OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Produk /  Berjuang di Tahun yang Sulit, V-KOOL Andalkan Penjualan Online



Berjuang di Tahun yang Sulit, V-KOOL Andalkan Penjualan Online

22 Dec 2020

25 Tahun V-KOOL di Indonesia

V-KOOL merayakan 25 tahun kehadirannya di Indonesia sebagai kaca film terkemuka di industri otomotif (Foto : Shutterstock)

Tepat pada 29 April 2020 lalu, V-KOOL Indonesia merayakan ulang tahun perak, 25 tahun kehadirannya di Indonesia sebagai sebuah brand kaca film terbaik lewat PT V-KOOL Indo Lestari. 25 tahun perusahaan ini juga berhasil menjadi distributor kaca film terkemuka di Tanah Air dengan berbagai pencapaian luar biasa. 

Berawal di tahun 1995, V-KOOL hadir menawarkan jenis kaca film bening, di tengah tren kaca film berwarna gelap yang sedang digandrungi oleh para pemilik mobil saat itu. 

“Saat pertama kali kita hadir, orang langsung menyebut brand V-KOOL sebagai kaca film ajaib. Meskipun menawarkan kaca film yang transparan tapi kemampuannya menolak panas mencapai 74 persen. Sejak saat itulah awareness V-KOOL langsung mencuat dan diminati orang,” kenang Linda Widjaja, Vice President PT V-KOOL Indo Lestari, distributor kaca film V-KOOL di Indonesia di acara media gathering, Selasa (22/12/2020).

Perlahan tapi pasti, brand kaca film ini menjadi nomor satu di Indonesia dengan berbagai tawaran jenis kaca film yang terbaik di kelasnya. 

“Berkat teknologi yang unggul serta kerja keras dan inovasi tiada henti, kami akhirnya menjadi merek kaca film terbaik sampai saat ini. Pencapaian 25 tahun ini merupakan proses yang panjang serta hasil kerja keras dan dukungan dari banyak pihak,” lanjut Linda Widjaja.

Memasuki tahun 2020 yang penuh dengan tantangan akibat masa pandemi berkepanjangan, PT V-KOOL Indo Lestari terus bertahan dengan berbagai strategi jitu yang mereka kerahkan untuk terus mempertahankan komitmennya. 

Yang pertama dengan melengkapi jajaran kaca filmnya dengan produk premium terbaru, yakni V-KOOL Limited Edition, jenis kaca film termahal dengan banderol hingga Rp 12 juta namun menawarkan performa terbaik berupa kemampuan menolak panas paling tinggi, serta Total Solar Energy Heat Rejection (TSER) sebesar 74 persen.

“Istimewanya karena jenis kaca film ini hanya tersedia 999 paket saja, sehingga sangat eksklusif. Konsumen yang melakukan pembelian V- KOOL Liited Edition langsung mendapatkan kartu garansi spesial 'limited edition privilege card' bernomor seri sesuai dengan produk yang dikeluarkan, serta crystal emblem stiker ‘I'm V-KOOL’ dalam kemasan yang sangat eksklusif,” promosi Linda. 

Strategi berikutnya adalah dengan memperkuat lini penjualan lewat platform e-commerce dimana V-KOOL merangkul dua e-commerce terkemuka di Indonesia untuk menjual berbagai produk kaca film-nya.

“Kami telah membangun official store sejak tiga tahun lalu, sehingga, ketika intensitas konsumen secara offline berkurang, kami sudah siap dengan penjualan online dan layanan home service,” tambah Linda. 

Kemudian strategi lainnya adalah dengan menghadirkan outlet jualan yang bernuansa modern serta nyaman untuk dikunjungi konsumen. 

Hasilnya memang tidak bisa dibilang sangat memuaskan, namun jika dibandingkan dengan angka penurunan rata-rata industri otomotif di tahun ini, V-KOOL masih bisa berpuas diri.

“Kita tahu bahwa selama 11 bulan tahun 2020 berjalan, total penjualan mobil di Tanah Air turun 50 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk penjualan retail V-KOOL sendiri sampai Oktober 2020 turun sebesar 12 persen. Kami menyiasati hal ini dengan memperkuat penjualan online dan layanan home service,” pungkasnya. 

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga