OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Bekas /  Bukan Model Baru, Mobil Termahal Sejagat Ternyata Ferrari 250 GTO Lawas



Bukan Model Baru, Mobil Termahal Sejagat Ternyata Ferrari 250 GTO Lawas

13 Oct 2021

Ferrari 250 GTO lansiran 1962 jadi mobil termahal dengan harga US$ 70 juta atau setara hampir Rp 1 triliun. (Shutterstock)

Sejumlah pabrikan otomotif di dunia berlomba menggarap mobil terbaik yang diinginkan masyarakat. Namun yang perlu OLXer ketahui, ada beberapa brand yang ternyata menggarap mobil sangat istimewa, bahkan harganya bisa disebut sangat mahal.

Di tahun ini, ada beberapa mobil yang dinobatkan mobil termahal, seperti halnya Rolls-Royce Boat Tail, Bugatti La Voiture Noire, Pagani Zonda HP Barchetta, Bugatti Centodieci, hingga Mercedes-Maybach Exelero.

Namun yang perlu OLXer tahu, sejumlah mobil-mobil yang disebut di atas, harganya tembus di atas Rp 100 miliar. Hal ini karena mobil dengan harga selangit memiliki memiliki kriteria tidak hanya sekadar fitur melimpah dan canggih, atau seberapa ngebut mobil saat dikendarai di jalanan.

Akan tetapi, mobil termahal juga bisa karena eksklusifitas, seperti saat proses pengerjaanya yang detail, dan mobil dibuat dengan jumlah terbatas, agar tidak terkesan pasaran.

Deretan Mobil Termahal Saat Ini

Mobil termahal
Ilustrasi deretan mobil dengan harga selangit. 

Beberapa waktu lalu, banyak yang menyebutkan bahwa mobil termahal merupakan sosok Rolls-Royce Boat Tail yang dibanderol sekitar US$ 28 juta atau sekitar Rp 398 miliar.

Diketahui, mobil mahal Rolls-Royce Boat Tail merupakan mobil yang tergolong cukup baru. Menariknya, mobil asal Inggris ini diproduksi sangat terbatas, yaitu cuma tiga unit, dan proses pembuatannya menggunakan tangan.

Nah, yang buat mobil ini istimewa karena dijejali part dan aksesoris yang diklaim mewah dan mahal, seperti jam tangan analog pada dashboard, portable picnic, payung yang disimpan di dalam panel pintu, dan masih banyak lainnya.

Selain Rolls-Royce Boat Tail, beberapa mobil mahal lainnya yaitu Bugatti La Voiture Noire dijual sekitar US$ 18,7 juta, (Rp 256 miliar) Pagani Zonda HP Barchetta dilepas US$ 17,6 juta (Rp 250 miliar), Bugatti Centodieci seharga US$ 9 juta (Rp 128 miliar), hingga Mercedes-Maybach Exelero yang harganya mencapai US$ 8 juta (Rp 138,8 miliar).

Mobil Termahal di Dunia

Ferrari 250 GTO
Ferrari 250 GTO jadi mobil termahal di dunia. (ABTC)

Sebenarnya jika menyebut mobil termahal di dunia, rupanya masih ada lagi yang lebih mahal dibandingkan kelima mobil di atas. Ya, mobil termahal sejagat saat ini sebenarnya bukan model baru lansiran tahun 2000 ke atas, melainkan mobil lawas Ferrari 250 GTO.

Mobil Ferrari 250 GTO ini sejatinya pernah dilelang di acara Monterey Car Week melalui RM Sotheby pada tahun 2018, dimana ada tiga mobil tersebut yang terjual dalam acara lelang dengan harga fantastis.

Untuk Ferrari 250 GTO pertama, saat dilelang laku terjual hingga US$ 48,4 juta atau sekitar Rp 688 miliar, kemudian mobil yang kedua tembus US$ 52 juta atau setara Rp 739 miliar, serta terakhir rupanya jadi pamungkas tercatatl US$ 70 juta atau sekitar Rp 995 miliar. Hal ini pula membuat Ferrari 250 GTO memecahkan rekor mobil termahal di dunia. 

Usut punya usut, saat pertama kali 250 GTO dijual di Amerika Serikat kabarnya mobil ini dibanderol sekitar US$18 ribu dan sang owner Ferrari, yaitu Ferrari Enzo serta dealer Luigi Chinetti turut mengetahui langsung siapa pemiliknya..

Sekadar informasi, Ferrari 250 GTO ini merupakan mobil yang dibuat antara tahun 1962-1964. Mobil ini pun dibuat untuk mematuhi homologasi agar turut dalam kategori Grand Touring Car yang diawasi Federation Internationale de L'Automobile (FIA).

Ferrari 250 GTO sendiri kini jadi buruan banyak kolektor otomotif karena total produksinya hanya mencapai 36 unit, dan 33 unit diantaranya dibuat dengan bodywork (1962-1963), serta tiga lainnya digarap dengan bodywork 1964 yang mirip Ferrari 250 LM. 

Seberapa Hebat Mobil Termahal di Dunia

Ferrari 250 GTO
Ferrari 250 GTO jadi mobil termahal di dunia, yang ikut andil dalam balapan Tour de France pada tahun 1964. (Hemmings) 

Ferrari 250 GTO sejatinya merupakan mobil yang memiliki sejarah panjang di dunia balap tempo dulu. Bahkan mobil Ferrari yang satu ini sempat memenangi balapan Tour de France pada tahun 1964.

Mobil ini juga sukses membawa Ferrari finish ke-4 di balap ketahanan Le Mans 24-Hour pada tahun 1963. Adapun kunci yang membuat mobil ini menjadi sangat mahal dikarenakan Ferrari 250 GTO ini disebut tak pernah mengalami masalah, termasuk kecelakaan saat balapan.

Selain itu, kehebatan Ferrari 250 GTO ini di ajang balap di eranya, tak lepas dari penggunaan mesin yang dibenamkan, berupa mesin V12 berkapasitas 3.0 liter yang dilengkapi dengan enam karburator Weber 38 DCN twin-coke, sehingga menghasilkan daya hingga 300 Tk pada 700 rpm dan torsi  294 Nm pada 550 rpm.

Siapa Pemilik Mobil Termahal di Dunia

Diketahui, Ferrari 250 GTO dengan nomor sasis 4153GT jadi mobil paling mahal di dunia saat ini dengan harga US$70 juta.  Sebelumnya, mobil ini sempat dimiliki pembalap asal Jerman, Christian Glaesel.

Lantas siapa yang memiliki Ferrari 250 GTO dengan harga selangit?

Adalah David MacNeil, yang merupakan pendiri sekaligus CEO perusahaan WeatherTech. Perusahaan WeatherTech sendiri merupakan produsen karpet untuk interior mobil, lantai dan kargo yang ada di Amerika Serikat. Saat ini MacNeil tercatat memiliki 1.600 karyawan dan perusahaan mengekspor produk ke lebih dari 84 negara di dunia.

Disebutkan, pria kelahiran Maret 1959 merupakan seorang bisnisman yang juga disebut milioner, dan memiliki sejumlah barang mewah termasuk kapal pesiar dan jet pribadi.

Selain membeli Ferrari 250 GTO, MacNeil diketahui memiliki beberapa mobil langka lainnya dari berbagai merek, mulai dari Ferrari Porsche, Aston Martins, BMW, Mercedes, berbagai mobil muscle car brand Amerika.

Diketahui, MacNeil juga sangat menyukai hal berbau otomotif. Tak heran dia menjadi sponsor utama di sirkuit Laguna Seca di California, serta ajang balap International Motor Sports Association (IMSA) SportsCar series. Oia, anak MacNeil bernama Cooper MacNeil juga menjadi salah satu pembalap di ajang tersebut.

 

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga