Copied to clipboard!
Biaya Belajar Menyetir

Belajar nyetir (Ilustrasi) (Foto: Google)



TIPS

Belajar Nyetir di Jakarta, Ini Daftar Paketnya

Author : Zainal Abidin

08 Mar 2020


Ada orang yang mahir menyetir berkat diajarkan keluarga atau bahkan belajar secara otodidak. Tapi tidak sedikit orang yang memilih ambil kursus mobil agar cepat mahir.

Tapi untuk mencari lembaga kursus menyetir yang baik di Jakarta memang bukan perkara mudah. Biaya kursusnya pun beragam, tergantung dari durasi kursus dan materi pelajaran yang diambil.

Kalau OLXers mau mencari info kursus mengemudi di Jakarta beserta paket yang ditawarkan, yuk baca ulasannya:

Hal yang Dipelajari dalam Kursus Mobil

Menyetir bukanlah aktivitas yang mudah. Dibutuhkan keterampilan, insting dalam navigasi, ketepatan perhitungan, hingga kewaspadaan yang tinggi.

Itulah alasannya mengapa pihak kepolisian mewajibkan seseorang untuk mengikuti serangkaian tes sebelum bisa dapat SIM. Selain itu, diperlukan juga usia minimal sehingga diperbolehkan mengikuti tes tersebut.

Nah, sebelum ikut tes, tentunya kamu perlu mahir dulu menyetir. Kamu pun perlu paham mengenai bagian-bagian mobil serta rambu-rambu di jalan.

Hal-hal inilah yang nanti kamu akan dapatkan saat mengambil kursus mobil. Lebih lengkapnya ini dia hal yang akan kamu pelajari:

1. Mengenali Bagian Mobil yang Penting

Biarpun terdengar simpel dan klise, umumnya pada pertemuan pertama, kamu akan diperkenalkan dengan beberapa bagian mobil. Ini dilakukan agar kamu lebih memahami letak dan fungsi dari fitur-fitur yang ada pada kendaraan.

Pengenalan tersebut biasanya dimulai dari kabin seperti sabuk pengaman, berbagai pedal yang akan diinjak, kopling, dan persneling. Berbagai lampu indikator dan jarum penunjuk-penunjuk pada dashboard pun tak ketinggalan.

2. Praktik Mengendarai Mobil di Jalan Raya

Setelah memahami teori dan juga bagian-bagian mobil, kamu pun akan langsung praktik menyetir di jalan raya. Tidak perlu khawatir, karena setiap kursus mobil bersifat privat sehingga mentor akan selalu hadir untuk mendampingi.

Pada saat praktik ini, kamu akan diminta belajar memindahkan tuas gigi, baik manual maupun matic. Bagi yang belajar mobil manual, diperlukan kemahiran untuk menyeimbangkan antara kopling, rem, dan gas sehingga perlu waktu cukup lama bagi beberapa orang.

Umumnya, praktik menyetir ini akan berlangsung dua hingga tiga sesi. Ini dilakukan agar kamu lebih lancar dan percaya diri memacu mobil baik maju, mundur, hingga parkir lurus maupun paralel.

3. Belajar Trik di Medan Menanjak

Setelah mampu berkendara mobil dengan lancar, kamu pun akan diajarkan menghadapi medan menanjak dan menurun. Kamu pun akan diberitahu trik berkendara saat melaju kencang di tol dan berkendara di jalan licin.

Biaya Kursus Mobil di Jakarta

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya kursus mobil di Jakarta akan berbeda-beda. Hal ini tergantung pada paket yang kamu pilih, jam belajar, hingga daerah tempatmu tinggal.

Salah satu tempat kursus menyetir di Jakarta Pusat berada di Jalan H. Uung Kemayoran. Harga kursus mobil di Jakarta Pusat ini mulai dari Rp497.000 untuk kelas berdurasi 4 jam. Sementara untuk kelas 6 jam, harganya mencapai Rp597.000.

Sementara itu, ada juga salah satu tempat kursus yang terletak di Sarinah dan punya cabang di Fatmawati, Pluit, Kelapa Gading, Grogol, dan Gunung Sahari. Mereka mematok harga mulai dari Rp775.000 untuk latihan mobil manual. Sementara untuk matic lebih mahal Rp100.000.

Harga Kursus Mobil Jakarta Selatan

Beralih ke tempat kursus mobil di Jakarta Selatan. Kamu bisa menemukan salah satu tempat yang cukup tersohor di Lenteng Agung dan memiliki cabang di Pasar Minggu, Cilandak, hingga Cibubur.

Tempat kursus mengendarai mobil ini mematok paket kursusnya mulai dari Rp490.000 untuk 6 jam. Sementara itu untuk paket 8 jam seharga Rp660.000 dan paket 10 jam dipatok Rp800.000.

Tidak ada perbedaan harga kursus untuk mobil jenis manual maupun matic. Harga tersebut di atas berlaku untuk hari Senin-Jumat. Sementara untuk Sabtu-Minggu dikenai biaya tambahan Rp100.000.

Harga Kursus Mobil Jakarta Timur

Beralih ke tempat kursus mobil di Jakarta Timur. Ada satu tempat kursus terkenal yang tergabung dalam Persatuan Sekolah Mengemudi Kendaraan Bermotor di Jakarta (PSMKB). Nampaknya, tempat ini bisa dijadikan opsi yang menarik nih untuk warga Jakarta Timur.

Lembaga kursus satu ini punya beragam opsi pilihan kursus baik untuk kendaraan manual maupun matic. Mereka pun memberikan pilihan durasi kursus sebanyak 7, 8, 9, hingga 10 kali pertemuan. Harga untuk weekday dan weekend di tempat ini pun berbeda. Berikut detailnya:

Kursus Menyetir Mobil Manual Weekday:

  • 7x: Rp690.000.
  • 8x: Rp740.000.
  • 9x: Rp780.000.
  • 10x: Rp 810.000.

Kursus Menyetir Mobil Matic Weekday:

  • 7x: Rp795.000.
  • 8x: Rp860.000.
  • 9x: Rp915.000.
  • 10x: Rp960.000.

Kursus Menyetir Mobil Manual Weekend:

  • 7x: Rp795.000.
  • 8x: Rp860.000.
  • 9x: Rp915.000.
  • 10x: Rp960.000.

Kursus Menyetir Mobil Matic Weekend:

  • 7x: Rp905.000.
  • 8x: Rp980.000.
  • 9x: Rp1.050.000.
  • 10x: Rp1.110.000.

Nah, jadi terbayang sudah, ya, berapa harga kursus mobil di Jakarta? Semoga ulasan dari kami bermanfaat dan bisa dijadikan referensi! (OLX)