Copied to clipboard!
Layanan Home Service Suzuki

Layanan Home Service Suzuki bisa diakses pelanggan selama masa pandemi COVID-19



BERITA

Berencana Stop Produksi Selama 2 Minggu, Suzuki Tetap Fokus Beri Pelayanan

Author : Zainal Abidin

03 Apr 2020


Usai Daihatsu yang memberlakukan hanya satu shift di fasilitas produksinya, kemudian Honda mengumumkan stop produksi selama dua minggu, kini giliran Suzuki juga mengambil kebijakan yang sama, untuk menutup fasilitas produksinya sementara.

Beda dengan Honda yang sudah berjalan hingga 13 April 2020 mendatang, Suzuki baru akan menerapkan kebijakan tersebut pada 13 April hingga 24 April 2020 nanti.

Langkah ini guna mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi COVID-19 di Indonesia dengan cara menghindari kontak fisik agar penyebaran virus tidak semakin melebar. 

Pabrik Suzuki yang ditutup sementara berada di tiga lokasi berbeda, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

“Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” kata Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan resmi yang diterima OLX, Kamis (2/4/2020). 

Lebih jauh Itayama menyebut bahwa seluruh karyawan yang dirumahkan tetap menerima upah normal, sesuai ketentuan yang berlaku. 

Meski berencana untuk menghentikan proses produksinya, namun fokus Suzuki kepada pelanggan tetap menjadi nomor satu dengan menjalankan layanan purna jual secara normal.

“Kondisi seperti ini justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan after sales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” tegas Itayama.

Pelanggan yang berada #dirumahaja bisa mengakses layanan Suzuki melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. Tinggal minta layanan Home Service, Suzuki akan jemput bola ke lokasi pelanggan dan melakukan service rutin. Sebaliknya, bila kendaraan pelanggan memang terpaksa harus dibawa ke bengkel resmi Suzuki, tinggal manfaatkan layanan Pick Up Service.

Layanan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) pun tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan diler tetap buka seperti biasa. Tentunya semua layanan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar langkah pencegahan COVID-19 seperti pemeriksaan suhu tubuh serta penggunaan hand sanitizer dan masker.

Suzuki Kurangi Produksi Sejak 30 Maret 2020

Sebelum penutupan pabrik tanggal 13 April 2020 nanti, saat ini Suzuki memberlakukan sistem kerja satu shift di ketiga fasilitas produksinya itu.

Pabrik mesin dan transmisi di Cakung serta perakitan motor di Tambun I sudah mengurangi produksinya dengan menjalankan satu shift per hari. 

Volume produksi pabrik Ertiga, mesin dan transmisi di Cikarang, telah dikurangi menjadi satu shift per 30 Maret kemarin. Sementara pabrik Carry, APV, dan Karimun Wagon R di Tambun II mulai beralih ke satu shift produksi per hari pada 6 April 2020 mendatang. (Z)