Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCanggihnya Hyundai Ioniq 5, Kapan Masuk Indonesia Ya?

    Canggihnya Hyundai Ioniq 5, Kapan Masuk Indonesia Ya?

    Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company telah resmi meluncurkan mobil terbarunya Ioniq 5. Meski nama Ioniq sempat digunakan pada jenis sedan, namun Ioniq dengan tambahan angka 5 ini diklaim sebuah mid-size Crossover Utility Vehicle (CUV).

    Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company Thomas Schemera mengatakan, dengan keberadaan Hyundai Ioniq 5 maka hal ini dapat menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan.

    “Hyundai Ioniq 5 benar-benar merupakan mobil listrik pertama yang memberikan pengalaman baru dengan penggunaan ruang interior dan kecanggihan teknologi yang terdepan dan inovatif,” ungkap Thomas dalam keterangannya.

    Nah, OLXer mau tahu apa saja yang menjadi andalan Hyundai Ioniq 5, berikut ulasannya.

    Desain

    Hyundai Ioniq 5 sama seperti Ioniq yang dipasarkan di Indonesia, dimana sudah menggunakan battery electric vehicles (BEV) ditambah Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sehingga proporsi wheelbase jadi lebih panjang.

    Selain itu, Hyundai Ioniq 5 juga disebut menawarkan desain interior dengan material ramah lingkungan di beberapa titik t, serta performa yang dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L), kemudian fitur konektivitas canggih dan fitur pendukung pengemudi dengan mengedepankan keamanan.

    Eksteior 

    Desain eksterior Hyundai Ioniq 5 disebutkan terinspirasi dari profil Hyundai Pony dengan panjang wheelbase hingga 3.000 mm, kemudian jarak sumbu roda yang dipanjangkan.

    Bagian depan Hyundai Ioniq 5 dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell sehingga menghadirkan aerodinamika yang optimal. Selain itu, bemper depannya berbentuk V yang menggabungkan daytime running lights (DRL) sebagai ciri khas lampu unik pada IONIQ 5.

    Pada bagian samping, gagang pintu otomatis membuat permukaan jadi mulus dan meningkatkan efisiensi aerodinamis. Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya seperti desain ‘Parametric Dynamics‘ Hyundai yang pertama kali terlihat pada all new Tucson.

    Sedangkan pada  bagian belakang mobil dibuat dengan nuansa berbentuk pixel pada bagian lampu, sehingga jadi menarik.

    Pada bagian roda menyoroti tema desain Parametrik Pixel dan dihadirkan dalam ukuran besar berdiameter 20 inci, sehingga menjadikan ukuran velg terbesar yang pernah dipasang pada produk EV dari Hyundai. Proporsi sempurna IONIQ 5 yang lengkap ini dioptimalkan mendukung platform E-GMP Hyundai.

    Interior 

    Hyundai Ioniq 5
    Interior Hyundai Ioniq 5

    Hyundai mengusung tema ‘Living Space‘ dengan konsep Universal Island, dimana konsol tengah dapat dipindahkan serta digeser mundur sejauh 140 mm. Belum lagi, lantai datar tempat baterai disimpan, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

    Hyundai Ioniq 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. Kursi dapat direbahkan ke sudut optimal, meski ketebalan jok depan dikurangi mencapai 30 persen, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi mereka yang duduk di baris kedua.

    Beberapa titik penting yang ada di sisi interior mobil ini seperti kursi, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, telah menggunakan sumber materi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, seperti botol PET daur ulang, serat benang wol berbahan alami, kulit olahan ramah lingkungan, dan cat berbahan alami.

    Pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior, termasuk lima warna yang terinspirasi oleh alam yang eksklusif. Sedangkan untuk sisi interiornya memiliki tiga pilihan warna.

    Fitur

    Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq 5 memiliki segudang fitur menarik dan modern, seperti layar infotainment sentuh berukuran 12 inci dan hoodless digital gauge cluster  12 inci yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

    Untuk pertama kalinya di Hyundai, mobil ini menampilkan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD), yang mengubah kaca depan menjadi layar tampilan.

    Mobil ini juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense terkini, yaitu sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi saat berkendara.

    Hyundai Ioniq 5 yang menawarkan Highway Driving Assist 2 (HDA 2), kemudian sistem bantuan mengemudi lainnya termasuk Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), dan banyak lagi.

    Mesin

    Hyundai Ioniq 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE), dimana pelanggan dapat memilih dari dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh[3], dan dua tata letak motor listrik, baik dengan hanya motor belakang atau motor penggerak bagian depan dan belakang.

    Semua variasi PE memberikan jangkauan yang luar biasa dan memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

    Adapun untuk pilihan jajaran motor listrik teratas terdapat opsi all-wheel drive (AWD) yang dipasangkan dengan baterai berukuran 72,6 kWh, sehingga menghasilkan output daya gabungan 225-kWh dan torsi 605 Nm.

    Konfigurasi PE ini dapat melaju dari 0 km per jam hingga 100 km per jam dalam waktu 5,2 detik.

    Sedangkan untuk pilihan penggerak dua roda (2WD) dan baterai 72,6 kWh, jarak tempuh maksimum dengan sekali pengisian daya akan menjadi sekitar 470~480 km, berdasarkan standar Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

    Pengisian baterai 

    Platform E-GMP dari Hyundai Ioniq 5 dapat digunakan pada infrastruktur pengisian daya 400-V dan 800-V. Platform ini menawarkan kemampuan pengisian daya 800-V sebagai fungsi standar, bersama dengan pengisian daya 400-V, tanpa memerlukan komponen atau adaptor tambahan.

    Sistem multi-charging adalah teknologi pertama yang dipatenkan di dunia yang mengoperasikan motor dan inverter untuk meningkatkan 400 V menjadi 800 V untuk kompatibilitas pengisian daya yang stabil.

    Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, mobil ini dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit.

    Menurut WLTP, pengguna Hyundai Ioniq 5 hanya perlu mengisi daya kendaraan selama lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 km.

    Hyundai Ioniq 5 juga memberikan fungsi V2L yang inovatif, yang memungkinkan pelanggan untuk bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah, sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan.

    Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW. Port V2L terletak di bawah kursi baris kedua, dan dapat diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan menyala. Port V2L lainnya terletak di port pengisian daya di bagian luar kendaraan. Dengan menggunakan konverter, pelanggan dapat mengisi daya peralatan listrik berdaya tinggi. Port bagian luar dapat menyediakan tenaga bahkan pada saat kendaraan dalam keadaan mati.

    Hyundai Ioniq tersedia di beberapa negara  mulai semester pertama tahun 2021. Kira-kira masuk Indonesia kapan ya?

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait