TIPS

Cara Avanza-Xenia Lebih Bertenaga Tapi Tidak Merusak Mesin

05 Sep 2019

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memang paling dikenal lantaran ketangguhannya sebagai mobil Low Multi Purpose Vehicle yang mampu membawa tujuh orang penumpang.

Hanya saja, untuk soal performa, si kembar memang tak sehebat mobil-mobil sport atau Sport Utility Vehicle (SUV) yang dibenamkan mesin-mesin berkapasitas besar.

Namun OLXer yang tetap ingin punya Avanza dan Xenia, bisa juga performa dan tenaganya menjadi lebih tinggi. Ya, salah satunya adalah dengan menggunakan mesin copotan K3-VET. Ehm, apa itu mesin copotan K3-VET?

Usut punya usut, mesin ini pada dasarnya sama dengan jeroan dapur pacu Avanza dan Xenia 1.300cc VVT-i. Akan tetapi, mesin K3-VET dibenamkan pada Daihatsu YRV dan dijual tidak di Indonesia, melainkan Singapura.

Setidaknya mesin copotan tersebut dijual Aditya yang memiliki bengkel di bursa mobil MGK, Kemayoran, Jakarta. Kata dia, mesin seperti ini biasanya dimasukan Daihatsu Indonesia tidak memasukan nya, kecuali melalui importir umum.

Menurut Aditya, selaku salah satu penjual mesin EX Singapore, mesin ini mempunyai tenaga yang terbilang cukup besar. Bahkan dia menganalogikan jika menggunakan mesin ini Avanza bisa ‘terbang’.

“K3-VET punya spek sudah tinggi. Mesin ini be the best menurut saya, jadi yang pengen Avanza Xenia nya semakin kencang, bisa pake mesin ini. Untuk mesin bawaan mobil nggak perlu khawatir rusak karena tersimpan rapi di garasi,” ungkap Aditya dalam sambungan telepon.

Di atas kertas, mesin K3-VET yang ditanamkan pada Daihatsu YRV mampu menghasilkan daya sebesar 140 Tk pada 6.400rpm. Hal ini jelas berbanding jauh dengan mesin Avanza dan Xenia yang dijual di Indonesia, yaitu dengan mesin 1.3 liter tenaga punyanya hanya mencapai 90 Tk pada 11,9 kgm.

Harga

Usai mengulas kehebatan K3-VET, lantas berapa harga yang ditawarkan? Kata Adit, untuk memiliki mesin copotan EX Singapore dijual secara utuh, agar memudahkan pemilik jika ingin melakukan Swap Engine.

Nah, untuk harga yang ditawarkan rata-rata mencapai kurang lebih sekitar Rp 30 juta. Harga tersebut sudah termasuk pasang.

“Untuk mesin K3-VET dijual Rp 28,5 juta, Itu sudah termasuk ECU, pengapian, dan lain-lain. Pokoknya mesin hidup normal. Yang tidak termasuk adalah radiator dan transmisi,” jelasnya.

Adit yang juga menjualnya lewat media sosial bernama Indover Autopart, memberikan jaminan meski ex Singapura, namun barang yang ditawarkan masih dalam kondisi baik.

"Jika mesin mengalami trouble datang saja ke toko. Sebenarnya kita kasih garansi seminggu dari setelah pemasangan. Tapi kalau ada trouble datang aja ke toko nanti kita ceknya," imbuhnya. (End/Her)