OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Cara Ampuh Hilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil Cukup di Rumah Aja



Cara Ampuh Hilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil Cukup di Rumah Aja

08 Apr 2020

Ilustrasi merokok di dalam mobil. (aerogondo2/shutterstock)

Merokok membahayakan tubuh. Pasalnya, dalam sebatang rokok, berbagai zat yang terkandungan sangat berbahaya, mulai dari karbon monoksida, tar, gas oksidan, nikotin, dan lainnya.

Selain merusak tubuh, orang yang mengisap rokok dan asapnya mengepul keluar dari mulut juga sangat merugikan orang lain yang ada disekitar. Mereka yang tak merokok juga bisa kena imbasnya.

Belum sampai disitu, asap rokok yang dihirup di dalam mobil juga akan sangat merugikan si pemilik mobil itu sendiri. Pasalnya, bau asap rokok akan menempel di dinding kabin mobil. Alhasil, mereka yang tak merokok, akan merasakan kabin mobil pengap dan menyebabkan bau tak sedap.

Tak hanya itu, mobil yang kabinnya bau asap rokok, ternyata ketika hendak dijual, jarang orang mau membelinya. Sebab, selain bau, ada kandungan zat nikotin yang dapat menempel dan jika berlebihan akan merubah warna interior.

Namun begitu, OLXer yang kini sedang memanfaatkan moment di rumah aja agar terhindar dari penyebaran virus corona, bisa juga lho mengisi waktu luang mengurangi bau tak sedap karena asap rokok. Mau tahu bagaimana, berikut caranya:

1. Bersihkan semua kotoran yang ada di dalam kabin, termasuk puntung rokok atau abu rokok. Jika ingin membuang sampah, maka sediakan tempat sampah kecil di dalam mobil.

2. Untuk menghilangkan butiran kotoran yang sangat kecil menempel di karpet dan jok, bisa dilakukan dengan cara vacuum cleaner. Cara ini lebih ampuh dilakukan jika kotoran kering.

3. Jangan membersihkan menggunakan detergen karena berpotensi merusak. Sebaliknya, saat ini ada beberapa cairan pembersih khusus interior yang dijual di pasaran. Sedangkan cara membersihkannya cukup disemprot, kemudian digosok secara halus.

4. Gunakan lap microfiber atau kain bersih berbahan lembut di sekitar kabin yang sudah di semprot cairan tadi.

5. keringkan jeroan kabin dengan posisi kaca jendela dan pintu dibuka beberapa jam.

6. jangan lupa periksa saluran udara, setelah itu beri pengharum ruangan. Ada baiknya, pengharum berbahan alami, seperti bubuk kopi, vanilla, kayu manis, daun pandan atau sesuai selera Anda.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga