangkannya, tetapi bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

    Ban yang sempat dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show beberapa waktu lalu itu dibuat tidaklah mudah. Sebab, ban khusus ini harus mampu menghadapi regolit bulan, mulai dari debu, batu dan puing-puing lainnya pada permukaan bulan.

    Dengan begitu, para peneliti dan insinyur yang terlibat proyek ini berharap bahwa teknologi yang dikembangkan mampu menjelajahi bulan dengan aman.

    Saat ini, ban khusus perjalanan ke bulan masih dilakukan uji coba dengan cara di tes di jalan bebatuan seperti batu lava yang hancur dan pecahan kaca. Tentu saja pengujian ini dilakukan untuk mencari tau kekurangannya sebelum diluncurkan.

    Seperti diketahui, selain Bridgestone dan JAXA, kerjasama ini melibatkan Toyota. Rencananya, pada 2029 nanti mereka akan mendirikan pangkalan di bulan.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait