Copied to clipboard!

Jeep CJ7 lansiran 1981 dari Malang, Jawa Timur ini dijual di OLX.co.id seharga Rp 97 jutaan. (OLX.co.id)



MOBIL BEKAS

Budget Kurang dari Rp 100 Juta Bisa Beli Jeep?

Author : Herdi Muhardi

22 Oct 2020


Jeep, jadi salah satu merek mobil legendaris yang dikenal menghasilkan deretan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tangguh. Maklum, mobil-mobil Jeep kerap kali didesain untuk segala medan. Alhasil, sang pemilik tidak hanya menggunakan mobil ini di jalanan aspal, melainkan jalur offroad bebatuan dan tanah.

Tapi, OLXer jangan salah kaprah, nama Jeep sendiri berawal dari penyebutan kata GP yang merupakan kepanjangan dari General Purpose. Adapun mobil jenis ini kala itu disebut Light Reconnaissance And Command Car (LRACC) atau L-Rack.

Oia, ketangguhan merek mobil asal Amerika Serikat memang tak terbantahkan. Sebab, sejak didirikan pada 1940’an, mobil-mobil Jeep banyak dibuat untuk kendaraan pasukan Amerika Serikat saat Perang Dunia II. Model mobil Jeep yang digunakan perang dan sangat terkenal yaitu Willys MA dan Willys MB.

Bicara soal Jeep, di Indonesia populasi mobil ini memang masih kalah dengan merek-merek mobil Jepang. Hanya saja, ada sejumlah orang yang sangat fanatik akan mobil-mobil Jeep.

Belum lagi, mobil-mobil Jeep yang terbaru dianggap menjadi kendaraan mewah dengan banderol selangit. Alhasil, orang yang memiliki mobil Jeep bisa disebut bukan orang biasa. Sebaliknya, mereka sangat berpengaruh dan mempunyai banyak uang.

Namun OLXer yang merasa bahwa pemilik mobil Jeep tak harus tajir, itu sah-sah saja. Sebab harga mobil Jeep juga ada yang dijual terjangkau. Ya, alternatif membeli Jeep murah bisa dengan cara mencarinya di mobil bekas.

Seperti halnya di situs jual beli OLX.co.id, ada beberapa mobil Jeep dengan banderol kurang dari Rp 100 jutaan. Tentunya mobil-mobil ini juga cocok digunakan untuk offroad.

Beberapa mobil Jeep dengan harga kurang dari Rp 100 jutaan ini memang memiliki usia lebih dari 20 tahun, seperti halnya Jeep model Civilian Jeep (CJ7). Beberapa penjual Jeep CJ7 berasal dari Cakung, Jakarta Timur, lalu Ngamprah, Bandung Barat, kemudian ada juga di Medan, Sumatera Utara, Rawalumbu, Bekas, lalu Klojen di Malang, dan kota-kota lainnya.

Selain Jeep CJ7, ada juga yang menjual mobil Jeep dengan harga mulai dari Rp 45 juta sampai Rp 90 jutaan, yaitu model Jeep Willys, Jeep CJ5, dan Jeep CJ6, sampai Jeep Cherokee.

Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil Jeep bekas jangan heran meski satu model, varian dan tahun produksinya sama, namun harganya berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari mobil bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

Untuk lebih detail soal model Jeep bekas lainnya bisa klik di sini.