Copied to clipboard!

Mini Cooper S 1.6L 2008 Automatic Matic di Surabaya dijual Rp 348 jutaan. (OLX.co.id)



MOBIL BEKAS

Berapa Harga MINI Bekas Rakitan di Atas Tahun 2000?

Author : Herdi Muhardi

27 Oct 2020


MINI, jadi merek mobil asal Inggris yang sangat legendaris dan lumayan cukup banyak peminatnya di Tanah Air. Meski bentuknya kecil, MINI tidak bisa disamakan dengan city car rakitan merk mobil Jepang, apalagi Low Cost Green Car (LCGC).

Ya, teknologi dan fitur yang dibenamkan pada mobil-mobil MINI sangat maksimal. Walau dari luar terlihat simple, namun kabin mobil MINI sangat rumit, karena banyak tombol-tombol yang dapat mengaktifkan fitur-fitur pada mobil tersebut.

Di pasar otomotif nasional, mobil MINI dipasarkan melalui BMW Indonesia sejak 2011, yang terdiri dari Convertible atau Cabrio, Clubman, Countryman, dan John Cooper Works, serta 3 door dan 5 door.

Kendati dimensi mobil-mobil ini tergolong kecil, OLXer jangan harap harganya murah meriah seperti LCGC. Sebaliknya, jika dilansir dari situs resmi MINI Indonesia harga termurah mobil ini yaitu sekitar Rp 735 juta untuk tipe MINI Countryman Cooper.

Akan tetapi, jika harga termurah MINI seperti disebutkan di atas, itu artinya kita bisa beli lima unit mobil LCGC yang harganya sekitar Rp 150 jutaan.

Lalu bagaimana harga mobil MINI dengan status bekas, apakah sudah terjangkau?

Terjangkau atau tidak, tentunya tergantung pendapat masing konsumen dalam mengartikan. Akan tetapi, seperti di situs jual beli OLX.co.id, mobil MINI berstatus bekas jumlahnya cukup banyak. Mereka masih menunggu pemilik baru membelinya.

Adapun menyoal harga, mobil-mobil MINI bekas dengan lansiran 2000-2010 dibanderol antara Rp 275-350 jutaan. Sedangkan untuk tahun produksi 2011-2015 harganya bisa Rp 370 – 600 jutaan.

Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil MINI bekas jangan heran meski satu model, varian dan tahun produksinya sama, namun harganya berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari mobil bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

Untuk lebih detail soal model MINI bekas lainnya bisa klik di sini.