OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Bos Daihatsu Akui Tak Akan Bisa Rebut Posisi Nomor 1 dari Toyota



Bos Daihatsu Akui Tak Akan Bisa Rebut Posisi Nomor 1 dari Toyota

22 Jun 2020

Daihatsu Xenia

Merek mobil Toyota selalu nomor satu dalam hal penjualan di pasar otomotif nasional. Pamor Toyota juga tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Bahkan, meski penjualan mobil di masa pandemi mengalami anjlok, nama Toyota tetap kokoh merajai mobil terlaris.

Kuatnya brand image Toyota khususnya di Indonesia rupanya diakui bos Daihatsu, Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor. Bahkan Amel menyatakan cukup sulit jika harus melampaui penjualan Toyota. 

“Dalam kenyataannya, tidak mungkin (Daihatsu) dapat posisi nomor 1, mengingat Toyota market sharenya mencapai 30-an, sedangkan Daihatsu cuma 17-an, gapnya kejauhan,” ungkap Amel saat video conference akhir pekan lalu.

“Menurut saya tidak bisa dikejar. Dalam kenyataannya kita nggak mampu jadi nomor 1,” sambung Amel. 

Amel mengatakan, tak ada kebijakan Daihatsu harus mengalah dari Toyota. Akan tetapi, kata dia, Daihatsu dan Toyota memang masih satu grup dan tetap rajin melakukan kolaborasi.

Selain itu, Amel juga tak menampik, jika Daihatsu dan Toyota memiliki customer yang berbeda satu dan lainnya. Sebaliknya, menurut dia, jika Daihatsu dan Toyota masing-masing berjalan sendiri, maka pencapaiannya tidak akan maksimal. 

“Kalau berdua jadi maksimal. Daihatsu dan Toyota bukan musuh, kami harus memaksimalkan semua performance agar bisa melayani konsumen dengan baik,” terangnya.

Perbandingan Produk Daihatsu dan Toyota

Sementara itu, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, perbedaan antara Toyota dan Daihatsu cukup wajar, karena jika melihat line-up produk yang ditawarkan cukup berbeda.

 “Daihatsu line-up nya delapan, sedangkan Toyota 22-23 dengan market share minimal 32 persen. Jadi line upnya juga lebih banyak dari kita,” ujar Hendryadi.

Seperti diketahui, saat ini delapan line up Daihatsu yang masih dipasarkan antara lain Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max Pikap, Gran Max minibus, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Daihatsu Ayla, Daihatsu Luxio, dan  Daihatsu Sirion.

Sementara itu produk Toyota memang sangat lengkap karena ada di setiap segmen, mulai dari mobil hatchback dan MPV diisi Toyota Agya, Toyota Yaris, Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Kijang Innova, Toyota Venturer, Toyota Sienta, Toyota Voxy, Alphard dan juga Vellfire.

Di segmen sedan terdapat Toyota Vios, Toyota Corolla, dan Toyota Camry. Untuk SUV ditawarkan  Toyota Rush, Toyota C-HR, Toyota Fortuner, hingga Toyota Land Cruiser. 

Oia, Toyota juga punya produk mobil berteknologi hybrid, seperti Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Camry Hybrid, dan Toyota Alphard Hybrid.

Toyota juga punya produk mobil bergaya sporty, seperti Toyota 86 dan Toyota Supra. Untuk lebih lengkap, Toyota menawarkan mobil komersial, mulai dari Toyota Hilux double cabin dan Toyota Hilux single cabin, Toyota HiAce, dan Toyota Dyna.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga