BERITA

BMW Luncurkan Seri 7 Terbaru dan Termewah Buatan Sunter, Apa Hebatnya?

10 Oct 2019

BMW Indonesia kembali melakukan rombakan pada sedan premium termahalnya di Tanah Air. Ya, sedan tersebut adalah BMW Seri 7 Long Wheelbase dengan menawarkan dua varian yaitu BMW 740Li Opulence dan BMW 730Li M Sport.

Meski dicap jenama Jerman, nyatanya BMW Indonesia tidak menjualnya secara utuh dari negara asalnya, melainkan dirakit di BMW Production Network 2 yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

Kendati dirakit secara lokal, namun BMW mengklaim, New BMW Seri 7 yang dibuat tetap mempertahankan sebuah sedan premium terbaik dengan tampilan desain elegan serta teknologi inovatif.

Menurut President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan, BMW Seri 7 mewakili inti brand BMW dan kendaraan yang melambangkan kepemimpinan, inovasi, kemewahan, dan teknologi canggih.

“BMW Seri 7 juga telah membangun kisah sukses sejak awal diluncurkan. BMW pun yakin bahwa generasi terbaru ini akan menjadi BMW Seri 7 paling sukses yang pernah ada,” ujar Divyanathan saat peluncurannya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Lantas apa hebatnya BMW Seri 7 terbaru dan termewah buatan Sunter tersebut, berikut ulasannya:

Eksterior

BMW Seri 7 Terbaru
BMW Seri 7

Perubahan yang paling terlihat pada bagian depan, di mana lebih tinggi 50 mm pada titik tengahnya. Selain itu, kap mesin juga memiliki garis kontur tajam dan logo BMW jadi lebih besar.

Tentunya hal ini juga terlihat pada kidney grille BMW dengan single-piece surround - menyatu, yang luas permukaannya membengkak sekitar 40 persen. Kidney grille baru juga diperkuat dengan lampu depan ramping, kemudian ada juga BMW Laserlight dengan jangkauan sinar hingga 560 m menjadi standar untuk semua varian.

Singkat cerita, desain eksterior baru meliputi apron depan dan kap mesin, kidney gril BMW yang dibingkai oleh surround one-piece, lampu depan, panel sisi depan serta bumper belakang, dan lampu belakang. Sedangkan Air intake di bagian bawah apron depan kini dilapisi dengan air deflectors besar.

Secara keseluruhan tampilan samping, apalagi pada New BMW 740Li Opulence.mobil ini dilengkapi lingkar roda yang menggunakan finishing high-gloss velg alloy berukuran 20-inci W-spoke style 646.

Interior

BMW Seri 7 Terbaru
BMW Seri 7 Terbaru

Kesan mewah tak perlu diragukan lagi pada BMW Seri 7, sebab mobil ini diklaim telah menggunakan bahan material premium untuk menciptakan suasana mewah dan nyaman pada setiap aspek.

Nah, kesan mewah ini juga terasa lantaran menggunakan sentuhan eksklusif dalam Desain Pure Excellence, seperti headliner Alcantara, door sill Fine Brushed Aluminium, jahitan dekoratif yang presisi di bagian bawah panel instrument berbahan Nappa leather, dan desain kontemporer Fine-wood trim Poplar Grain Grey untuk penutup outlet sabuk pengaman, armrest dan handle di bagian belakang.

Selain itu, untuk varian BMW 740Li Opulence juga hadir dengan jok baru 'Nappa' leather yang dijahit dengan kelir warna Cognac atau Mocha yang dipadukan dengan sentuhan warna Hitam.

Sementara pada varian BMW 730Li M Sport mengusung BMW Individual headliner dalam Anthracite, BMW M leather steering wheel, door sill plates BMW M yang menyala dan strip trim interior Fineline Black fine wood dengan efek high-gloss metal.

Mobil ini juga memiliki pengaturan modifikasi dari tombol multifungsi serta BMW M Sport steering wheel baru. Tray pengisian nirkabel untuk ponsel kini berada tepat di depan cup holders di semua varian, untuk memudahkan pengemudi. Tampilan kaca berkelas dan efek smoked-glass, Ambient highlight di pilar-B menyatu dengan lebih harmonis.

Varian BMW 740Li Opulence juga sudah dilengkapi kursi belakang Executive Lounge yang dirancang untuk memaksimalkan faktor keamanan dan kenyamanan penumpang. Di samping four-zone automatic climate control, bangku dapat disetel secara elektrik, dan fungsi pijat di bagian belakang, paket interior ini juga mencakup ventilasi aktif untuk semua bangku, dan Rear-seat entertainment Experience termasuk BMW Touch Command.

Sistem Rear-seat entertainment terdiri dari dua layar sentuh full-HD 10 inci lengkap dengan drive Blu-ray. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi hiburan dan navigasi dari bangku belakang. Menariknya sistem ini memiliki fungsi layar sentuh yang dapat disesuaikan dengan posisi bangku penumpang.

Teknologi yang lebih canggih adalah dengan hadirnya BMW Touch Command terbaru. Tablet yang dapat dilepas ini miliki layar diagonal 7-inci dan dapat digunakan dari kursi manapun dan bahkan dari luar kendaraan.

Fitur ini tidak hanya untuk mengoperasikan audio dan video, tetapi juga memungkinkan pemilik mengoperasikan fungsi kenyamanan seperti penyesuaian bangku, pencahayaan interior dan pengaturan AC, serta sistem hiburan, navigasi, dan komunikasi. Sistem grafis dan menu dari tablet BMW Touch Command dan tampilan Rear-seat entertainment Experience kini diselaraskan dengan antar muka dan fungsionalitas

BMW Operating System 7.0, yang juga digunakan untuk tampilan all-digital dari Live Cockpit dan Control Display di THE NEW 7. Untuk BMW 740Li Opulence juga hadir dengan Bowers & Wilkins Diamond surround sound system dengan 10-channel amplifier 1400 W dan 16 speaker termasuk diamond tweeter dengan teknologi spiral Nautilus™, teknologi Kevlar® dan teknologi Rohacell®.

Spesifikasi Mesin dan Harga

BMW Seri 7 terbaru. (BMW)

Untuk jantung pacu, varian BMW 740Li Opulence dan BMW 730Li M Sport berbeda satu sama lain. BMW 740Li Opulence dibenamkan mesin bensin TwinPower Turbo 6-inline, berkubikasi 3.000cc yang mampu menyemburkan daya 340 Tenaga kuda pada 5.500-6.500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm pada 1.500rpm.

Di atas kertas, BMW 740Li Opulence diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km / jam dalam waktu 5,6 detik dan kecepatan maksimum 250 km/jam.

Sedangkan New BMW 730Li M Sport sendiri dipasangkan mesin bensin TwinPower Turbo with Turbocharging dengan power 265 Tk pada 5.500-6.500rpm serta torsi maksimum 400 Nm pada 1.500rpm.

Dengan mesin tersebut, mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,3 detik dengan kecepatan maksimum 250 km/jam.

Keduanya disalurkan melalui transmisi yang sama yaitu Steptronic Sport 8-percepatan dengan gearshift paddles.

Berbicara harga, BMW 740Li Opulence dibanderol mulai dari Rp 2,29 miliar dan BMW 730Li M Sport ditawarkan mulai dari Rp 1,829 miliar. Kedua harga tersebut dijual off the road. (End/Her)