Copied to clipboard!
5 Mobil Populer Era 90-an

5 Mobil Paling Populer di Era 90-an (Foto : OLX)



MOBIL BEKAS

Berjaya di Era 90-an, 5 Mobil Ini Sekarang Jadi Incaran Pecinta Mobil Bekas

Author : Zainal Abidin

06 Jun 2020


Generasi 90-an cukup dimanjakan dengan kehadiran mobil-mobil mewah lansiran berbagai merek-merek top di Tanah Air. Dari sekian banyak model yang hadir, OLX memilih 5 model mobil yang kami anggap paling populer serta menjadi mobil impian banyak orang pada saat itu.

Meskipun bukan yang terpopuler di jamannya, namun kelima model ini cukup merefleksikan status sosial pemiliknya di era tersebut.

OLX

Bahkan sekarang 5 model ini menjadi incaran para penikmat mobil bekas di Tanah Air. Berikut 5 mobil pilihan yang pernah berjaya di era 90-an dan kini jadi buruan banyak orang :  

1. Mercedes-Benz W124

Siapa yang tidak kenal dengan merek mobil mewah asal Jerman ini? Mercedes-Benz memang merupakan kendaraan pilihan sekaligus menjadi simbol status orang-orang berada dari dulu sampai sekarang.

Di era 90-an, Mercedes-Benz W124 begitu populer di Indonesia sejak tahun 1986 hingga tahun 1996. Masa hidup panjang menjadikan model ini punya populasi yang sangat banyak dengan berbagai varian, namun yang paling banyak beredar adalah 230E dan 300E. 

Sebagian penggemar otomotif mengenal mobil mewah pada zamannya ini dengan sebutan Mercy Boxer karena bentuk khas yang mengotak.

2. Mitsubishi Lancer 

Menjadi model yang tangguh di arena rally membuat mobil sedan merek Mitsubishi Motors ini sangat populer di Tanah Air di era 90-an. 

Meski hadir pertama kali di Indonesia pada 1981, namun baru pada era 90-an lah nama Mitsubishi Lancer jadi sangat populer sejak masuknya Lancer Le-Dan Gan di tahun 1992. 

Kemudian tahun 1997, Mitsubishi Lancer hadir dengan 2 varian, GLXi dan SEi dengan berbekal mesin yang sama pada kedua varian tersebut, yakni mesin berkapasitas 1600cc ECI Multi 16 Valve. 

3. BMW E30

Generasi 90-an tidak mungkin lupa dengan film Catatan Si Boy yang menjadi box office untuk level film nasional. Film yang menggambarkan kehidupan seorang anak muda tampan dengan latar belakang keluarga kaya ini menjadikan BMW E30 sebagai mobil kesayangannya,.

Inilah sedan paling sukses dari BMW yang diproduksi sejak 1982 hingga 1994. Penjualannya di seluruh dunia sukses menembus angka 2,3 juta unit.

Kesuksesan film Catatan Si Boy juga ikut mengatrol popularitas BMW E30 di Indonesia. Anak muda yang punya mobil ini seolah merasa dirinya seperti Boy yang sukses diperankan oleh aktor Onky Alexander.

BMW E30 diproduksi dalam berbagai macam bentuk bodi. Lahir pertama kali dengan bentuk sedan dua pintu (coupe), selang setahun kemudian BMW memperkenalkan versi sedan empat pintu. Menyusul versi convertible yang diperkenalkan pada tahun 1985 dan estate (Touring) diperkenalkan pada tahun 1987.

4. Honda Civic Estilo

Nah, bicara model mobil yang satu ini memang sampai sekarang tidak pernah ada habisnya. Pasalnya mobil ini memang termasuk model favorit di kalangan anak muda era 90-an.

Bahkan dibanding dengan saudara-saudaranya di model Honda Civic, sebut saja Ferio maupun Nova, Estilo paling banyak dicari orang. Bahkan sampai sekarang harga pasaran bekasnya juga masih sangat tinggi.

Jika ditelusuri di situs jual-beli OLX, harga pasaran mobil lansiran 1992-1995 ini masih berkisar di atas Rp 100 juta-an. 

Keunggulan dari model Honda Civic Estilo adalah tenaga mesin yang cukup besar, serta bentuk aerodinamikanya yang sangat baik. Tidak heran mobil ini selalu jadi pilihan para pembalap di kejuaraan drag race maupun rally.

Selain itu mobil ini juga mudah dimodifikasi mengikuti tren kekinian. So, tidak salah jika Estilo menjadi mobil favorit di era 90-an.

5. Toyota Great Corolla

Mobil legenda era 90-an terakhir pilihan OLX adalah Toyota Great Corolla. Hadir pertama kali di 1992 sebagai generasi ketujuh, model populer ini menggantikan Toyota Twin Cam yang resmi disuntik mati pada 1991. 

Great Corolla hadir dalam dua varian, tipe SE bermesin 1300 cc SOHC 12 katup berkode mesin 2E, serta SE-G dengan mesin 1600 cc DOHC 16 katup menggendong kode mesin 4AFE. 

Corolla generasi ketujuh ini punya tampilan bodi membulat dan elegan dengan sejumlah fitur terbilang cukup lengkap, seperti power window dan spion otomatis pada tipe SE-G.

Masa kejayaan Toyota Great Corolla bertahan cukup lama sebelum akhirnya diganti dengan generasi kesembilan, Corolla Altis. 

Tapi hingga sekarang Great Corolla masih jadi buruan para penggemar mobil-mobil bekas karena desain eksteriornya tidak ketinggalan zaman. 

Itulah 5 mobil pilihan OLX yang pernah berjaya di era 90-an dan cukup mencuri perhatian pecinta otomotif Tanah Air. Kelima model tersebut masih bisa didapatkan lewat situs OLX.co.id dengan harga cukup bervariasi serta kondisi yang masih layak pakai. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OLX Auto | OFFICIAL (@olx.auto) on