OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Review /  Berapa Panjang Kijang Innova, Termasuk Konsumsi BBM dan Harga Bekasnya?



Berapa Panjang Kijang Innova, Termasuk Konsumsi BBM dan Harga Bekasnya?

12 Oct 2021

Ilustrasi konsumen sedang mencari informasi soal Toyota Kijang Innova. (Auto2000)

Toyota Kijang Innova, salah satu mobil keluarga yang cukup laris tak hanya di Indonesia dan tapi juga di sejumlah negara di dunia. Ya, mobil yang diproduksi pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini memang sudah masuk pasar global karena sudah di ekspor ke kawasan ASEAN, Timur Tengah hingga Amerika.

Toyota Kijang Innova sendiri memang masih satu keluarga dengan Toyota Kijang yang dikenal sebagai mobil legendaris sejak 1977. Namun, pada tahun 2004, karena masuk pasar ekspor, maka agar lebih go international maka disebut juga Toyota Innova.

Nama Innova sendiri diambil dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yaitu Innovation yang artinya adalah Inovasi. Hal ini pula membuat Toyota Kijang Innova kerap menghadirkan berbagai inovasi dalam hal penyamatan teknologi dan fiturnya.

Nah, jika OLXer ingin membeli Toyota Kijang Innova, maka perhatikan beberapa hal berikut

Jadi Mobil Keluarga

Toyota Kijang Innova disebut juga mobil keluarga. Ini karena mobil tersebut memiliki kabin lega, sehingga mampu menampung tujuh sampai delapan orang penumpang.

Ya, mobil Kijang Innova memang desain untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan budaya masyarakat Indonesia, yang doyan bepergian bersama keluarga atau kerabat dan teman.

Belum lagi jika membawa anak-anak, di baris ketiga pun tidak akan terasa sempit seperti model mobil Low MPV. Bahkan jika membawa barang, baris ketiga bisa dilipat sehingga menjadi bagasi. Maka dari itu, mereka menginginkan sebuah mobil yang lega dan luas.

Dimensi Toyota Kijang Innova

Nah, OLXer yang ingin punya Toyota Kijang Innova baru atau bekas, sebaiknya jangan sampai lupa untuk membuat garasi nya terlebih dahulu.

Ya, ini karena panjang Innova beda dengan mobil-mobil kecil seperti mode citycar atau model low MPV layaknya Avanza. Oleh karena itu, jika ingin membeli Kijang Innova sebaiknya ketahui dulu berapa dimensinya.

Berdasarkan data dari situs Toyota, dimensi Kijang Innova panjang mencapai 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Oia Kijang Innova juga memiliki poros roda atau wheelbase mencapai 2.750 mm, jarak pijaknya mencapai 1.540 mm.

Nah, jika melihat ukuran Toyota Kijang Innova seperti di atas, sebaiknya ketika hendak membuat garasi panjang dan lebarnya harus lebih besar.

Contoh, panjang garasi menjadi 5.500-5.600 mm, dan lebar garasi jadi 2.600-2.700 mm. Ukuran ini perlu diberikan tambahan panjang dan lebar agar akses ketika memasuki mobil jadi lebih mudah. Belum lagi jika membawa barang.

Oia, jangan sampai ketika sudah membeli mobil Toyota Kijang Innova, OLXer justru tidak mempersiapkan keberadaan garasi. Sebaliknya justru menyimpannya di jalan depan rumah. Maka hal itu biasanya akan menimbulkan konflik dengan tetangga, atau pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya mempersiapkan garasi atau menyewa lahan untuk parkir.

Varian Toyota Kijang Innova

Satu hal yang perlu OLXer ketahui ketika membeli Toyota Kijang Innova, yaitu berdasarkan situs Toyota, mobil yang satu ini memiliki pilihan mesin bensin (Gasoline) berkapasi 2.0 liter dan diesel 2.4 liter. Selain itu, Toyota Kijang Innova ini hadir dengan pilihan varian G dan V.

Akan tetapi, masing-masing varian  ini hadir dengan pilihan lagi, seperti Gasoline dan Gasoline Luxury. Belum sampai disitu, untuk pilihan mesin bensin maupun diesel, dilengkapi pilihan transmisi manual dan matik. Contonya:

Tipe G terdiri dari :

- G Gasoline MT

- G Gasoline AT

- G Gasoline Luxury MT

- G Gasoline Luxury AT

- G Diesel MT

- G Diesel AT

Tipe V terdiri dari :

- V Gasoline MT

- V Gasoline AT

- V Gasoline Luxury MT

- V Gasoline Luxury AT

- V Diesel MT

- V Diesel AT

Jika benar OLXer ingin mencari Kijang Innova maka perhatikan pula varian-varian yang disebutkan di atas. Sebab, masing-masing varian berbeda fitur yang dibenamkan.

Performa Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova
Toyotra Kijang Innova

Meski Toyota Kijang Innova hadir dengan banyak varian, namun untuk jenis mesinnya hanya tersedia dua pilihan mesin bensin 2.0 liter dan desel 2.4 liter.

Untuk mesin bensin 2.0 liter dijejali konfigurasi mesin 1TR-FE, 16 katup, DOHC, Dual VVT-I, 4 silinder yang disebut mampu menghasilkan daya hingga 137 Tenaga kuda pada 5.600 rpm dan torsi 183.4 Nm pada 4.000 rpm

Sedangkan untuk Kijang Innova mesin diesel 2.4 liter, dibenamkan konfigurasi 2GD FTV, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VNT Intercooler, yang dapat menyemburkan 146 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 359,9 Nm pada 1.200-2.600 rpm

Performa Toyota Kijang Innova ini juga ditunjang dengan kenyamanan suspensi depan menggunakan Double wishbone dengan pegas koil dan Stabilizer dan belakang 4-Link dengan pegas koil dan Lateral Road.

Konsumsi BBM Innova

Toyota Kijang Innova cukup cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Maka tak heran kalau mobil keluarga ini kapasitas tangkinya besar, yaitu mencapai 55 liter.

Lantas berapakah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Kijang Innova?

Seperti dilansir Auto2000, konsumsi BBM Innova pada umumnya bisa menghabiskan BBM sekitar 8-10 km per liter untuk mesin bensin. Sedangkan untuk mesin diesel banyak yang menyebutkan menghabiskan BBM hingga 11 km per liter.

Namun begitu, untuk urusan konsumsi BBM boros atau tidak, sejatinya bisa disebab dari beberapa faktor, termasuk bisa karena kemampuan si pengemudi. Oleh karenanya, jika ingin mendapatkan keiritan dalam hal konsumsi bahan bakar, maka ketahui Teknik eco driving dalam berkendara.

Selain menjadikan berkendara dengan lebih irit bahan bakar, teknik ini sekaligus berperan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya, serta memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan karena bisa mengurangi sumbangan gas CO2.

Manfaat dari eco driving ini memang bisa diwujudkan dengan menguasai tiga aspek, penguasaan skill mengemudi, defensive driving, serta safety driving yang mengutamakan teknik mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Harga Baru Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang Innova

Mungkin mayoritas masyarakat di Indonesia dan dunia, memimpikan mobil yang dimiliki merupakan model baru. Termasuk ketika ingin membeli Toyota Kijang Innova.

Nah, seperti disebutkan di atas, Kijang Innova hadir dengan beberapa varian berbeda. Artinya, varian ini bisa dibedakan dari fitur-fitur dan teknologi yang dibenamkan, serta harganya.

Jika bicara harga Toyota Kijang Innova baru per Oktober 2021, berikut daftar dari termurah sampai termahal.

- 2.0 G Gasoline MT Rp 321,1 juta

- 2.0 G Gasoline Luxury AT Rp 326,9 juta

- 2.0 G Gasoline AT N339,5 juta

- 2.0 G Gasoline Luxury AT Rp 345,3 juta

- 2.0 V Gasoline MT Rp 366,7 juta

- 2.0 V Gasoline Luxury MT Rp 372,5 juta

- 2.0 V Gasoline AT RP 384,7 juta

- 2.0 V Gasoline Luxury AT Rp 390,5 juta

- 2.4 G Diesel MT Rp 349,8 juta

- 2.4 G Diesel AT Rp 369,3 juta

- 2.4 V Diesel MT Rp 399 juta

- 2.4 V Diesel AT Rp 417,2 juta.

Harga Bekas Toyota Kijang Innova

Berdasarkan platform jual beli mobil bekas OLX.co.id, maka harga awal Toyota Kijang Innova lansiran 2004-2008 sekitar Rp 65 juta sampai Rp 190 jutaan. Ya, untuk mobil di atas 10 tahun, harga Kijang Innova masih bertahan, bahkan masih ada yang dijual di atas Rp 150 jutaan.

Untuk Kijang Innova generasi selanjutnya yang hadir sekitar 2008-2013, dimana desain gril diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal, termasuk ubahan pada desain lampu utama dan belakang, serta lekukan bumper modern, harga bekasnya bisa sekitar Rp 95 juta sampai Rp 245 juta.

Nah, pada tahun 2013-2016, semua varian Toyota Kijang Innova sudah dilengkapi dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pretensioner, dan force limiter untuk harga bekasnya mulai dari Rp 110 juta sampai Rp 346 juta.

Sedangkan saat ini, era 2016-2020 harga bekas Toyota Kijang Innova bekas dibanderol mulai dari Rp 196 juta sampai Rp 435 juta.

Untuk Toyota Kijang Innova bekas, perlu dicatat, apabila OLXer memang berniat membeli dengan status seken jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari Toyota Kijang Innova bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil Kijang Innova bekas yang OLXer idamkan terasa ada masalah atau tidak.

Apabila OLXer ingin menjual atau mencari Toyota Kijang Innova bekas bisa melakukannya di .

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga