MOTOR

Bisa Copot Sendiri, Amerika Larang Penggunaan Rak Belakang Honda Monkey

07 Nov 2019

Sepeda motor Honda Monkey yang dipasarkan di Amerika Serikat terkena masalah. Kabarnya ada 645 unit model motor bergaya retro tersebut harus kena recall kampanye perbaikan.

Dilansir dari Rideapart disebut bahwa ratusan Honda Monkey yang sudah dijual ke konsumen tersebut punya potensi membahayakan pengendara lain karena masalah pada rak belakang.

Pihak National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sebagai badan pengawas keselamatan jalan raya di Amerika pun akhirnya mengeluarkan surat recall.

Dalam keterangannya, rak belakang Honda Monkey disebut memiliki cacat produksi. Bila diletakkan beban yang terlalu berat, lebih dari 2,7 kg bisa menyebabkan rak belakang tersebut copot.

Dengan kondisi seperti ini, pihak NHTSA melarang penggunaan rak tersebut yang sebenarnya adalah bagian aksesoris resmi Honda yang diproduksi oleh pihak ketiga. 

Honda Amerika menghimbau kepada para pemilik motor Honda Monkey untuk melepas rak belakang tersebut atau bisa dibawa ke diler resmi Honda untuk dilakukan pelepasan oleh para mekanik. 

Sebenarnya motor imutimut ini juga dijual di Indonesia sejak diluncurkan pada ajang GIIAS 2019 lalu. Namun untuk pasar Indonesia, Honda Monkey yang dijual tidak menggunakan rak belakang. 

Yang artinya, pemilik Honda Monkey di Tanah Air statusnya aman dan tidak perlu mengikuti kampanye recall tersebut. (Z)